Kuliah ke luar negeri tanpa TOEFL

Bisakah Kuliah Ke Luar Negeri Tanpa TOEFL?

Mei 25, 2022 | TOEFL

Kuliah ke luar negeri tanpa TOEFL bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika kamu lulus SMA, punya rencana melanjutkan studi pada jenjang pendidikan lebih tinggi di dalam atau luar negeri, maka kamu membutuhkan perencanaan matang. Kamu bisa melanjutkan kuliah lebih mudah dan lebih banyak pilihan dengan menggunakan skor TOEFL sesuai persyaratan. Kursus persiapan TOEFL menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin mendapatkan skor maksimal.

Test of English as a Foreign Language merupakan indikator, sehingga menjadi syarat memulai kuliah di perguruan tinggi luar negeri. Aturan sertifikat TOEFL dengan syarat skor tertentu sudah diterapkan di berbagai universitas, khususnya di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar.

Apabila kamu ingin mendapatkan pengakuan mahir berbahasa inggris, maka cara membuktikannya agar dapat diakui secara global yaitu dengan ikut tes TOEFL. Tahun 1963, tes ini ditemukan, dikembangkan Educational Testing Service atau ETS yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat.

Baca Juga: BENEFIT DARI TES TOEFL INTERNASIONAL

Bisakah Kuliah Tanpa Syarat TOEFL?

Umumnya, tes TOEFL adalah persyaratan masuk bagi mahasiswa internasional yang mendaftar kuliah di berbagai kampus Amerika Serikat. Dalam dunia akademik, jenis tes TOEFL yang digunakan adalah iBT atau Internet Based Test. Saat mengikuti ujian, kamu akan merekam seluruh jawaban pada komputer.

Tes TOEFL iBT mempunyai nilai maksimal 120 dan setiap bagian mempunyai skor 30. Ada empat bagian dalam tes tersebut yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Kemampuan berbahasa inggris kamu akan diuji, terutama dengan aksen Bahasa Inggris Amerika.

Durasi tes TOEFL berjalan selama 4 jam. Dalam soal reading, kamu akan menghadapi 3-5 teks bacaan dan pertanyaan jenis pilihan ganda. Sedangkan pada soal speaking, kamu harus merekam jawaban yang muncul pada sebuah komputer, dengan total enam pertanyaan.

Untuk menguji kemampuan writing, kamu harus menulis dua jawaban pada tes, yaitu tes pertama dengan panjang 300-500 kata tentang topik yang sudah ditentukan serta esai kedua untuk kemampuan menulis dan mendengar. Pada tes TOEFL juga terdapat percakapan selama 40-60 menit. Kamu harus mencatat seluruh informasi penting supaya dapat menjawab pertanyaan pada bagian akhir.

Bagaimana jika kamu ingin kuliah ke luar negeri tanpa TOEFL, apakah hal tersebut mungkin? Tidak semua negara menerima persyaratan tanpa TOEFL saat kamu ingin menjadi mahasiswa internasional. Hanya Malaysia yang bisa menerima mahasiswa internasional tanpa TOEFL.

Baca Juga: JENIS JENIS TOEFL DAN KEGUNAANNYA

Pentingnya Tes TOEFL untuk Kuliah Luar Negeri

Sekarang, kamu sudah tahu bahwa kuliah ke luar negeri tanpa TOEFL membuat pilihan semakin kecil. Kamu tidak bisa kuliah ke negara-negara lainnya, karena hanya Malaysia yang bisa menerima mahasiswa internasional tanpa TOEFL. Biasanya skor minimal yang dibutuhkan pada TOEFL Paper Based adalah 550, tetapi syarat skor bisa lebih tinggi untuk beberapa jurusan seperti sastra, hukum, dan kedokteran.

Apabila kuliah di luar negeri, Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Kamu akan menggunakan Bahasa tersebut untuk semua keperluan, termasuk mempelajari buku-buku pelajaran Bahasa inggris, mengerjakan tugas kuliah dalam Bahasa inggris, menggunakan skill mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis Bahasa Inggris.

Syarat daftar kuliah dibagi dua, yaitu syarat akademis dan syarat Berbahasa Inggris. Apabila memenuhi syarat akademis, tapi tidak dapat memenuhi syarat Bahasa Inggris, kamu masih harus mengikuti kelas foundation selama 1 tahun. Sehingga, semakin lama waktu yang kamu perlukan untuk bisa lulus kuliah, yaitu 4 tahun. 1 tahun untuk program foundation dan 3 tahun untuk gelar sarjana.

Terakhir, kuliah di luar negeri artinya kamu akan tinggal disana, dan masih terlibat dalam kehidupan bermasyarakat. Apabila kamu punya masalah mendengar atau berkomunikasi Bahasa Inggris, tentu akan sangat susah. Apabila kamu ke negara berbahasa Melayu seperti Malaysia, mungkin tidak akan kesulitan berkomunikasi. Berbeda dengan kalau kamu kuliah ke Amerika, Inggris, atau Australia.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Tips Memilih Buku Persiapan TOEFL

Buku persiapan TOEFL menjadi salah satu kebutuhan penting ketika kamu mempersiapkan ujian TOEFL. Selain mengikuti kursus persiapan TOEFL, ternyata buku tersebut juga bisa membantu memaksimalkan persiapan.  Ada berbagai macam jenis buku TOEFL yang bisa kamu pilih...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH