Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris

Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris

Cara ampuh belajar writing Bahasa Inggris sangat berguna, karena banyak orang harus berjuang meningkatkan kemampuan tersebut. Keterampilan ini membantu menulis Bahasa Inggris untuk kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan.

Contoh writing Bahasa Inggris dalam dunia pendidikan adalah untuk membuat proposal, skripsi, makalah, dan jurnal berbahasa Inggris. Sedangkan contoh penggunaan writing Bahasa Inggris dalam dunia pekerjaan adalah membuat surat, menulis email, dan membuat laporan.

5 Cara Belajar Writing Bahasa Inggris untuk Pemula

Berikut adalah beberapa cara ampuh belajar writing Bahasa Inggris yang harus kamu coba:

Baca Juga :
Tips Mencapai Level Bahasa Inggris B1

1. Tingkatkan Kemampuan Kosakata

Untuk lebih mudah berekspresi, kamu membutuhkan banyak pengetahuan tentang kosakata. Bukan hanya sekedar mengenal dalam jumlah banyak, tetapi juga paham penggunaannya dengan tepat. Lakukan hal tersebut dengan belajar kata baru disertai beberapa contoh kalimat, tidak hanya sekedar daftar kosakata.

Ketika belajar kosakata baru, kamu dapat belajar semua bentuk kata dan preposisi yang dipasangkan dengan kata tersebut. Misalnya, daripada sekedar belajar kata “depend”, kamu bisa mencoba belajar “to depend on”, atau “a dependant”.

2. Menguasai Pengejaan Bahasa Inggris

Kamu harus tahu tentang bagaimana cara mengeja kata dengan tepat. Pengejaan yang kurang tepat akan merubah makna. Contohnya, “bare” dan “bear” terdengar hampir sama, tetapi “bare” maknanya telanjang, dan “bear” maknanya beruang. Salah pengejaan membuat pembaca kesulitan dengan apa yang kamu tuliskan.

Untuk latihan, kamu bisa mengeja menggunakan kartu flash cards dan menguji kemampuan kamu kapan saja ada waktu luang.

3. Baca Secara Rutin

Banyak orang sering mengatakan bahwa belajar menulis Bahasa Inggris terbaik adalah dengan membaca. Kegiatan ini berguna untuk memperoleh ide dari gaya penulisan berbeda. Membaca juga membantu memahami penggunaan kata dengan tepat.

4. Tingkatkan Grammar

Grammar sangatlah penting karena dapat meningkatkan kualitas menulis. Selalu gunakan tenses yang tepat dan ingat penggunaan tanda baca. Punctuation atau tanda baca adalah cara terbaik untuk membuat tulisan jelas dan lancar.

Selalu koreksi hasil tulisan kamu dua kali. Pada awal pemeriksaan, fokus dengan masalah-masalah umum. Sedangkan pada pemeriksaan kedua, fokus dengan penggunaan kosakata yang sedang kamu pelajari.

5. Mulai dari Sekarang

Menulis bisa menjadi kegiatan yang sangat menantang. Cara terbaiknya adalah segera ambil pen dan kertas, selanjutnya mulai menulis. Siapkan beberapa lembar versi teks tersebut jika ingin menjadi penulis profesional. Ingat, hanya dengan latihan kamu bisa membuat keterampilan kamu lebih sempurna.

Baca juga:
Pembelajaran Writing Dalam Bahasa Inggris

Tingkatkan Skill Writing di ICAN English

Sekarang, kamu sudah memahami apa saja cara ampuh belajar Writing Bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu bisa mencoba cara tersebut secara mandiri. Ingat, belajar mandiri membutuhkan konsistensi, ide untuk belajar hal baru setiap saat, dan belajar tanpa bantuan koreksi dari yang lebih berpengalaman.

Akan lebih efektif jika kamu memanfaatkan waktu belajar bersama ICAN English. Tempat kursus bahasa Inggris ini telah menyediakan banyak kelas inovatif yang menawarkan pembelajaran interaktif dan intensif dalam Bahasa Inggris, termasuk untuk meningkatkan keterampilan writing. Gunakan bantuan tutor untuk mengembangkan pemahaman kamu dalam menulis mulai dari sekarang!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.