Belajar bahasa Inggris untuk TOEFL

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Toefl

Mar 15, 2022 | TOEFL

Test of English as a Foreign language Paper Based Test atau yang lebih dikenal dengan sebutan TOEFL merupakan salah satu tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu. untuk mendapatkan skor yang tinggi dibutuhkan usaha yang juga tidak mudah. Sehingga, penting untuk mempersiapkannya dengan belajar bahasa inggris untuk TOEFL secara sungguh-sungguh.

TOEFL dibagi menjadi tiga bagian diantaranya CBT (Computer based Test), PBT (Paper Based Test), dan IBT (Internet Based Test). Tes TOEFL sangat dibutuhkan untuk memenuhi berbagai persyaratan khususnya bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga: CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS TOEFL

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Toefl

Untuk persiapan mengikuti tes TOEFL kamu perlu belajar dengan sungguh-sungguh karena soal dalam tes tersebut bisa dikatakan rumit. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat cara mudah untuk belajar bahasa inggris untuk TOEFL yang bisa kamu ikuti berikut ini.

1. Luangkan Waktu Minimal 2 Jam Per Hari

Cara pertama dan yang paling utama yaitu, kamu harus setidaknya meluangkan waktu minimal 2 jam dalam sehari untuk mempelajari bahasa inggris. Pilih waktu belajar saat mood kamu dalam keadaan baik agar materi pembelajaran dapat diserap secara maksimal.

Selain itu, buat juga jadwa harian serta target yang harus kamu capai dalam waktu tertentu agar proses belajar kamu lebih terarah. Misalnya, dalam waktu seminggu kamu akan belajar materi listening untuk dua hari pertama, lalu dua hari berikutnya kamu akan belajar reading, dan dua hari berikutnya belajar structure.

2. Perbanyak Penguasaan Vocabulary

Setelah menyusun jadwal belajar bahasa inggris untuk TOEFL, berikutnya kamu juga harus menghafal vocabulary atau Kosa kata dalam bahasa inggris. Hal tersebut sangat penting dan paling mendasar, karena seluruh soal dalam tes TOEFL menggunakan bahasa Inggris tanpa terjemahan bahasa apapun.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghafal vocabulary. Salah satu caranya yaitu, kamu bisa mendownload berbagai soal bahasa inggris di internet, kemudian kamu bisa menerjemahkan kata-kata yang ada dalam soal tersebut dan pahami maknanya.

3. Tingkatkan Kemampuan Listening

Salah satu soal yang akan muncul dalam tes TOEFL yaitu berbentuk listening atau soal yang berupa percakapan oleh native speaker. Sehingga, penting untuk kamu memahami bahasa yang diucapkan oleh orang inggris.

Adapun, untuk melatih kemampuan listening kamu bisa belajar lewat berbagai media, salah satunya dengan menonton film berbahasa inggris. Untuk permulaan kamu bisa menggunakan terjemahan agar dapat mengerti pembicaraannya, tetapi seiring berjalannya waktu kamu juga harus paham tanpa melihat terjemahan yang tertera.

4. Perbanyak Latihan Grammar

Bentuk soal berikutnya yang akan muncul dalam tes TOEFL yaitu, grammar atau pola kalimat dalam bahasa inggris. Jenis soal ini bisa dikatakan cukup rumit dan mengecoh. Sehingga, penting untuk mempersiapkannya secara matang.

Kamu bisa melihat berbagai jenis grammar dalam bahasa inggris di internet dan pahami konsepnya. Setelah itu, lakukan juga latihan untuk mengukur sejauh apa kemampuan kamu dalam jenis soal ini.

5. Lakukan Latihan Soal Online Secara Rutin

Selain mempelajari segala jenis materi yang akan muncul dalam tes TOEFL, kamu juga harus sering melakukan latihan secara mandiri. Di internet terdapat banyak website yang menyediakan latihan soal TOEFL yang bisa kamu ikuti secara gratis.

Latihan ini penting dilakukan agar kamu bisa mengetahui gambaran saat hendak melakukan tes. Selain itu, dengan melakukan latihan ini juga dapat mengukur sejauh apa kemampuan kamu dalam mengisi berbagai soal. Dan biasanya, terdapat juga penjelasan di akhir tes yang bisa kamu jadikan acuan untuk belajar.

6. Ikuti Kursus Khusus Latihan TOEFL

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk belajar dalam mempersiapkan tes TOEFL yaitu dengan mengikuti kursus khusus TOEFL. Kursus ini berbeda dengan jenis kursus bahasa inggris pada umumnya dan hanya berfokus pada pelatihan untuk mengikuti tes TOEFL.

Cara ini dapat kamu pilih untuk memantapkan diri agar lebih siap dalam mengikuti tes TOEFL. Pengajar kursus ini biasanya merupakan seseorang yang profesional, sehingga kamu akan dibimbing secara maksimal.

Baca Juga: REKOMENDASI KURSUS TOEFL DI TANGERANG

Belajar bahasa inggris untuk TOEFL cenderung susah-susah gampang. Namun, kunci utama agar mendapatkan hasil yang maksimal yaitu, kamu harus konsisten dalam berlatih. Selain itu, penting juga untuk dapat memilih guru atau sumber pembelajaran yang sesuai.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Cara mengerjakan TOEFL grammar mungkin merupakan salah satu yang tersulit ketika sedang mengisi soal TOEFL. Hal tersebut dikarenakan konsep grammar dalam bahasa inggris sangatlah luas dan beragam. Sehingga, sering kali membuat banyak orang merasa bingung mana...

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH