Cara Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

5 Cara Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Belajar bahasa Inggris membutuhkan kerja keras. Cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan sangat dibutuhkan agar kamu tidak frustrasi dan merasa bosan. Apalagi jika kamu merasa tidak ada kemajuan yang signifikan. Agar bisa fasih, kamu perlu menggunakan bahasa Inggris setiap hari. Cara terbaik menghentikan rutinitas adalah melakukan beberapa aktivitas berbeda.

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Juga Menyenangkan

Berikut adalah beberapa cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris:

Baca Juga:
Manfaat Belajar Bahasa Inggris

1. Dengarkan Musik Sambil Belajar

Mendengarkan musik sambil belajar bahasa Inggris meningkatkan pikiran dan mood untuk belajar. Lagu-lagu gembira membuat kamu merasa kembali berenergi dan termotivasi disaat merasa bosan. Musik yang menenangkan juga membantu agar kamu merasa lebih rileks jika gugup menghadapi ujian yang datang.

Hindari mendengarkan musik dengan lirik, karena dapat mengalihkan perhatian dari apa yang sedang kamu pelajari. Kata-kata pada lagu tersebut dapat mengalihkan perhatian dari kata-kata bahasa Inggris yang sedang kamu pelajari. Jika hal ini mengganggu, maka kamu bisa belajar dengan musik yang tidak memiliki lirik, seperti jazz atau klasik.

2. Bergabung Klub Buku Bahasa Inggris

Sebagian besar kota besar sudah memiliki klub buku yang dapat kamu ikuti. Jika perlu, buatlah klub buku sendiri. Ada banyak keuntungan menjadi anggota. Kamu memiliki sekelompok orang yang sama-sama punya selera membaca sebuah literatur, sehingga akan membuat proses belajar jadi lebih bersemangat.

Selain itu, bertemu orang-orang baru dalam komunitas yang sama akan sangat membantu. Bahkan, kamu bisa berinteraksi dengan anggota klub jika menemukan konteks kalimat yang tidak kamu pahami.

Baca Juga:
Pembagian Waktu dalam Bahasa Inggris

3. Bermain Scrabble

Scrabble adalah permainan papan klasik dimana pemain menggunakan berhuruf acak untuk membuat kata-kata dengan cara teka-teki silang. Permainan ini adalah cara luar biasa untuk memperkuat kosakata bahasa Inggris. Memainkan Scrabble menantang siapa saja untuk benar-benar berpikir dalam bahasa Inggris.

Jika kamu mengikuti kelas bahasa Inggris, belilah permainan papan dan undang teman sekelas untuk bermain bersama. Kamu juga dapat memainkan Scrabble online melalui website.

4. Cari Partner Ngobrol

Cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan berikutnya adalah mencari partner ngobrol. Kamu bisa menemukannya dimana-mana. Di tempat wisata saat melihat turis, di sosial media, atau di aplikasi yang mempermudah komunikasi dengan orang asing. Dengan cara seperti ini, kamu bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara langsung.

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan guru Bahasa Inggris di kelas. Kamu bisa memanfaatkannya untuk teman mengobrol. Setiap kali bertemu guru tersebut, kumpulkan keberanian untuk menyapa dan bertanya dalam Bahasa Inggris.

5. Belajar Bahasa Inggris Sambil Nonton

Ada banyak cara menyenangkan agar kamu bisa belajar Bahasa Inggris sambil nonton. Contoh, YouTube tidak hanya memiliki video hiburan lucu, tetapi ada juga beberapa channel bagus untuk belajar bahasa Inggris.

Atau, kamu bisa memanfaatkan TV di rumah untuk menonton film berbahasa Inggris dengan berbagai genre, mulai dari komedi, romantis, atau action. Untuk pemula, manfaatkan film-film animasi yang masih menggunakan bahasa Inggris sederhana.

Baca Juga:
Rekomendasi Animasi untuk Belajar Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Dimana Saja

Selain memikirkan bagaimana cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan, kamu juga harus tahu bagaimana agar bisa terus belajar dimana saja.

Manfaatkan perangkat dan koneksi internet kamu dengan sebaik-baiknya. Gunakan kesempatan gabung di kelas ICAN English pada program yang tersedia. Ada banyak kelas dan kursus bahasa Inggris yang dapat memenuhi kebutuhan belajar bahasa inggris sesuai tujuan personal. Selama belajar di kursus ini, kamu akan mengikuti banyak kegiatan menyenangkan, dibantu bimbingan tutor yang berpengalaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi