Cara Belajar Grammar dengan Cepat dan Mudah

Cara Belajar Grammar dengan Cepat dan Mudah

Cara belajar grammar dengan cepat dan mudah tentu dibutuhkan oleh beberapa orang yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Banyak yang berpikir bahwa tata bahasa atau grammar merupakan salah satu rintangan utama saat belajar bahasa baru, termasuk bahasa Inggris.

Tata bahasa memang seringkali dianggap sulit karena setiap bahasa memiliki struktur tata bahasa yang unik. Namun, pemahaman tata bahasa ini sangat penting, terutama ketika seseorang perlu menulis untuk keperluan akademis, bisnis, atau bahkan media sosial. Salah satu aspek tata bahasa yang sangat penting untuk dipelajari adalah tense.

Mengenal Tentang Grammar dan Istilah di Dalamnya

Struktur kalimat, atau yang lebih dikenal dengan grammar, adalah fondasi dari sebuah bahasa. Dengan struktur yang tepat, sebuah kalimat bisa menjadi lebih padu dan jelas. Konsep ini sangat umum dan berlaku tidak hanya dalam bahasa Inggris, tetapi juga dalam bahasa lainnya. Misalnya, dalam Bahasa Indonesia, kita mengenal SPOK (Subject, Predikat, Objek, Keterangan) sebagai bagian dari struktur kalimat.

Grammar sebenarnya adalah bagian dari bahasa yang dipelajari oleh setiap penutur asli sejak kecil. Mengapa? Meskipun bayi belum memahami konsep grammar, mereka secara alami mulai memahami makna karena terus menerus terpapar dengan percakapan di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, mereka pun secara alami mengembangkan kemampuan untuk menyusun kata-kata menjadi kalimat yang bermakna.

Ada beberapa istilah di dalam grammar yang harus kamu ketahui, misalnya seperti berikut:

Part of Speech

Dalam Bahasa Inggris, ada jenis kata yang menjadi dasar pembentukan kalimat yang tepat. Nah, hal ini disebut dengan Part of Speech. Meskipun ada delapan kategori dalam part of speech, biasanya kita fokus pada tiga di antaranya: kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Seperti berikut keterangannya:

  • Kata Benda (Noun) digunakan untuk merujuk pada nama tempat, orang, atau benda tertentu.
  • Kata Sifat (Adjective) berfungsi untuk memberikan detail atau informasi tambahan tentang kata benda, seperti warna, tekstur, atau perasaan.
  • Kata Kerja (Verb) mengekspresikan tindakan tertentu, seperti berlari, mengambil, atau berbicara.

Jadi, part of speech sangat penting dan termasuk bagian dari grammar, kamu juga harus memahaminya.

Verbs Forms

Kata kerja dalam bahasa Inggris memiliki beberapa bentuk. Misalnya, kata kerja “eat” dapat berubah bentuk menjadi “eating,” “ate,” “eaten,” dan “eats.” Dari satu kata kerja, dapat terbentuk empat bentuk yang berbeda.

Ada tiga bentuk dasar dari kata kerja yang perlu kamu ketahui:

  • Base Form, merupakan bentuk dasar atau bentuk pertama dari sebuah kata kerja. Contohnya: sing, eat, swim, have, do. Biasanya, kata kerja dasar diikuti oleh kata “to“.
  • Past Simple, merupakan bentuk kedua dari sebuah kata kerja. Contohnya: ate, sang, had, watched. Sebagai contoh penggunaannya: “He ate an entire chicken yesterday.”
  • Past Participle, merupakan bentuk ketiga dari sebuah kata kerja. Biasanya, bentuk ini digunakan dalam tense yang lebih rumit seperti present perfect. Contohnya: “I have never been to Singapore.” Kata “been” dalam kalimat tersebut adalah bentuk ketiga dari kata “be.”

To Be

To Be adalah salah satu istilah yang akan ditemui dalam grammar. Biasanya, kata kerja ini digunakan untuk menyatakan keadaan atau status. Contohnya, am, is, dan are. Misalnya, “we are family,” “I am sad,” “she is here.” Namun, kata kerja “To be” tidak bisa digabungkan dengan kata kerja dasar seperti “read,” yang kemudian menjadi “we are read,” karena penggunaannya yang tepat seharusnya “we are reading.”

Baca Juga:
Rekomendasi Buku Belajar Grammar Bahasa Inggris

7 Cara Belajar Grammar dengan Cepat dan Mudah

Jika kamu ingin belajar grammar dengan cepat dan mudah, maka Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk dilakukan:

1. Perluas Kosakata dalam Bahasa Inggris

Saat mempelajari grammar, langkah pertama yang penting adalah memperluas kosakata. Manfaatkan kamus atau sumber lain yang dapat membantu kamu menambah kosakata bahasa Inggris. Dengan memiliki banyak kosakata, memahami grammar akan menjadi lebih mudah dan cepat. Ayo, mulai perbanyak kosakata bahasa Inggrismu sekarang!

2. Biasakan Menggunakan Percakapan Bahasa inggris

Ketika kamu terbiasa mempraktikkan bicara bahasa Inggris dan apa saja yang sudah dipelajari, pengetahuan akan semakin melekat dalam ingatanmu. Ajaklah teman atau saudara untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris.

Saat kamu mendengarkan cara orang lain berbicara dan menggunakan kata-kata, kamu akan belajar grammar dengan lebih baik. Terlebih lagi jika lawan bicaramu adalah penutur asli bahasa Inggris. Pasti akan banyak pengetahuan yang kamu dapatkan dari situ.

3. Perbanyak Membaca

Jika ingin belajar grammar dengan mudah, cobalah untuk membiasakan membaca. Lebih banyak waktu untuk membaca juga merupakan salah satu cara yang sederhana mengasah kemampuan grammar. Kamu dapat memulainya dengan membaca materi yang ringan, seperti berita, artikel, atau novel.

Saat membaca, kamu akan lebih peka terhadap struktur kalimat yang digunakan. Bagi yang kurang gemar membaca, menonton dengan subtitle juga bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik untuk dicoba.

4. Selalu Perbaiki Kesalahan

Ketika belajar grammar pasti kamu akan melakukan kesalahan, namun hal tersebut bukan sesuatu yang memalukan. Banyak orang mungkin tidak terlalu senang saat diperbaiki ketika salah menggunakan grammar.

Namun, sebenarnya, dengan adanya koreksi, kita bisa memahami mana yang benar dan mana yang salah. Dengan begitu akan membantu untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika kamu ingin cepat menguasai grammar, penting untuk meminta koreksi jika ada kesalahan dalam penggunaan kata. Catat setiap koreksi yang diberikan orang lain dan teruslah belajar dengan tekun.

Baca juga:
Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Cepat

5. Belajar Part of Speech Lebih Sering

Setelah kamu memiliki banyak kosakata, langkah selanjutnya adalah memahami cara mengaplikasikannya dalam sebuah kalimat. Untuk bisa membuat kalimat dengan baik, penting untuk memahami konsep Part of Speech.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Part of Speech mencakup noun, pronoun, adjective, article, verb, adverb, conjunction, preposition, dan interjection. Dengan mengidentifikasi setiap kata berdasarkan Part of Speech, kamu akan lebih memahami bagaimana cara merangkai kata-kata dalam sebuah kalimat. Meskipun terlihat rumit pada awalnya, namun begitu kamu memahaminya, grammar akan menjadi lebih mudah bagi kamu.

6. Coba Ubah Kebiasaan

Apa yang kamu lakukan secara berulang-ulang akan menjadi kebiasaan. Kebiasaanmu dalam banyak hal dipengaruhi oleh cara berpikirmu. Oleh karena itu, ubah kebiasaanmu menjadi salah satu tips penting dalam belajar grammar bahasa Inggris.

Jika biasanya kamu hanya menonton film dan mendengarkan lagu berbahasa Indonesia, mulai sekarang coba untuk terbiasa menonton film dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Perhatikan dialog dan liriknya, dan cobalah untuk menerjemahkan sendiri. Dengan memiliki kebiasaan yang terkait dengan bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan upaya belajar dalam grammar bahasa Inggris.

7. Terus Praktikkan

Praktikkan secara langsung apa yang telah kamu pelajari melalui percakapan atau tulisan. Bagian ini akan menjadi langkah penting dalam menyempurnakan pemahamanmu tentang grammar bahasa Inggris. Jika kamu tidak mempraktikkan apa yang telah dipelajari, maka semuanya mungkin menjadi sia-sia atau cepat terlupakan. Ada tiga praktik yang bisa kamu lakukan:

  • Berpikir, dimana mengingat teori grammar yang telah kamu pelajari, dan simpanlah dengan baik di dalam ingatanmu.
  • Menulis. Cobalah untuk menulis kalimat dengan grammar yang benar. Menulis akan membantu memperkuat ingatan tentang teori-teori yang sudah kamu pelajari.
  • Berbicara, ucapkan kalimat-kalimat yang telah kamu pelajari dan tulis. Kamu juga bisa merekam suaramu saat berbicara. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkan kembali apa yang telah kamu ucapkan dan mengoreksi kesalahan yang mungkin terjadi.

Beberapa hal tersebut akan membantu kamu semakin mudah menguasai grammar dalam bahasa Inggris.

Penutup

Cara belajar grammar dengan cepat dan mudah memang tidak semua orang bisa melakukannya. Tetapi jika kamu memiliki keinginan yang kuat, maka mempelajari tata bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mudah dan menyiapkan. Atau cara yang bisa dilakukan dengan mengikuti program kursus bahasa Inggris dari ICAN English.

Kamu akan mempelajari tata bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan dan menggunakan metode yang menyenangkan. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan teman-teman yang memiliki kemampuan sama dalam mempelajari bahasa Inggris, sehingga semakin bersemangat untuk memahami grammar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.