Cara Belajar IELTS untuk Pemula yang Mudah

Cara Belajar IELTS untuk Pemula yang Mudah

Cara belajar IELTS untuk pemula sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan jika sudah memiliki niat yang kuat. Mulai belajar IELTS adalah langkah awal yang penting bagi siapa pun yang ingin menguasai bahasa Inggris secara mendalam dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut.

IELTS, merupakan singkatan dari International English Language Testing System, adalah standar internasional yang diakui secara luas untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Tes ini sangat penting karena digunakan oleh banyak universitas, perusahaan, dan lembaga di seluruh dunia sebagai alat penilaian bagi para pelamar. Bagi mereka yang baru memulai perjalanan belajar IELTS, ada beberapa tips penting yang dapat membantu meningkatkan persiapan mereka.

6 Trik Belajar IELTS untuk Pemula

Bagi kamu yang pertama kali akan mengikuti tes IELTS,  ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk belajar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan mendapatkan skor IELTS  sesuai dengan kebutuhan,  misalnya seperti berikut:

1. Mulai Menyusun Jadwal Belajar IELTS

Mempelajari IELTS membutuhkan komitmen dan kedisiplinan yang kuat. Salah satu langkah awal yang penting adalah membuat jadwal belajar yang efektif. Tentukan tujuan belajar IELTS yang spesifik dan realistis. Misalnya, targetkan skor tertentu untuk setiap bagian tes atau tingkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris. Tujuan yang jelas akan membantu menjaga motivasi dan fokus selama proses belajar.

Pilih waktu belajar yang konsisten setiap harinya. Meluangkan waktu secara teratur untuk belajar akan membantu membentuk kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Bagi materi belajar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan terkelola. Misalnya, fokus pada satu bagian tes dalam satu sesi belajar. Hal ini akan membantu menghindari kelelahan dan meningkatkan pemahaman mendalam dalam setiap aspek tes.

Pilih sumber belajar IELTS yang berkualitas dan dapat diandalkan. Ada banyak buku panduan, materi online, dan kursus IELTS yang tersedia. Memilih sumber yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman akan membantu memperkuat keterampilan bahasa Inggris secara efektif.

Baca juga : Tips For Writing IELTS, Jadi Hemat Waktu Saat Tes!

2. Memilih Sumber Belajar yang Tepat

Memilih sumber belajar yang kredibel merupakan langkah krusial dalam mempersiapkan ujian IELTS. Ada banyak platform pembelajaran daring yang menyajikan beragam materi IELTS yang lengkap dan beragam.

Materi-materi yang ditawarkan meliputi seluruh aspek tes, mulai dari mendengarkan, membaca, menulis, hingga berbicara. Semua materi dirancang secara khusus untuk membantu pemula meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka sesuai dengan standar IELTS. Kamu juga menyediakan latihan soal yang terstruktur sesuai dengan format tes resmi, memungkinkan pemula untuk memahami jenis-jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam tes dan meningkatkan keterampilan menjawab dengan tepat dan efisien.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan tim kursus bahasa Inggris yang sudah dilengkapi dengan tim pengajar yang berpengalaman dan ahli dalam bidang Bahasa Inggris. Lembaga kursus bahasa Inggris terbaik dapat memberikan panduan, tips, dan umpan balik berharga untuk membantu pemula meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka secara lebih efektif.

3. Dengarkan Percakapan Bahasa Inggris dalam Berbagai Macam Aksen

Salah satu bagian dari tes IELTS yang seringkali menimbulkan kecemasan adalah bagian “listening“. Namun, sebenarnya, jika kamu terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dengan berbagai aksen, tes “listening” bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Untuk meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami percakapan dalam bahasa Inggris, kamu dapat mencoba mendengarkan siaran radio atau podcast dengan aksen Inggris, Amerika, atau Australia.

Saat mendengarkan, cobalah untuk fokus dan memahami setiap kata yang diucapkan. Usahakan untuk mengingat informasi yang penting. Setelah mendengarkan, kamu dapat mencoba menuliskan hal-hal yang dipahami di selembar kertas. Jika masih ada hal yang kurang jelas, ulangi mendengarkan percakapan tersebut sampai benar-benar memahaminya dengan baik.

4. Perbanyak Membaca Tulisan Bahasa Inggris

Untuk mengasah kemampuan membaca atau reading, cobalah membaca berita panjang dalam bahasa Inggris setiap hari. Kamu juga dapat memperluas kemampuan dengan membaca jurnal ilmiah dalam berbagai bidang seperti IT, sastra, kedokteran, atau ilmu pengetahuan alam.

Setelah terbiasa membaca teks panjang dalam bahasa Inggris, uji kemampuanmu dengan membaca teks yang lebih pendek (kurang dari 2 menit) dan tuliskan pokok-pokok ide yang kamu pahami dari teks tersebut.

Selain itu, ada dua metode membaca yang dapat kamu gunakan, skimming dan scanning. Skimming adalah membaca secara cepat tanpa menekankan detail tertentu. Ini seperti melihat-lihat dengan cepat.

Sementara itu, scanning adalah membaca secara cepat untuk menemukan informasi kunci. Saat menggunakan scanning, carilah kata kunci atau pokok pembahasan dari judul teks.

5. Biasakan Menulis dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu sering menulis dalam buku harian? Jika ya, mulailah biasakan diri untuk menulis dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik. Tindakan sederhana ini bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu tanpa kamu sadari. Kamu juga akan lebih mudah memahami struktur kata dalam penulisan bahasa Inggris.

6. Coba Sering Bicara dalam Bahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris tentu perlu latihan. Tapi tidak selalu harus ada lawan bicara, lho! Kamu bisa berlatih dengan berbicara kepada diri sendiri. Misalnya, coba tanyakan pada dirimu sendiri, “Apa rencana kegiatanmu hari ini?” atau “Bagaimana cara memasak hidangan favorit untuk makan malam?”.

Latihan sederhana semacam ini seringkali efektif meningkatkan kefasihan berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, tak ada salahnya juga mengajak teman bicara dalam bahasa Inggris secara berkala untuk melatih kemampuanmu lebih lanjut.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Score IELTS Yang Bagus

Mudahkan Latihan IELTS dengan Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu masih belum merasa yakin belajar mandiri di rumah untuk mempersiapkan diri menghadapi IELTS,  maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan kursus bahasa Inggris profesional dan sudah terpercaya. Mengikuti kursus IELTS membawa kemampuan bahasa Inggris ke tingkat yang lebih tinggi dan menyeluruh.

Tidak semua orang memiliki keterampilan yang sama kuat di semua area. Misalnya, untuk meningkatkan kemampuan berbicara, kamu bisa mendapatkan keahlian itu dengan rajin berinteraksi dengan orang asing.

Dengan kursus IELTS, kita bisa mengasah dan meningkatkan keempat keterampilan bahasa Inggris secara bersamaan, yaitu berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Kursus IELTS dari lembaga kursus terbaik,, fokus pada pengembangan keempat keterampilan tersebut.

Nah, salah satu cara belajar IELTS untuk pemula dengan bergabung di ICAN English yang sudah terkenal memberikan arahan dan tips menarik bagi para pelajar untuk menghadapi IELTS. Kamu bisa mendapatkan skor IELTS  sesuai dengan kebutuhan setelah bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris profesional ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi