cara agar fasih berbahasa inggris

Cara Agar Fasih Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris tidak hanya dipakai untuk dunia akademik, tapi juga digunakan untuk dunia kerja. Bukanlah hal mudah untuk mempelajari bagaimana cara agar fasih berbahasa inggris, terutama speaking.

Akan tetapi, ada beberapa trik yang bisa kamu coba ketika ingin meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu kuncinya yaitu terbiasa berpikir menggunakan Bahasa Inggris supaya tampak natural dan fasih saat berbahasa Inggris.

Tips Fasih Mengunakan Bahasa Inggris

Saat kamu menggunakan Bahasa Inggris dengan menerjemahkannya setiap kata dari Bahasa Indonesia terlebih dahulu, maka bisa membuat struktur kalimat berantakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah beberapa tips cara agar fasih berbahasa Inggris yang perlu kamu ketahui dengan benar.

Gunakan Kalimat Sederhana

Konsistensi adalah kunci utama untuk memulai cara ini, karena kamu akan menggunakan kata-kata sederhana terlebih dahulu supaya terbiasa berbahasa Inggris. Saat bangun tidur, di pagi hari, cobalah untuk menggunakan kalimat Bahasa Inggris yang sederhana seperti contoh:

  • Wake up, please! – Bangunlah!
  • Turn off the lamp – Matikan lampunya
  • Dont forget to clean your bed – Jangan lupa untuk membersihkan tempat tidurmu.

Lakukan hal yang sama, dengan menggunakan kalimat sederhana ketika kamu melakukan perjalanan ke kampus, sekolah, atau lainnya. Mulai dengan mengobrol hal-hal sederhana dan ringan dalam Bahasa Inggris.

Cari Kosakata Baru

Perhatikan apa saja barang-barang di sekeliling kamu, yang kamu tidak tahu apa terjemahannya dalam Bahasa Inggris. Misalnya, di sekitar kamu terdapat lemari, tirai, keranjang, kursi, cari di kamus tentang kosakata yang belum kamu ketahui.

Biasakan hal seperti ini saat mengamati selama di perjalanan ke kantor atau ke sekolah. Mungkin kamu melihat trotoar, lampu lalu lintas, rel kereta api, dan sebagainya yang wajib kamu cari tahu di kamus Bahasa Inggris untuk memperkaya kosakata.

Buat Rencana Harian

Ketika kamu bangun pagi, buatlah jadwal kegiatan harian dengan cara menggunakan Bahasa Inggris. Berikut adalah contohnya:

Today, I will go to a bookstore by train. After that, I have to visit my uncles house. Im going to ask my brother to accompany me. At night, I will prepare some important files for my business meeting before sleeping.

Buat saja kalimat sederhana untuk kegiatan sehari-hari supaya dapat meningkatkan proses belajar. Pastikan punya waktu luang cukup agar bisa menyusun semua kalimat dalam Bahasa Inggris dengan benar.

Baca Juga:
Cara Mudah Berbahasa Inggris

Cara Fasih Berbahasa Inggris Saat Berdialog

Sekarang, kamu sudah siap untuk memulai percakapan dengan orang lain termasuk native speaker untuk menguji sejauh mana kamu dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan baik. Saat berdialog, kamu dituntut berpikir menggunakan Bahasa Inggris pada sebuah percakapan.

Persiapkan semua hal yang ingin kamu bicarakan, karena kamu harus menjawab secara spontan dan tidak dapat menebak apa jawaban yang akan dilontarkan oleh lawan bicara. Akan tetapi cara ini terbilang efektif, karena lawan bicara yang lebih mahir pasti akan membetulkan kalimatmu agar lebih tepat. Sehingga, kamu akan mendapatkan ilmu baru.

Untuk terus melatih kemampuan berdialog, kamu bisa memulai dengan bercakap-cakap dengan diri sendiri. Lakukan dengan volume keras atau dalam hati dengan berpikir Bahasa Inggris pada suatu percakapan. Walaupun terdengar aneh, kamu bisa mencoba cara seperti ini:

  • Its so rainy today.
  • I need to bring an umbrella if I want to go outside.
  • Otherwise, I have to cancel my plan today and stay at home.

Masih penasaran dengan cara agar fasih berbahasa Inggris lainnya yang jauh lebih efektif? Kamu bisa langsung gabung di kelas Bahasa Inggris online, ICAN English. Para tutor berpengalaman akan menyediakan pengalaman belajar menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.

Kamu juga bisa memilih kelas online atau offline yang tersedia. Dengan begitu, kamu dapat menentukan metode belajar mana yang paling tepat untukmu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi