rekomendasi buku belajar grammar bahasa inggris

Rekomendasi Buku Belajar Grammar Bahasa Inggris

Untuk mempelajari grammar bahasa Inggris memang membutuhkan upaya yang cukup banyak. Ada beberapa rekomendasi buku belajar grammar bahasa Inggris yang bisa jadi piihan kamu.

Buku grammar adalah kumpulan aturan untuk tanda baca, kapitalisasi, struktur kalimat, penggunaan kata, dan banyak lagi. Buku-buku ini sering digunakan oleh pelajar bahasa Inggris dan berisi mulai dari panduan grammar yang mendalam hingga banyak latihan yang bisa dikerjakan.

3 Pilihan Buku Belajar Grammar Bahasa Inggris

Meskipun grammar bisa menjadi musuh banyak orang, materi ini sebenarnya cukup sederhana untuk dikuasai. Apalagi, ada beberapa rekomendasi buku belajar grammar bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari.

Baca Juga:
Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

1. The Grammar In Use Series – Raymond Murphy

Seri buku grammar ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda: Essential Grammar in Use adalah untuk pemula dan siswa sekolah dasar bahasa Inggris, English Grammar in Use untuk pengguna menengah dan terakhir, Advanced Grammar in Use untuk siswa tingkat lanjutan.

Ini adalah buku belajar mandiri yang bagus dan akan memberi pelajaran terperinci tentang poin tertentu dari bahasa Inggris dan kemudian memberikan latihan untuk memeriksa apakah siswa telah memahami dan menguasai pelajaran tersebut.

2. A Student Introduction to English Grammar – Cambridge University Press

Buku grammar yang satu ini adalah versi yang jauh lebih murah dan pendek dari “The Cambridge Grammar of the English Language” yang merupakan buku grammar terkenal dengan 1800 lebih halaman. Sebagai perbandingan, Student Introduction to English Grammar memiliki ukuran yang lebih sedikit sekitar 300 halaman.

Kedua buku tersebut diterbitkan oleh Cambridge University Press, tetapi versi ini jauh lebih mudah didekati dan dimaksudkan untuk siswa yang belum tahu banyak tentang grammar. Buku ini juga memiliki latihan di akhir setiap bab sehingga siswa dapat menerapkan ilmu yang sudah dimiliki.

Baca Juga:
Tips Belajar Grammar Bahasa Inggris

3. The Blue Book of Grammar and Punctuation – J. Straus, L. Kaufman and T. Stern

Ini adalah sumber belajar yang luar biasa untuk pemula. Buku  ini akan mengajari kamu cara kerja aturan dan cara menggunakannya. Ada banyak kuis, contoh, dan latihan untuk membantu siswa meningkatkan dan menguasai aturan apa pun dalam waktu singkat. Ini cocok untuk semua tingkat bahasa Inggris.

Untuk memudahkan kamu belajar bahasa Inggris, bergabung dalam kelas bahasa Inggris juga bisa menjadi pilihan yang baik. ICAN English menjadi salah satu pilihan kursus yang bisa kamu pilih.

Baca Juga:
Urutan Belajar Grammar yang Bisa Kamu Lakukan

Tips Tingkatkan Grammar Bahasa Inggris

Hal pertama yang harus diketahui adalah level yang kamu miliki. Semakin cepat kamu menentukan level bahasa Inggris, maka semakin cepat kamu menemukan sumber belajar yang bagus yang disesuaikan dengan level kamu.

Ingatlah bahwa ini adalah poin yang penting untuk dipertimbangkan. Jika sumber belajar kamu terlalu sulit, maka kamu pasti enggan mempelajari apapun. Sebaliknya, jika terlalu mudah, kamu tidak akan belajar apapun dan tidak ada perkembangan sama sekali.

Setelah kamu mengetahui level, kamu bisa menemukan aktivitas dan sumber belajar terbaik untuk membantu proses belajarmu. Di sumber online sendiri, bahkan kamu bisa belajar mengenai kosakata atau grammar secara lengkap.

Misalnya, jika kamu suka mendengarkan podcast, pilihlah podcast tentang grammar. Jika kamu suka video, maka kamu bisa menonton channel Youtube yang membahas seputar hal tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.