Cara Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Belajar Listening Bahasa Inggris untuk Pemula

Fasih berbahasa Inggris membuat kamu lebih mudah membaca ratusan buku, menulis novel indah, dan menjelaskan suatu hal dengan mudah. Walaupun memiliki kemampuan tersebut, terkadang saat bertemu penutur asli, justru malah tidak bisa memahami apapun yang diucapkannya. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, maka kamu harus mencari cara belajar listening Bahasa Inggris yang tepat.

Proses pembelajaran bahasa Inggris biasanya terdiri dari empat komponen utama – reading, speaking, writing, dan listening. Banyak orang mengabaikan proses listening, padahal bagian tersebut tetap penting untuk melengkapi kemahiran Bahasa.

Tips Belajar Listening Bahasa Inggris yang Efektif

Listening merupakan skill yang sangat menantang untuk dipelajari. Tetapi, jika kamu sudah menemukan cara belajar listening bahasa inggris yang efektif, kamu akan terbiasa dan menikmati proses belajar tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba agar keterampilan listening mengalami peningkatan:

Dengarkan Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Jika tujuan kamu adalah mahir listening bahasa Inggris, kamu perlu sering membiasakan diri dengan bahasa tersebut. Pada awal belajar, kamu mungkin tidak akan mengerti satu kata pun, tetapi kesulitan tersebut akan hilang dalam beberapa minggu.

Cara paling sederhana untuk belajar listening adalah memulai dengan lagu. Ada beberapa single bahasa Inggris favorit dari Madonna, Beyoncé, atau Nirvana. Baca liriknya, terjemahkan kata-kata yang belum kamu ketahui maknanya, lalu ulangi lagu tersebut sebanyak mungkin. Cara ini akan membantu memahami pengucapan dan konteks penggunaan kata dan frasa tertentu.

Menonton Tayangan Berbahasa Inggris

Latihan lain yang bisa kamu lakukan adalah menonton film dan acara TV dalam bahasa aslinya. Langkah ini mungkin berat pada awalnya, sehingga kamu bisa memulai dengan langkah sederhana.

Selama menonton tayangan tersebut, kamu harus menghindari subtitle karena akan mengalihkan perhatian dari tujuan utama yaitu belajar mendengarkan. Jika kamu tidak yakin dengan kemampuan tersebut, cobalah menonton beberapa kartun atau film Disney. Film anak-anak dirancang dengan bahasa sederhana sesuai usia. Sehingga, kamu dapat memahami frasa yang tidak diketahui dari konteksnya.

Cari Gagasan Utama, Bukan Setiap Kata dalam Kalimat

Cara belajar listening Bahasa Inggris ini membantu mengurangi kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula. Kebanyakan, pemula akan menerjemahkan setiap kata dalam komunikasi tertulis maupun lisan, bukan gagasan utama dalam suatu informasi.

Cara ini disarankan untuk yang sudah mengetahui banyak kata dan mencoba menerjemahkan untuk memahami informasi. Cobalah untuk tidak berkonsentrasi pada setiap kata, tetapi fokuslah pada ide utama percakapan dan konteks umum. Cobalah cara ini saat membaca buku atau menonton film. Jangan berhenti pada frasa yang tidak diketahui, cukup tebak makna dari konteksnya.

Belajar dari Teks Audio

Mendengarkan lagu atau podcast di latar belakang adalah efektif, tetapi tidak cukup. Teks audio sangat bagus jika kamu ingin memperkuat keterampilan mendengarkan. Ada empat langkah sederhana dapat membantu menguasai bahasa.

Temukan teks audio yang kamu minati, seperti buku audio, podcast dengan skrip yang tersedia, atau apa pun yang ingin kamu dengarkan. Putar teks audio tersebut, dan cobalah menangkap poin utama tanpa membaca. Setelah selesai mendengarkan audio, buka teksnya. Bacalah dengan cermat, dan terjemahkan kata dan kalimat yang tidak dikenal menggunakan kosakata.

Nyalakan kembali versi audionya, dan dengarkan sambil membaca skrip. Perhatikan detailnya, apakah kamu sudah memahami kata-kata yang awalnya tidak kamu pahami? Dengarkan audionya lagi, tetapi tanpa teks. Dari cara ini, kamu bisa melihat perbedaan signifikan. Pilih audio yang benar-benar kamu minati.

Pelajari Aksen Berbeda

Karena bahasa Inggris digunakan di banyak negara, ada banyak aksen yang dapat kamu dengar. Siswa di sekolah biasanya mempelajari dua aksen berbeda, English British atau American English. Dengarkan berbagai aksen saat belajar, kamu bisa belajar dari lagu, pilih komposisi dari berbagai musisi. Kamu juga dapat menonton serial TV dari berbagai negara.

Pilihan bagus lainnya adalah menonton dan mendengarkan wawancara selebriti. Hiburan dari Hollywood penuh dengan selebriti yang menawarkan ragam aksen. Misalnya, Christian Grey, Jamie Dornan, berasal dari Irlandia, dan kamu dapat mendengar aksennya yang luar biasa. Margot Robbie memiliki cara bicaranya yang khas Australia, dan bahkan Superman Henry Cavill memiliki aksen Inggris yang unik.

Baca Juga:
Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris Untuk Pemula
Materi Listening yang Harus Kamu Pelajari

Pentingnya Belajar Listening dari Sekarang

Sekarang, kamu sudah mengetahui berbagai cara belajar listening Bahasa Inggris. Belajar listening akan meningkatkan keterampilan pemahaman dan membuat kamu terbiasa dengan bunyi Bahasa yang dibutuhkan dalam speaking dan pronunciation.

Berikut adalah beberapa alasan tambahan mengapa keterampilan mendengarkan itu penting:

  • Menunjukkan kemampuan memperhatikan pikiran, perilaku, dan perasaan individu
  • Meningkatkan kekuatan memengaruhi, melayani, memotivasi, atau mengembangkan orang secara efektif
  • Memungkinkan organisasi beroperasi secara efisien dengan informasi yang diberikan, yang dapat menyebabkan lembaga mudah beradaptasi dengan tren pasar atau kebutuhan konsumen
  • Meningkatkan interaksi dasar manusia
  • Membangun hubungan pribadi dan profesional

Dalam proses belajar, sangat penting untuk menggunakan cara menyenangkan agar bisa belajar dengan senang. Temukan cara yang paling cocok yang sesuai dengan gaya belajar personal.

Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa bergabung di lembaga kursus Bahasa Inggris kami, ICAN English! Ambil kelas yang sesuai kemampuan belajar, ikuti metode pembelajaran yang menyenangkan dan temukan dukungan luar biasa dari teacher profesional.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.