rumus kalimat tanya simple present tense

Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

Agu 29, 2022 | Bahasa Inggris

Seperti yang diketahui, dalam bahasa Inggris terdapat istilah tenses. Apabila mempelajari grammar, maka dipastikan akan belajar terkait tenses. Tenses paling dasar yang akan dipelajari adalah simple present. Rumus simple present tense berbeda-beda, tergantung jenis kalimatnya. Misalnya rumus kalimat tanya simple present tense.

Dalam seluruh tenses, terdapat 3 jenis kalimat berbeda. Diantaranya adalah kalimat positif, negatif, dan interogatif. Interogatif merupakan kalimat tanya, biasanya akan diakhiri oleh mark question. Dalam memahami gramatikal untuk tenses, perlu pula mengetahui jenis-jenis kalimatnya. Agar simple present tense dapat diterapkan dengan baik dan benar.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT TANYA PAST PERFECT TENSE

Macam-Macam Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumus dari simple present tense berbeda-beda. Dalam jenis kalimat tanya pun, terdapat beberapa macam lainnya. Sehingga, akan cukup banyak rumus yang tercantum dalam pola kalimat ini. Namun, rumusnya memang tidak akan jauh berbeda. Inilah beberapa rumus yang wajib diketahui untuk interogatif simple present!

1. Rumus Simple Present Tense

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait rumus kalimat tanya simple present tense. Maka, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu rumus dari simple present tense itu sendiri. Karena rumus dasar ini nantinya akan cukup berpengaruh terhadap berbagai jenis kalimat. Apabila sudah mengetahui rumus dasarnya, maka tidak akan sulit mengidentifikasi kalimat kompleks.

Karena meskipun simple present tense merupakan gramatikal paling dasar. Namun, terdapat kalimat kompleks yang menggunakan tenses ini. Begitupun dengan kalimat kompleks untuk interogatif. Rumus dasar dari simple present tense adalah subjek + verb 1 + objek. Perlu diingat, simple present tense menceritakan masa sekarang. Sehingga wajib menggunakan verb 1.

2. Rumus Simple Present Tense Interogatif (Verbal)

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam bahasa Inggris terdapat kalimat verbal dan nominal. Kalimat verbal biasanya akan mengandung verb atau kata kerja. Seluruh kalimat yang menggunakan verb, disebut dengan verbal. Dalam simple present tense, rumusnya akan berbeda antara kalimat verbal dan nominal. Untuk yang pertama adalah kalimat verbal.

Dalam interogatif pun, pemakaian predikatnya akan berbeda ketika berbentuk verbal. Untuk rumusnya adalah do/does + subjek + verb 1 + complement/objek/adverb? Contoh kalimatnya adalah do you take a bath before come here? (apakah kamu mandi sebelum berangkat ke sini?). Contoh lainnya adalah does Yuta singing in the concert? (apakah Yuta bernyanyi di konser?).

3. Rumus Simple Present Tense Interogatif (Nominal)

Selain verbal, rumus kalimat tanya simple present tense berupa nominal. Berbeda dengan verbal, kalimat nominal biasanya tidak mengandung verb. Karena verb akan digantikan oleh to be. To be dalam kalimat nominal dapat berfungsi pula sebagai kata kerja. To be yang ada pada kalimat nominal biasanya dapat berupa verb to be atau auxiliary verb be.

Untuk rumusnya adalah to be + subjek + complement? To be dalam kalimat ini dapat berupa is, am, atau are. Contoh kalimatnya adalah is he at his home today? (apakah dia diam di rumahnya hari ini?). Contoh berikutnya adalah are we the strongest team in this competition? (apakah kita merupakan tim terkuat di kompetisi ini?) Terlihat bahwa tidak ada verb di kalimat.

4. Rumus Simple Present Tense Interogatif (Passive Voice Close Ended Questions)

Berikutnya adalah simple present tense untuk passive voice. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Inggris, terdapat kalimat aktif dan pasif. Perbedaannya adalah dalam peletakan subjek dan objeknya. Di kalimat aktif, subjek akan diletakkan di awal dan objek di akhir. Sedangkan di kalimat pasif atau passive voice, subjek diletakkan di akhir dan objek berada di awal kalimat.

Dalam passive voice pun, terdapat dua jenis yang berbeda. Pertama adalah close ended questions. Atau sering disebut pula sebagai yes or no questions. Rumusnya adalah to be + past participle (verb 3). Contohnya adalah terdapat kalimat Tata is writes a poem. Maka, kalimat interogatifnya akan berubah menjadi is poem written by Tata?

Baca Juga: KALIMAT TANYA JAWAB BAHASA INGGRIS

5. Rumus Simple Present Tense Interogatif (Passive Voice Open Ended Questions)

Rumus kalimat tanya simple present tense berikutnya adalah untuk passive voice dengan jenis open ended questions. Pada jenis ini, jawaban dari pertanyaan bukan hanya yes or no. Namun, jawabannya akan lebih kompleks. Karena akan berisi informasi yang cukup detail. Open ended questions seringkali disebut pula sebagai interogatif dengan WH-questions.

Sehingga, pertanyaannya memang terdiri dari 5W + 1H. Rumusnya adalah (5W+1H) + to be + subjek + verb 3 + by. Contoh kalimatnya adalah what do she eats? Maka, kalimat passive voicenya akan menjadi what is eaten by her?

Rumus kalimat tanya simple present tense menjadi dasar yang cukup penting untuk diketahui. Belajar bahasa Inggris di ICAN English bisa menjadi pilihan untuk kamu yang membutuhkan pelajaran lengkap seputar materi bahasa Inggris dari dasar. Kami juga mmeiliki kelas persiapan IELTS atau TOEFL untuk kamu yang akan menghadapi tes ini.

Dengan mengetahui rumus dari interogatif di present tense ini. Maka akan lebih mudah untuk menerapkan dalam kalimat.  

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH