Pembahasan grammar

Pembahasan Grammar Lengkap, Ketahui Lebih Lanjut!

Apr 11, 2022 | Bahasa Inggris

Pembahasan grammar pada bahasa Inggris merupakan pembahasan yang sering membingungkan para pelajar. Bahkan banyak orang merasa minder dalam menggunakan bahasa Inggris karena takut grammar salah. Ini akan memberikan

ICAN English kali ini akan memberikan pembahasan lengkap tentang materi grammar yang wajib kamu pelajari. Menurut Cambridge, grammar yaitu berbagai aturan dalam bahasa Inggris untuk membentuk sebuah kalimat agar dapat dipahami.

Baca Juga: DASAR GRAMMAR DALAM BAHASA INGGRIS

Apa Saja Fungsi Grammar

Jika kamu pernah mendapatkan mata pelajaran bahasa Indonesia, pasti sudah paham tentang SPOK. Hal seperti ini terbilang mirip dengan grammar, hanya saja lebih rumit untuk mempelajarinya daripada ada aturan susunan kalimat dalam bahasa Indonesia.

Grammar tidak hanya berfungsi untuk membuat kalimat agar bisa dipahami, tetapi juga mempunyai fungsi sebagaimana berikut:

1. Menampilkan variasi konteks

primer penting dalam menampilkan variasi konteks kalimat yang telah kamu susun. Contohnya saat ingin membuat kalimat yang menggambarkan sesuatu, kamu bisa menggunakan paduan antara noun atau pronoun yang diikuti be dan dilengkapi oleh noun atau objektif.

Sedangkan Jika kamu ingin membuat kalimat untuk menunjukkan kegiatan, maka kamu bisa menggunakan paduan antara noun atau pronoun yang diikuti be yang dilengkapi oleh verb. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • Kalimat nominal – Joanna is smart and friendly (Joanna cerdas dan ramah)
  • Kalimat verbal –  Joanna didn’t visit Bandung alone (Joanna tidak pergi ke Bandung sendirian)

Pembahasan grammar sangat penting karena semakin banyak hal yang kamu kuasai, maka semakin luas konteks bahasanya yang bisa kamu gunakan pada sebuah kalimat. Belajar grammar tidak boleh tergesa-gesa dan harus benar-benar sabar. Sebelum mencoba membuat kalimat kompleks, akan lebih efektif untuk belajar berbagai komponen grammar lebih dulu.

2. Menambahkan keterangan dalam kalimat

Berikutnya, pembahasan grammar ketika belajar bahasa Inggris membantu agar kamu bisa menyusun kalimat sesuai keterangan tempat, frekuensi, waktu. Pada materi grammar, kamu akan menemukan 2 jenis keterangan yang sering muncul dalam kalimat yaitu adverb dan preposition.

3. Menyatakan Bentuk Waktu

Dengan membahas grammar, kamu bisa menguasai bentuk waktu atau tenses. Beberapa pendapat menyebutkan Jika jumlah tenses bahasa Inggris yaitu 12, 16, 32, hingga 64. Walaupun demikian, materi yang paling umum dalam grammar yaitu sebanyak 12 tenses.

Apa Saja Komponen Dalam Grammar

Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa pembahasan grammar yang lengkap akan berguna untuk meningkatkan pemahaman kamu terhadap bahasa Inggris. Selanjutnya, kamu wajib mengetahui apa saja komponen dalam grammar.

Pertama yaitu sentence atau kalimat yang disusun paling sedikit oleh dua komponen yaitu klausa dan frasa. Klausa merupakan Klausa yang tersusun oleh subjek dan predikat, bisa berdiri sendiri atau bisa bergantung pada klausa lainnya. Sedangkan frasa adalah susunan kata yang mirip seperti Klausa tetapi justru tidak punya subjek.

Kedua adalah noun, istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebutkan benda, hewan, tempat, identitas, dan seseorang. Noun dalam bahasa Indonesia disebut dengan kata benda. Berbeda dengan pronoun yang justru merupakan kata-kata pengganti noun.

Selanjutnya ada be dalam bahasa Inggris yang termasuk pada auxiliary verb atau kata bantu. Be tidak mempunyai makna yang jelas, tetapi penggunaannya sangat mempengaruhi arti dalam sebuah kalimat. Jika tidak ada be, maka bisa membuat kalimat sulit dipahami.

Baca Juga: KETAHUI APA SAJA ATURAN GRAMMAR

Masih banyak komponen penting yang dapat kamu pelajari dalam pembahasan grammar secara lengkap. Seperti contoh, komponen gambar berupa verb atau kata kerja untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi, adjective yang merupakan kata sifat untuk menggambarkan karakteristik, preposition yang digunakan sebagai kata penghubung dalam kalimat dengan keterangan tambahan, dan conjunction sebagai kata penghubung antara satu kalimat dengan kalimat lainnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH