cara belajar 16 tenses dengan mudah

Cara Belajar 16 Tenses dengan Mudah

Ada beberapa cara belajar 16 tenses dengan mudah yang dapat dilakukan oleh pemula. Tenses adalah salah satu materi bahasa Inggris yang akan kamu temui untuk membantu menata kalimat dengan baik dan benar. 

Mungkin beberapa orang sempat merasa bingung untuk mempelajari tenses bahasa Inggris, sebab dan merupakan sebuah konsep yang bisa menerangkan waktu dari kejadian di sebuah pernyataan.

Karena kita bukan penutur asli bahasa inggris, mungkin memahami 16 tenses adalah hal yang sulit dilakukan. Ada berbagai macam peraturan dan pengecualian dalam penggunaan tenses bahasa inggris.

Cara Mudah Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menguasai 16 tenses bahasa Inggris dengan mudah, seperti berikut:

Simple Present Tense

Pertama ada tenses sederhana dan paling dasar yang harus dipahami yaitu simple present tense. Tenses yang satu ini sering digunakan pada kalimat percakapan bahasa Inggris. Simple present tense dapat digunakan untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung saat itu juga.

Jadi simple present tense ini dapat diterapkan pada penggunaan kalimat yang positif, negatif, maupun interogatif. Waktu yang digunakan untuk bisa menyatakan tenses tersebut sangat banyak, misalnya seperti always, seldom, every, usually, dan lain sebagainya.

Rumus yang digunakan untuk simple present tense sangat sederhana, yaitu subject + Verb 1. Contohnya, (I Usually breakfast early in the morning). 

Simple Past Tense

Setelah itu kamu bisa mempelajari simple past tense yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa masa lalu. Tenses yang satu ini diterapkan pada cerita cerita legenda maupun dongeng sesuai dengan keterangan waktu, seperti last year, last night, yesterday, dan lain sebagainya.

Rumus yang digunakan untuk simple past tense adalah Subject + Verb 2. Contohnya, (I bought noodles in the supermarket).

Simple Future Tense

Simple future tense akan digunakan untuk menceritakan masa yang akan datang dan biasanya diungkapkan dengan next, a weeks later, in the future, tomorrow, dan lain sebagainya. Tenses satu ini menggunakan rumus Subject + Will atau Be Going to + Verb. Contohnya, (He will go to the concert tomorrow). 

Present Continuous Tense

Tenses yang satu ini dapat digunakan untuk menyatakan kejadian yang tengah berlangsung maupun kejadian yang akan direncanakan pada masa mendatang. Waktu yang digunakan untuk bisa menyatakan tenses yang satu ini bisa berupa now, at this present, at the time, dan lain sebagainya.

Rumus yang digunakan Subject + am/is/are + Verb-ing. Contohnya, (She is swimming in the swimming pool). 

Present Perfect Tense

Tense selanjutnya adalah present perfect tense yang digunakan menyatakan peristiwa berlangsung sejak masa lampau hingga saat ini masih terjadi. Kata yang digunakan bisa seperti never, so far, ever, dan lain sebagainya. 

Rumusnya Subject + Has/Have + Verb 3. Contohnya, (He Has Stayed here until now). 

Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense digunakan untuk menggambarkan kejadian sejak masa lalu hingga saat ini, tetapi dapat juga menjelaskan tentang kejadian di masa lampau saja. Tense yang satu ini dinyatakan dengan adanya for the past, the whole week, serta lainnya. 

Rumus yang digunakan dapat berupa, Subject + Has or Have + Been + Verb-ing. Contohnya, (I have been singing in her for one hours). 

Past Future Tense

Untuk mempelajari past future tense dapat digunakan secara tidak langsung menyatakan rencana kejadian di masa lalu yang gagal terjadi. Pasir tens dapat dinyatakan dengan ungkapan last week, yesterday, dan lain sebagainya.

Rumusnya adalah Subject + Would + Verb 1 atau bisa juga Subject + Was or Were + Going to + Verb 1. Contohnya, (She Told me that she would study today). 

Baca Juga:
Contoh Kalimat Interogatif Past Tense

Past Continuous Tense

Tense yang satu ini digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa yang terjadi di masa lampau. Kata yang diungkapkan dalam past continuous tense adalah while, at this time, dan lain sebagainya.

Rumusnya, Subject + Was atau Were + Verb-ing. Contohnya, (She was reading when I talked in the class).

Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense digunakan untuk menyatakan kalimat tidak langsung yang akan terjadi pada masa lampau dan berlangsung hanya di masa lampau tersebut.  Rumusnya adalah Subject + Should/Would be + Verb-ing. Contohnya, (sister said that she would be cooking for us today).

Past Perfect Tense

Kemudian ada Past Perfect Tense digunakan untuk menyatakan atau mengaitkan kejadian pada masa lampau dengan fakta yang dialami sekarang. Dapat digunakan dengan berbagai macam kata seperti, already, yesterday, before, dan lain sebagianya.

Rumus yang digunakan adalah Subject + Had + Verb 3. Contohnya, (I Had Finished My Project two days ago). 

Past Perfect Continuous Tense

Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lampu dan hanya akan terjadi pada masa itu juga. Tense yang ini dapat menekankan durasi kejadian. Dapat dinyatakan dengan kata whole day, all day, dan lain sebagainya.

Rumus yang digunakan Subject + Had + Been + Verb-ing. Contohnya, (The Woman with a pink jacket had been living here for five years).

Baca Juga:
Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

Past Future Perfect Tense

Past Future Perfect Tense digunakan untuk menyatakan kejadian pada masa lampau namun gagal dilakukan. Past future perfect tense dibedakan menjadi tiga waktu, yaitu masa lampau, masa lalu tetapi kejadian tersebut sudah selesai, serta masa mendatang.

Rumusnya Subject + Should/Would Have + Verb 3. Contohnya, (My father said that you should have cleaned The Floor).

Past Future Perfect Continuous Tense

Cara belajar 16 tenses dengan mudah bisa dilakukan dengan memahami setiap tense, begitu juga Past Future Perfect Continuous Tense. Menunjukkan waktu pada peristiwa yang sedang dilakukan tetapi tidak terjadi. 

Kata yang bisa digunakan seperti for, but, unfortunately, dan lain sebagainya. Rumusnya adalah Subject + Would Have Been + Verb-ing. Contohnya, (I heard that Rina Would have been learning math for the national exam).

Future Continuous Tense

Selanjutnya ada Future Continuous Tense digunakan untuk menyatakan kejadian di masa mendatang. Tense ini digunakan sebagai kalimat agar dapat merencanakan sesuatu, seperti menggunakan kata tomorrow, in five years, dan lain sebagainya.

Rumusnya, Subject + Will/Going to + be + Verb-ing. Contohnya, (I Will be doing my exam tomorrow). 

Future Perfect Tense

Future Perfect Tense digunakan untuk menyatakan keadaan maupun kejadian yang akan berakhir di masa mendatang. Kata yang digunakan seperti in a week, next, dan lain sebagianya.

Rumusnya Subject + Will Have + Verb 3. Contohnya, (I will have finished my study at Oxford University in a year). 

Future Perfect Continuous Tense

Future Perfect Continuous Tense digunakan untuk menekankan hasil maupun fakta dan digunakan pada masa mendatang. Kata yang digunakan adalah all day long, the last, dan lain sebagainya.

Rumusnya Subject + Will Have Been + Verb-ing. Contohnya, (I will have been reading a book all day long).

Penutup

Cara belajar 16 tenses dengan mudah sebenarnya bisa melalui contoh-contoh kalimat dan memahami makna penggunaan waktu masing-masing. Jika ingin lebih mudah belajar 16 tenses, kamu dapat bergabung dengan ICAN English untuk belajar bahasa Inggris secara menyeluruh dengan fasilitas terbaik dan memudahkan kamu menguasai tenses serta materi lainnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web