cara belajar reading bahasa inggris

Cara Belajar Reading Bahasa Inggris

Pemahaman membaca terdiri dari memahami makna tekstual dan subtekstual. Membaca aktif secara rutin, mendiskusikan teks, dan mengerjakan kuis latihan adalah contoh cara belajar reading bahasa inggris. Tujuannya adalah membantu pelajar dewasa meningkatkan pemahaman bacaan.

Saat membaca, otak harus memproses kata-kata literal dan hubungannya. Pelajar dewasa yang mempunyai kesulitan reading bahasa inggris yang buruk merupakan masalah besar. Kelemahan dalam reading membuat pelajar dewasa tidak dapat mengajarkan anak-anak membaca. Dan ini mempengaruhi kinerja anak-anak di kelas.

Menurut National Bureau of Economic Research (NBER), anak-anak yang orang tuanya dengan kemampuan literasi rendah 72% lebih mungkin menjadi pembaca yang buruk. Hanya 35% orang dewasa dengan literasi rendah yang bekerja penuh waktu.

3 Cara Belajar Reading Bahasa Inggris Bagi Pelajar Dewasa

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan menemukan bahwa 5,2 juta orang dewasa Amerika tidak dapat membaca dan 50% orang dewasa AS tidak dapat membaca buku setelah kelas 8. Mengajar orang dewasa membaca sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengajar anak-anak. Anak-anak kurang percaya diri karena merasa hanya mereka tidak bisa membaca. Hal yang sama berlaku dengan orang dewasa dan terlebih lagi karena mereka lebih tua.

Baca Juga:
Tips Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris

1. Jangan Pakai Buku Cerita Anak

Pertama dan terpenting, jika sebagai orang dewasa ingin belajar membaca, jangan gunakan buku cerita anak-anak. Meskipun buku-buku ini mungkin merupakan tingkat membaca dan mengeja yang sesuai untuk pelajar dewasa, kadang buku cerita anak-anak bisa membuat kamu merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri.

Namun, jika seorang pelajar dewasa mencoba belajar membaca untuk membacakan cerita pengantar tidur kepada anak mereka atau mengajar anak mereka sendiri membaca, buku-buku ini adalah pilihan yang tepat.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Membangun kepercayaan diri adalah kunci untuk membantu siapa pun belajar membaca, baik pelajar dewasa maupun anak-anak. Fokus pada apa yang kamu tahu terkait bacaan. Semakin kamu dapat menunjukkan bahwa kamu mampu membaca, semakin mudah. Cari apa saja yang sekiranya kamu mampu melakukannya. Hal ini penting untuk membangun rasa percaya diri terlebih dahulu.

3. Pembelajaran Berbasis Komputer

Ketika sedang belajar membaca, kadang kamu merasa lebih baik membaca dengan lantang. Hal ini sangat efektif untuk anak-anak, namun tidak untuk pelajar dewasa. Pada akhirnya, cara belajar reading bahasa inggris seperti ini membuat banyak pelajar merasa frustrasi, malu, dan tidak percaya diri.

Pertimbangkan belajar berbasis komputer yang mengajar pelajar dewasa dengan kecepatan mereka sendiri. Bahkan, orang dewasa lebih suka belajar dengan cara ini. Anggap saja seperti belajar bahasa yang berbeda. Ketika kamu belajar bahasa baru, dapat menggunakan Rosetta Stone.

Baca Juga:
Cara Agar Fasih Berbahasa Inggris

Tips Membaca Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan

Ada beberapa cara belajar reading bahasa Inggris untuk mulai membaca dengan sengaja untuk meningkatkan pemahaman. Pertama, pahami dan evaluasi cara membaca. Cobalah dengan melakukan identifikasi kutipan teks yang kamu rasa sulit dipahami sebagaimana berikut:

  • Buku teks
  • Esai
  • Novel
  • Artikel berita, dll.

Setelah itu, bacalah seperti biasanya. Perhatikan apakah fokus dan pemahaman mulai menurun atau tidak. Jika pemahaman atau konsentrasi Anda tertinggal dari waktu ke waktu, mulailah pratinjau teks terlebih dahulu.

Pertama, ambil teks dengan menyorot judul, diagram, tabel, gambar yang menonjolkan kata-kata tebal, ringkasan, atau pertanyaan kunci. Selanjutnya, membaca pendahuluan dan kesimpulan serta mengumpulkan konsep-konsep utama. Terakhir, pratinjau prediksi topik untuk setiap bagian.

Masih bingung harus belajar mulai darimana? Permudah kebutuhan belajar bahasa Inggris dengan bantuan ICAN English. Ada banyak cara belajar bahasa Inggris yang mudah, menyenangkan, dan membuat kamu bisa meningkatkan keterampilan di bidang tersebut dengan bantuan mentor profesional.

Orang dewasa harus membaca setiap hari untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Membaca secara teratur akan membuat pikiran kamu tetap aktif dan membantu mengingat apa yang kamu baca. Dengan membaca setidaknya 15 menit sehari, kamu akan mempercepat kemampuan membaca.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web