cara belajar grammar untuk pemula

Cara Belajar Grammar untuk Pemula

Grammar atau pola pembentukan kalimat dalam bahasa inggris penting untuk dikuasai karena akan sangat berguna untuk berbagai kepentingan akademik. Untuk kamu yang baru akan mulai belajar, penting untuk mengetahui cara belajar grammar untuk pemula agar proses belajar bisa lebih terarah dan kamu dapat paham dengan betul.

Meskipun dalam situasi informal grammar jarang digunakan, tetapi untuk kamu seorang pelajar atau mahasiswa penting untuk memahaminya. Dengan memahami konsep grammar dengan tepat, kamu bisa dengan mudah untuk menulis karya ilmiah atau berbagai kegiatan berbau akademik lainnya.

3 Cara Belajar Grammar Untuk Pemula Dengan Mudah

Grammar merupakan hal wajib kamu ketahui ketika belajar bahasa Inggris karena, semua skill dalam bahasa inggris membutuhkannya seperti speaking, reading, writing, dan listening. Untuk kamu seorang pemula, di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika hendak belajar grammar.

Baca Juga:
Urutan Belajar Grammar yang Bisa Kamu Lakukan

1. Pahami konsep tenses dan part of speech

Hal pertama yang harus kamu pelajari yakni mengenai konsep tenses dan part of speech. Namun, untuk tahapan pertama, kamu bisa mempelajari part of speech terlebih dahulu. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan verb, noun, adverb, pronoun, adjective, conjunction, preposition, dan interjection 8 aspek tersebut merupakan part of speech yang harus kamu pelajari konsepnya.

Kemudian, setelah mempelajari part of speech kamu bisa lanjut belajar mengenai tenses atau bentuk kalimat dalam bahasa inggris. Dalam mempelajari materi ini kamu bisa mulai dari yang paling sederhana seperti simple present tense, simple past tense, dan simple future tense. Jika sudah menguasai hal tersebut maka kamu bisa lanjut ke bentuk yang lebih kompleks.

2. Bersahabat dengan kamus

Selanjutnya, dalam proses belajar mengenai grammar kamu jangan malu untuk sering membuka kamus. Adapun, untuk rekomendasi kamus yang bisa kamu gunakan yakni kamus Oxford, karena dalam kamus tersebut terdapat penjelasan mengenai cara penggunaan kata dalam bahasa inggris. selain itu dengan banyak membuka kamus juga akan memperkaya penguasaan kosakata kamu.

Baca Juga:
Pembahasan Grammar Lengkap, Ketahui Lebih Lanjut!

3. Banyak membaca buku akademik berbahasa inggris

Terakhir, untuk lebih menambah pemahaman kamu dalam mempelajari konsep penggunaan grammar yakni dengan banyak membaca buku yang berbau akademik, seperti biografi tokoh, atau buku pelajaran. Dengan membaca buku tersebut kamu dapat memperkaya penguasaan kosakata dalam bahasa inggris dan melihat sekaligus menganalisis bentuk tenses yang digunakannya.

Penutup

Cara belajar grammar untuk pemula di atas bisa kamu praktikan secara langsung untuk mengasah kemampuan kamu dalam memahami konsep penggunaan grammar. Selain mempelajari bentuk teori di atas, jangan lupa juga untuk konsisten dalam berlatih, sehingga selain memahami teorinya kamu juga mempraktekannya di ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web