contoh kalimat interogatif past tense

Contoh Kalimat Interogatif Past Tense

Dalam bahasa Inggris, dikenal 16 jenis tenses. Tenses menjadi pondasi terpenting dalam membangun kalimat. Jika tidak ada tenses, maka gramatikal suatu kalimat akan tidak terstruktur. Salah satu jenis tenses adalah past tense. Untuk memahami tenses, perlu mengetahui contoh setiap kalimatnya. Misalnya contoh kalimat interogatif past tense.

Jenis kalimat dalam past tense sama seperti pada tenses lainnya. Diantaranya adalah kalimat positif, negatif, dan interogatif. Kalimat interogatif merupakan pertanyaan yang diakhiri oleh question mark. Biasanya, dalam kalimat interogatif pun jenis jawabannya beragam. Mulai dari jawaban yang hanya iya atau tidak, hingga penjelasan panjang berisi informasi penting.

5 Macam Contoh Kalimat Interogatif Past Tense

Jenis past tense untuk interogatif cukup beragam. Misalnya adalah kalimat verbal, nominal, dan sebagainya. Apabila kamu tengah mempelajari bahasa Inggris, maka sebaiknya mengetahui seluruh jenis kalimat dalam past tense interrogative. Karena fungsinya pun akan berbeda. Dengan belajar bahasa Inggris secara lengkap, kamu akan bisa membuat kalimat secara utuh dan berkomunikasi dengan mudah.

Baca Juga:
Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris

Oleh sebab itu, simak penjelasan lengkap terkait contoh kalimatnya di bawah ini!

1. Contoh Kalimat Interogatif Past Tense (Verbal)

Secara umum, past tenses merupakan jenis gramatikal yang keterangan waktunya berupa masa lampau. Past tense digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sudah terjadi di masa sebelumnya. Ciri utama dalam kalimat past tense adalah menggunakan verb 2. Dalam kalimat past tense, terdapat pula jenis verbal. Yaitu yang kalimatnya menggunakan verb atau kata kerja.

Pola dari kalimat past tense adalah subjek + verb 2 + objek. Apabila kata tanya atau interogatif, maka to be disimpan di awal kalimat. Contohnya did you went to Yuta’s concert last Sunday? (apakah kamu datang ke konsernya Yuta pada minggu lalu?). Contoh lainnya adalah did the soccer player join to next event? (apakah para pemain bola bergabung ke acara berikutnya?).

2. Contoh Past Tense Interrogative (Nominal)

Berikutnya adalah contoh kalimat untuk jenis nominal. Jika verbal menggunakan verb, maka nominal tidak. Dalam kalimat nominal, verb digantikan oleh to be. Adapun bentuk dari to be ini bisa berupa auxiliary verb. Pola dari kalimat nominal ini adalah was/were + subjek + adverb/complement/object. Pola ini perlu diingat agar tidak tertukar dengan kalimat verbal.

Perbedaan yang paling jelas antara nominal dan verbal adalah pada penggunaan awalan. Dalam nominal, kalimat akan diawali oleh was atau were. Sedangkan verbal akan menggunakan did atau do. Contoh kalimatnya was she happy with her new school? (apakah dia senang dengan sekolah barunya?) dan were we the best team last night? (apakah kita tim terbaik semalam?).

Baca Juga:
Contoh Kalimat Verbal Sentence dalam Bahasa Inggris

3. Contoh Past Tense Interrogative (Yes or No Question)

Contoh kalimat interogatif past tense selanjutnya adalah untuk jenis yes or no question. Jenis ini disebut pula sebagai close ended question. Karena jawaban dari pertanyaan ini hanyalah dua, antara iya atau tidak. Sehingga, pihak yang ditanya tidak perlu menjelaskan apapun. Karena bukan jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban detail sebagai informasi.

Pola kalimatnya adalah did + subjek + bare infinitive atau direct object untuk jenis kalimat verbal. Sedangkan untuk nominal adalah was/were + subjek + subject complement. Contoh kalimatnya adalah did Yuta held a concert last month? (apakah Yuta menggelar konser pada bulan lalu?) dan did RRQ won the MPL competition? (apakah RRQ memenangkan MPL?).

4. Contoh Past Tense Interrogative (WH Questions Verbal)

Selain yes or no question, terdapat jenis pertanyaan yang membutuhkan jawaban kompleks. Jenis ini dinamakan WH Question. Atau dikenal pula dengan sebutan open ended question. Untuk jenis ini, pertanyaan yang diajukan biasanya membutuhkan jawaban detail. Karena tujuan dari pertanyaan adalah untuk mendapatkan informasi jelas dari suatu kejadian atau hal.

Pola dari kalimat ini adalah WH question + did + subjek + verb 1. Dalam pertanyaan, kata kerja yang digunakan tidak perlu menggunakan verb 2. Contoh kalimatnya adalah what did they watch last Sunday? (apa yang mereka tonton minggu lalu?). Contoh lainnya adalah who did bring literature book yesterday? (siapa yang membawa buku sastra kemarin?.

Baca juga:
Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

5. Contoh Kalimat Interogatif Past Tense (WH Questions Nominal)

Terakhir adalah contoh kalimat untuk interogatif nominal dalam gramatikal past tense. Tidak jauh berbeda dengan verbal, apabila menggunakan WH Question maka membutuhkan jawaban detail. Hanya saja, di jenis kalimat ini tidak membutuhkan verb atau kata kerja.

Contoh kalimatnya adalah where was Deden born? (dimana Deden dilahirkan?), when was the book being popular (kapan buku ini menjadi populer?), dan why were Dina there? (mengapa Dina ada di sana?).

Untuk lebih memahami gramatikal past tense dalam kalimat interogatif. Maka, sebaiknya memang mengetahui contoh kalimat interogatif past tense. Dengan mengetahui contohnya, maka kamu akan lebih mudah membuat kalimat jenis ini. Jangan lupa untuk memahami pula rumus atau polanya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web