cara belajar listening yang efektif

Cara Belajar Listening yang Efektif

Cara belajar listening yang efektif dapat mempengaruhi kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Kemampuan mendengarkan dengan baik dianggap sebuah hal penting pada berbagai posisi pekerjaan oleh banyak industri.

Kamu dapat mempertimbangkan berbagai cara agar belajar listening lebih efektif ditandai dengan adanya peningkatan. Sehingga, kamu dapat menerapkan skill listening sebagai keterampilan komunikasi didalam dan diluar tempat kerja.

5 Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Penting untuk melakukan evaluasi skill listening saat ini dengan memastikan area mana yang akan kamu tingkatkan. ICAN English dapat membantu, dengan memberikan pembelajaran listening skills secara intensif dan kursus bahasa Inggris efektif. Berikut adalah cara belajar listening yang efektif agar dapat meningkatkan hasil tes:

1. Ketahui Tes

Seperti semua sistem pengujian bahasa internasional, IELTS, TOEFL atau tes bahasa inggris lainnya memiliki format yang unik. Jadi, biasakan dengan detailnya sebelum menghadapi tes di hari H. Mulailah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa saja jenis pertanyaannya? (Setiap jenis pertanyaan memerlukan strategi berbeda)
  • Apa formatnya?
  • Keterampilan apa yang kamu butuhkan?

2. Latihan Rutin

Tingkatkan keterampilan mendengarkan dengan menjadi pendengar yang aktif. Film dan serial TV menyenangkan untuk ditonton, tetapi cobalah melangkah lebih jauh untuk membuat perbedaan besar. Dengarkan berbagai sumber bahasa Inggris. Contohnya adalah podcast dan laporan berita.

Kegiatan belajar ini akan memaparkan kosakata baru dan aksen yang berbeda. Cara ini sangat berguna karena dalam tes IELTS terdapat banyak aksen bahasa inggris yang berbeda. Jadikan kegiatan mendengarkan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu dapat menemukan berbagai konten menarik dan menyenangkan secara online.

Mulailah dengan topik yang paling kamu minati, sebelum beralih ke materi akademis lainnya. Terbiasa mendengar bahasa Inggris juga akan memberi kepercayaan diri yang kamu butuhkan untuk mengelola stres selama ujian.

Baca Juga:
Aplikasi Untuk Belajar Listening Bahasa Inggris

3. Kata Kunci

Selama tes, rekaman hanya akan diputar satu kali. Kamu akan diberikan waktu untuk membaca instruksi dan pertanyaan sebelum rekaman dimulai. Sekali lagi, saat kamu membaca pertanyaan, garis bawahi kata kunci, dan coba prediksi konteks rekaman siapa yang akan berbicara, tentang apa pidato tersebut.

Walaupun kata kunci itu sangat penting, kamu wajib memikirkan kata-kata lain yang dapat menggantikannya, khususnya, untuk pertanyaan pilihan ganda.

Fokus pada pertanyaan atau pernyataan, selanjutnya prediksi jenis informasi apa yang dibutuhkan. Pastikan kalimat yang kamu hasilkan akurat secara tata bahasa, gunakan bentuk kata yang tepat.

4. Jangan terkecoh

Apa yang kamu dengar pertama kali mungkin bukan jawaban yang tepat, jadi kamu harus waspada terhadap pengecoh. Misalnya, pembicara mungkin mengatakan satu hal, tetapi bisa saja membalikkan jawaban. Kamu mungkin juga menemukan bahwa pembicara menyebutkan semua opsi dengan sedikit perbedaan makna. Jadi, kamu wajib memperhatikan detailnya.

5. Hindari Menunggu terlalu lama

Selanjutnya, cara belajar listening yang efektif adalah dengan tidak terlalu lama menunggu. Jika kamu merasa sudah menunggu terlalu lama untuk mendengar jawabannya, kemungkinan kamu sudah melewatkannya. Keuntungan besar dari tes listening IELTS adalah kamu tidak perlu bolak-balik menjawab pertanyaan.

Baca Juga:
Ketahui Seputar Penilaian IELTS Listening

Pentingnya Belajar Listening

Keterampilan mendengarkan merupakan bagian penting dari komunikasi yang baik. Ketika kamu adalah pendengar yang benar-benar memperhatikan, kamu dapat mulai meningkatkan hubungan. Dari skill listening, perusahaan juga akan menyukai kamu, karena mampu membuat keputusan dengan lebih efektif, dan mencapai negosiasi dengan klien lebih cepat.

Berikut adalah beberapa alasan tambahan mengapa keterampilan mendengarkan itu penting:

  • Menunjukkan kemampuan memperhatikan pikiran, perilaku, dan perasaan individu
  • Meningkatkan kekuatan memengaruhi, melayani, memotivasi, atau mengembangkan orang secara efektif
  • Memungkinkan organisasi beroperasi secara efisien dengan informasi yang diberikan, yang dapat menyebabkan lembaga mudah beradaptasi dengan tren pasar atau kebutuhan konsumen
  • Meningkatkan interaksi dasar manusia
  • Membangun hubungan pribadi dan profesional

Saat berkarir nanti, kamu butuh kemampuan mendengarkan atau listening skill dalam berbagai peran termasuk dalam kegiatan penjualan, perundingan, mentoring, pelatihan, wawancara, penelitian marketing, pemberian fasilitas, dan pengelolaan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.