Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris Untuk Pemula

Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris Untuk Pemula

Podcast bahasa Inggris untuk pemula menjadi salah satu opsi belajar. Selain karena bisa menghibur dan mendidik, ada banyak pilihan podcast yang bisa kamu dengarkan. Podcast hanyalah salah satu dari banyak aktivitas bahasa yang menyenangkan dan efektif yang bisa kamu gunakan dalam rutinitas.

Podcast dapat didengarkan kapan saja, di mana saja, sesuai dengan jadwal kamu. Konten ini memungkinkan kamu untuk belajar bahasa Inggris bahkan ketika sedang dalam perjalanan, berolahraga, atau melakukan pekerjaan rumah.

Rekomendasi Podcast untuk Pemula Bahasa Inggris

Gunakan daftar podcast bahasa Inggris terbaik untuk pemula dan beberapa tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari podcast.

British Council

Podcast Belajar Bahasa Inggris ini sangat bagus untuk pemula. Fungsinya dirancang untuk pembelajar bahasa Inggris dari level A1 hingga B1, dengan berbagai konten diskusi dan mencakup keadaan sehari-hari yang umum.

Setiap episode dilengkapi dengan transkrip dan paket dukungan berisi latihan-latihan untuk menguji pemahaman kamu. Kamu bisa mendengarkan podcast British Council dari Apple Podcasts, Google Podcast, dan Situs web British Council. Selain budaya Inggris, Masyarakat, dan Olahraga, tema dalam podcast British Council adalah Ilmu Pengetahuan.

Voice of America: Learning English

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris Amerika, maka Voice of America: Learning English mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat. Situs web ini menawarkan berbagai podcast untuk pembelajar ESL pemula, menengah, dan tingkat lanjutan.

Pada tingkat pemula, terdapat program yang difokuskan pada keterampilan bahasa dasar. Namun, jika kamu berada di tingkat menengah, ada lebih banyak materi yang lebih menarik. Podcast mencakup berbagai topik, termasuk kesehatan dan gaya hidup, sains, teknologi, budaya, dan berita. Sehingga, dapat membantu berbincang dengan teman dalam bahasa Inggris.

6-Minute English

Apakah kamu ingin belajar Bahasa Inggris dalam waktu singkat? 6-Minute English cocok untuk kamu yang memiliki jadwal paling padat sekalipun. 6-Minute English adalah podcast berita yang diproduksi setiap minggu dan ditujukan untuk pembicara tingkat menengah.

Setiap episode dilengkapi dengan daftar kosakata, pertanyaan yang memancing pemikiran, dan transkrip sehingga kamu bisa mengikuti pembahasan jika melewatkan beberapa kata atau frasa.

Bahasa Inggris yang digunakan dalam podcast tersebut lebih lambat dari biasanya. Sehingga, jauh lebih mudah dipahami. Cobalah mendengarkan satu episode setiap harinya, dan kosakata kamu akan bertambah dengan cepat.

Baca Juga: Channel Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Kelebihan dan Kekurangan Podcast Bahasa Inggris

Keuntungan mendengarkan podcast Bahasa Inggris untuk pemula adalah karena konten ditujukan untuk penutur asli. Sehingga, kecepatan dan kosakata yang digunakan oleh para pembawa acara mirip dengan apa yang mungkin kamu dengar dalam lingkungan berbahasa Inggris pada umumnya.

Kekurangan dari mendengarkan podcast adalah untuk pemula di bawah level C1. Kemungkinan besar, kamu akan cukup sulit menggunakan podcast penutur asli dengan efisien. Hal ini karena kamu mungkin tidak bisa menikmati podcast sebagai sarana hiburan yang menyenangkan untuk didengarkan. Kamu harus berhenti dan berhenti terlalu sering karena bingung memahami apa konteks yang dibahas pada podcast tersebut.

Sebagai panduan umum, kamu sebaiknya mencari podcast di mana kamu bisa mengerti sekitar 80% dari percakapan. Jika kamu mengerti lebih dari 80%, maka kamu mungkin tidak terpapar pada kata-kata dan frasa baru yang cukup. Sebaliknya, jika kurang dari 80%, maka mungkin tidak begitu menyenangkan untuk didengarkan.

Selain itu, podcast yang ditujukan untuk penutur asli seringkali tidak dilengkapi dengan transkrip atau kosakata kunci, sehingga mengikuti percakapannya bisa sulit. Untuk kamu yang ingin belajar menggunakan podcast Bahasa Inggris untuk pemula, diselingi metode menyenangkan lainnya, belajar di ICAN English! Gabung bersama teman-teman lainnya dan bertemu tutor berpengalaman di program kursus Bahasa Inggris kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.