Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Cepat

Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Cepat

Mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bisa menjadi hal yang menantang. Kamu bahkan harus mencari metode belajar Bahasa Inggris yang cepat dan efektif. Namun begitu menguasainya, setiap usaha dan waktu yang kamu habiskan untuk mempelajari bahasa tersebut tidak akan sia-sia.

Dengan fasih berbahasa Inggris, bepergian kemana saja akan semakin menyenangkan. Selain itu, kamu tidak perlu menunggu buku terlaris atau film Hollywood terbaru dibantu dengan subtitle untuk menikmatinya.

7 Metode Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah

Berikut beberapa tip praktis tentang metode belajar Bahasa Inggris yang cepat:

Baca Juga:
Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri

1. Pelajari frasa, bukan kata-kata

Saat belajar bahasa Inggris, kamu tidak boleh mempelajari kata-kata satu per satu karena menghafalnya tidak masuk akal tanpa konteks. Sebaliknya, kamu harus mempelajari seluruh frasa. Menghafal arti kata akan jauh lebih mudah jika mengetahui maknanya dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat.

2. Belajar dengan mendengarkan

Meskipun membaca buku teks dapat membantu mempelajari bahasa Inggris, kamu tidak boleh hanya mengandalkan buku saja. Buku teks sangat bagus untuk mengajarkan tata bahasa dan kosa kata, namun mungkin tidak terlalu efektif saat melakukan percakapan.

Jika ingin belajar berbicara bahasa Inggris, belajarlah dengan mendengarkan dan bukan dengan membaca. Dengan lebih banyak mendengarkan, kamu akan dapat mempelajari kosakata dan tata bahasa berguna tanpa kamu sadari atau hafal.

3. Ikuti tes penempatan

Mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris saat ini sangatlah penting sebelum memulai rencana pembelajaran apa pun. Karena, hal ini akan menentukan jenis program yang harus kamu ikuti.

Misalnya, Program bahasa Inggris yang komprehensif sangat tepat jika level kemampuan sudah berada di tingkat Menengah atau lebih rendah. Rencana pembelajaran pun dapat disesuaikan dengan tingkat Menengah Atas ke atas. 

4. Mengutamakan kualitas daripada kuantitas

Ketika mempelajari bahasa apa pun, yang terpenting adalah kualitas daripada kuantitas. Daripada mempelajari lusinan kata baru dalam waktu singkat, kamu sebaiknya fokus mempelajari satu kata dan mengulanginya puluhan kali.

Cara ini mencegah kamu dalam belajar terlalu banyak, tidak fokus dan tidak efektif. Selain itu, strategi ini memungkinkan kamu untuk menempatkan arti kata dan frasa lebih dalam ke dalam otak. Hasilnya, kamu tidak akan mudah melupakannya.

5. Pelajari tata bahasa dengan cerita “sudut pandang”.

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari tata bahasa adalah dengan mendengarkan cerita pendek yang diceritakan dalam berbagai tenses. Cara ini akan membantu meningkatkan tata bahasa Inggris secara otomatis dan alami.

6. Dengarkan dan jawab, bukan dengarkan dan ulangi

Jika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, jangan gunakan strategi yang digunakan dalam buku teks bahasa Inggris, yaitu mengulangi setelah pembicara. Daripada terus-menerus menirukan kata atau frasa yang diucapkan pembicara, sebaiknya menjawab pertanyaan yang diajukan. Misalnya, jika kamu sedang mendengarkan podcast atau video, jedalah setiap 20 hingga 30 detik dan buat ringkasan singkat tentang apa yang telah dikatakan.

7. Jangan mempermasalahkan detail kecil

Memperbaiki pengucapan itu penting, tetapi begitu juga dengan meningkatkan tata bahasa, dan memperoleh kosa kata baru. Jangan berhenti belajar dan berkecil hati karena tidak bisa mengucapkan kata-kata dengan baik.

Kamu akan segera menguasainya melalui pengulangan saat melanjutkan pembelajaran secara rutin. Pelajari satu kata baru setiap hari dan kamu akan mempelajari 365 kata baru dalam setahun.

Baca Juga:
Tahapan Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris Cepat di ICAN English

Di ICAN English, kami menggunakan metode belajar Bahasa Inggris yang cepat yaitu melalui latihan dan penerapan lebih penting. Kursus Bahasa Inggris yang kami tawarkan selalu mendorong setiap siswa untuk melakukan perbaikan kecil dan membuat perbedaan. Kamu mungkin tidak akan pernah sempurna, bahkan penutur asli pun melakukan kesalahan.

Untuk itu, kami menyediakan kelas-kelas yang akan membantu membangun rasa percaya diri siswa. Kamu dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris di lingkungan pendidikan maupun pekerjaan tentunya sudah cukup untuk memberikan manfaat besar. Pilih program kursus yang kamu butuhkan, dan dapatkan pengalaman belajar didukung penuh oleh tutor berpengalaman!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web