Daftar Buku Bacaan Bahasa Inggris Terbaik Dan Tips Membacanya

Daftar Buku Bacaan Bahasa Inggris Terbaik Dan Tips Membacanya

Salah satu aktivitas menyenangkan yang menumbuhkan kebiasaan positif adalah membaca buku. Seseorang yang gemar membaca buku akan cenderung berpikir hal-hal positif dan membangun. Ada banyak buku bacaan bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Saat menggunakan buku bacaan untuk belajar bahasa Inggris, kamu akan belajar banyak kosakata baru. Kosakata inilah yang akan menjadi pondasi untuk mencapai kompetensi penting lainnya dalam bahasa Inggris.

Rekomendasi Buku Bacaan Bahasa Inggris 

Tidak semua buku bacaan bahasa Inggris sulit dipahami. Beberapa diantaranya memiliki pemilihan kata yang sederhana, karena dirancang khusus untuk semua kalangan. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan ketika sedang mencari buku bacaan dalam bahasa Inggris:

The Happy Prince and Other Tales

Buku ini ditulis oleh Oscar Wilde, merupakan kumpulan cerpen untuk anak-anak yang dipublikasikan pada tahun 1888. Walaupun buku bacaan ini dirancang untuk anak-anak, banyak orang dewasa memilih buku ini untuk memulai belajar bahasa Inggris.

Kumpulan cerita pendek yang disajikan dalam buku tersebut diantaranya adalah: The Happy Prince; the Nightingale and the Rose; The Selfish Giant; The Devoted Friend; The Remarkable Rocket.

Ketika kamu membaca The Happy Prince dalam buku bacaan ini, kamu akan mendapati seorang tokoh utama yaitu pangeran yang tidak bahagia. Ia menjadi patung yang berada di tengah kota dan mengetahui rakyatnya yang menderita karena kelaparan. Ia pun berinisiatif memberikan emas dan hartanya kepada semua rakyat dengan bantuan burung layang-layang.

The Jungle Book

Ditulis oleh Rudyard Kipling, Buku ini menceritakan tentang kisah klasik sebuah petualangan, nilai moral, persahabatan, dan juga mitos antara hubungan seorang anak manusia dan hewan.

Cerita bermula saat seorang anak kecil bernama Mowgli menjadi incaran Harimau, Shere Khan. Kemudian, bocah tersebut diselamatkan oleh kawanan Serigala dan diangkat menjadi anak serta Didik tentang hukum rimba.

Mowgli tumbuh memiliki banyak sahabat seperti si beruang Baloo, dan si macan kumbang Bagheera. Mereka berpetualang di hutan untuk menghadapi Shere Khan.

The Wind In The Willows

Ditulis oleh Kenneth Grahame, buku bahasa Inggris ini terbit pada tahun 1908, yang menceritakan tentang 4 hewan dengan sifat dan kemampuan seperti manusia. Dalam buku tersebut, terdapat tokoh tikus air (Rat), si kodok (Mr. Toad), si tikus tanah (Mole), dan si luwak (Badger).

Buku bacaan ini juga telah diadaptasi dalam film Walt Disney dengan judul The Adventure of Ichabod and Mr. Toad. Film tersebut diproduksi pada tahun 1949.

The Wonderful Wizard of Oz

Buku anak-anak legendaris ini ditulis oleh L. Frank Baum, dan dipublikasikan sejak tahun 1900. Buku tersebut bercerita tentang bagaimana petualangan yang dilakukan oleh seorang gadis bernama Dorothy Gale. Selama melakukan petualangan, ia ditemani oleh sahabat-sahabatnya. Ada si bijak (Scarecrow) yang selalu berharap menjadi manusia, si penebang kayu (Tinman) yang berharap memiliki hati, dan si singa pengecut (Lion) yang selalu berharap memiliki keberanian.

Mereka pun berpetualang menuju ke negeri Oz untuk bertemu penyihir Agung Oz. Tujuannya adalah untuk membantu Dorothy pulang ke rumah asal.

Treasure Island

Robert Louis Stevenson sebagai penulis buku ini menyuguhkan cerita petualangan yang dipublikasikan pada tahun 1883. Buku tersebut menceritakan tentang para perompak dan juga harta karun tersembunyi di suatu pulau.

Pada awalnya, Jim hawkins adalah seseorang yang bekerja untuk mengurus Admiral Benbow, sebuah penginapan yang didirikan oleh ayahnya. Namun, seorang bajak laut tua tiba-tiba singgah ke penginapan tersebut dan meninggalkan peta harta karun.

Sejak saat itu, Jim mengajak teman-temannya yang bekerja sebagai mantan kapten kapal, hakim, dan dokter untuk berlayar menuju ke pulau dalam peta harta karun tersebut. Petualangan tidak hanya tentang rintangan, tetapi juga penghianatan awak kapal yang membuat Jim harus bekerja keras.

Baca juga : Rekomendasi Buku Cerita Bahasa Inggris Untuk Pemula

Cara Belajar Efektif Menggunakan Buku Bacaan Bahasa Inggris

Sekarang kamu sudah memiliki beberapa daftar rekomendasi buku bacaan bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu harus mengetahui bagaimana teknik yang tepat agar belajar lebih efektif menggunakan buku bacaan tersebut.

Pertama, pastikan buku yang kamu pilih memiliki pemilihan kata atau diksi sederhana. Kalimat dan paragraf yang digunakan dalam buku tersebut tidak terlalu panjang. Hal ini sangat membantu supaya kamu bisa belajar bahasa Inggris secara perlahan. Buku bacaan dengan kalimat yang sederhana juga membuat kamu merasa tidak bosan untuk berusaha memahami tulisan.

Selanjutnya, kamu perlu menggunakan kamus ketika ingin membaca buku Bahasa Inggris tersebut. Kamus yang bisa kamu gunakan dapat berbentuk buku, kamus elektronik, atau gunakan aplikasi kamus dalam smartphone kamu.

Jika selama membaca buku tersebut terdapat kosakata yang belum kamu ketahui, kamu dapat menerjemahkannya dengan membuka kamus. Tandai kosakata yang masih kurang familiar menggunakan spidol atau highlighter untuk mempermudah proses belajar.

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih cepat, bantuan seorang tutor sangat diperlukan. Tutor akan merancang materi-materi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan belajar setiap siswanya. Bahkan juga akan memberikan solusi terkait kesulitan apapun yang akan kamu hadapi saat belajar. Bantuan tutor ini bisa kamu temukan dengan bergabung di kursus bahasa Inggris ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.