5 tips for writing ielts, jadi hemat waktu saat tes!

5 Tips for Writing IELTS, Jadi Hemat Waktu saat Tes!

Apakah saat ini kamu sedang berada di posisi mempersiapkan diri menghadapi IELTS? IELTS  merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang sudah banyak digunakan sebagai persyaratan masuk ke perguruan tinggi di luar negeri. Ada beberapa negara  yang menggunakan IELTS bagi pelajar internasional.

Setidaknya ada 4 skill yang akan diuji dalam bahasa Inggris, mulai dari  speaking,  listening,  reading dan  writing. Masing-masing sesi memiliki tantangan tersendiri, begitu juga untuk writing section. Banyak pemula yang merasa tegang untuk menghadapi IELTS,  sehingga butuh persiapan yang matang.

Tas ini memang dirancang untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris dan biasanya digunakan untuk keperluan belajar maupun bekerja di luar negeri. Tes Ini sudah diakui lebih dari 10 universitas dan beberapa perusahaan besar di negara-negara maju misalnya seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.

5 Tips Menguasai Writing Section dalam IELTS

Writing section  merupakan komponen dari IELTS dan dibagi menjadi dua soal,  pertama ada task 1  di mana peserta diminta untuk menuliskan laporan sesuai dengan grafik, bagan, atau diagram.

Baca Juga:
Tips Latihan Writing untuk Tes IELTS

Kemudian ada task 2,  peserta akan diminta untuk menulis isi sesuai dengan topik yang diberikan.

Beberapa tips yang bisa digunakan untuk menyelesaikan  writing section  dalam IELTS  dengan mudah,  seperti berikut;

1. Baca Pertanyaan dengan Baik

Tips pertama yang bisa kamu gunakan adalah membaca pertanyaan sebaik mungkin. Kamu bisa membaca pertanyaan yang memiliki poin penting dan perlu dijelaskan dalam tulisan. Cara ini akan membantu kamu untuk menjawab dengan relevan dan menjaga adanya jawaban yang keluar dari topik.

Untuk bagian task 1,  kamu bisa menghubungkan tulisan dengan data-data yang telah didapatkan dari diagram, grafik,  atau bagan. Cobalah untuk menggunakan data atau gambar yang bisa mendukung pernyataan.  Topik yang biasanya muncul dalam task 1 biasanya meminta peserta untuk membandingkan data atau menjelaskan diagram yang telah diberikan. 

Sedangkan untuk task 2,  peserta diminta menulis argumen. Misalnya,  Apakah kamu setuju dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan memberikan pengaruh buruk kepada remaja?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, disarankan agar memberikan jawaban yang tegas misalnya setuju atau tidak. Kemudian ikuti dengan alasan yang jelas.

2. Kerjakan Task 2 Lebih Dulu

Tips yang bisa kamu coba dalam mengerjakan task 2  terlebih dahulu.  Task 2 ini Memiliki nilai 2 kali lipat dibandingkan task 1. Maka dari itu kerjakan task 2  terlebih dahulu untuk memastikan menyelesaikan dengan baik.

Baca Juga:
Materi Pembelajaran IELTS Writing Preparation

3. Jangan Mulai Menulis

Sekalipun tas ini memiliki durasi waktu,  tetapi disarankan  jangan langsung mulai menulis. Setelah kamu membaca soal cobalah membuat perencanaan terlebih dahulu terkait menjawab pertanyaan dan bagaimana akan membagi tulisan dalam paragraf, kemudian poin  apa saja yang akan dimasukkan dalam tiap paragraf tersebut.

Dengan begitu kamu akan menulis lebih lancar.

4. Ingat Batasan Kata

Terkadang ketika kita sedang asyik menulis menjadi lupa batasan kata dalam writing section IELTS. Jangan menulis lebih sedikit dari World limit yang telah diberikan. Misalnya saja untuk task 1 biasanya akan meminta peserta menuliskan minimal 150 kata, kemudian untuk task 2 ada 250 kata. Jika kamu menulis kurang dari word limit  yang telah ditentukan, maka nilainya juga akan berkurang.

Tetapi hindari juga terlalu panjang sebab batasan waktu yang diberikan juga berjalan. Jadi buat tulisan yang berkualitas dan pas. Pastikan tulisan selalu relevan dengan topik yang diberikan dan jangan menuliskan argumen maupun pernyataan yang tidak dibutuhkan.

5. Hindari Mengulang Soal atau Kalimat

Untuk menyelesaikan  writing section  dengan baik disarankan agar menghindari mengulang soal maupun kalimat. Jika kamu menulis soal dalam tulisan maka bagian tersebut tidak akan dihitung.

Baca Juga:
Tips Lewati Tes Writing IELTS dengan Lancar

Tips Hemat Waktu dalam Writing Section IELTS

Untuk membiasakan diri menghadapi IELTS  writing section  kamu harus banyak berlatih. Percayakan persiapan kamu menghadapi IELTS  dengan kursus persiapan IELTS profesional di ICAN English. Lembaga Kursus bahasa Inggris ini akan memberikan kamu berbagai macam latihan untuk writing section, sehingga bisa terbiasa menyelesaikan semua soal dengan tepat waktu.

Beberapa orang yang tidak terbiasa dengan menulis, maka writing section  dalam IELTS  bisa menjadi kendala lain cukup besar. Terkadang mereka memiliki opini yang bagus, tetapi ketika menyusun kata-kata terlalu sulit sehingga memakan waktu cukup banyak.

Apalagi untuk tes ini waktu terus berjalan,  sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Sebenarnya untuk menghemat waktu dalam  writing section  sangat mudah dilakukan sebab kamu bisa merencanakan terlebih dahulu poin-poin penting yang akan ditulis dalam satu paragraf.

Begitu selesai membuat perencanaan, Kamu tidak akan Bingung lagi mengenai apa saja yang akan ditulis. Tips untuk bisa mengetahui bagaimana mencapai target word limit  adalah menghitung jumlah baris tulisan, jadi bukan per kata lagi.

Sebelum mengikuti ujian, kamu bisa melakukan latihan terlebih dahulu. Kemudian hitunglah perkiraan berapa kata yang biasanya dituliskan dalam setiap baris. Kalikan baris tersebut dengan jumlah kata sehingga bisa mendapatkan perkiraan word limit  yang sudah digunakan.

Untuk  writing  section  sebaiknya kamu mengalokasikan waktu untuk merencanakan tulisan dan memeriksa ulang tulisan. 

Ada berbagai macam tips yang bisa digunakan untuk menyelesaikan  writing section dalam IELTS. Misalnya saja seperti mulai membaca pertanyaan dengan baik, mengerjakan task 2  terlebih dahulu,  tidak langsung mulai menulis tetapi menyusun poin terlebih dahulu,  mengingat ada batasan kata,  dan menghindari mengulang soal atau kalimat dalam jawaban. Jika ingin mengetahui informasi tentang IELTS bisa hubungi ICAN English, atau bisa datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web