cara tes toefl itp online: persiapan belajar

Cara Belajar Tes TOEFL ITP Online

Cara tes TOEFL ITP online dapat dilakukan dengan mudah dimana saja dan kapan saja. TOEFL ITP atau yang dikenal juga sebagai  Test Of English as a Foreign Language Institutional Testing Program merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang.

Dalam penilaiannya skor dari TOEFL ITP mengacu pada aturan dari ETS (Educational Testing Service) atau lembaga internasional resmi penyelenggara dan menjadi pemilik tes TOEFL. Layaknya TOEFL secara umum, tes ini juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga penting untuk melakukan persiapan terlebih dahulu, termasuk juga bergabung dalam kelas persiapan TOEFL.

5 Cara Tes TOEFL ITP Online: Persiapan Belajar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk membuat strategi belajar sebagai persiapan. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan tes TOEFL ITP online dengan mudah dan menyenangkan.

Baca Juga:
Benefit Kursus TOEFL Preparation di Indonesia

1. Berlatih Minimal 2 Jam Setiap Hari

Cara tes TOEFL ITP online untuk persiapan yang pertama yakni, kamu harus meluangkan waktu setidaknya selama dua jam setiap hari. Hal tersebut penting dilakukan karena dalam mempelajari bahasa Inggris, terutama di bidang akademik tidak bisa dilakukan secara instan sehingga harus melakukan persiapan dari jauh hari.

Kamu bisa memilih waktu senggang, dan mengatur tujuan agar proses belajar kamu lebih terarah. Misal, kamu bisa melakukan latihan listening selama 2 hari, reading 2 hari, structur 2 hari, dan writing 1 hari. Selain itu, tentukan juga target yang harus kamu capai setiap minggunya.

2. Gunakan Media Lagu Dan Film Untuk Melatih Kemampuan Listening

Cara tes TOEFL ITP online dalam langkah persiapan berikutnya yaitu, kamu bisa menggunakan media menyenangkan seperti film dan lagu untuk berlatih listening atau kemampuan mendengarkan bahasa inggris. kamu bisa memilih lagu berbahasa inggris, kemudian lihat lirik tersebut dan coba dengarkan degan seksama.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media film berbahasa Inggris. Adapun, cara yang bisa dilakukan yakni, pertama kamu bisa menambahkan terjemahan bahasa Indonesia, kemudian jika kamu sudah lebih paham kamu bisa menggantinya dengan terjemahan berbahasa Inggris. terakhir, jika sudah paham benar kamu bisa menghapuskan terjemahan tersebut.

3. Gunakan Media Buku Untuk Melatih Kemampuan Reading Dan Writing

Cara selanjutnya, yakni kamu bisa menggunakan media buku untuk melatih kemampuan reading dan writing. Untuk langkah awal, kamu bisa memilih buku cerita bahasa inggris untuk anak-anak karena struktur bahasa yang digunakan cenderung sederhana. Perhatikan cara penulisan dan cara membacanya.

Setelah itu, jika kamu sudah paham dengan struktur kalimat sederhana, kamu bisa meningkatkan lagi level bacaanmu menjadi ke novel atau buku lain yang berbahasa inggris. lakukan secara bertahap dan jangan terburu-buru, pastikan sebelum menaikan level bacaan kamu sudah paham betul dengan struktur bahasa yang digunakan.

4. Gunakan Media Buku Khusus Untuk Melatih Kemampuan Structur

Berikutnya, untuk belajar structur kalimat bahasa Inggris, kamu perlu menggunakan buku khusus. Buku ini dapat kamu temuan dengan mudah dalam persi pdf di internet atau membelinya secara khusus di toko buku.

5. Lakukan Latihan Dari Contoh Soal Di Internet

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan setelah cara-cara diatas berhasil dilakukan yakni, mengunduh contoh soal di internet. Cara ini dapat kamu jadikan sebagai simulasi agar mendapatkan gambaran ketika hendak melakukan tes yang sesungguhnya, juga sebagai alat mengukur sejauh mana kemampuan kamu.

Karakteristik dan Kegunaan Tes TOEFL ITP

TOEFL ITP memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan tes bahasa inggris lainnya seperti TOEFL IBT (internet basic test), IELTS (International English Language Testing System). Setelah mengetahui cara tes TOEFL ITP online dalam persiapannya, berikut ini merupakan karakeristik dan kegunaan dari TOEFL ITP yang perlu kamu ketahui.

Digunakan Untuk Keperluan Pribadi

TOEFL ITP sering digunakan untuk kepentingan pribadi seperti, untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, sebagai syarat melanjutkan pendidikan, melamar pekerjaan atau untuk mengukur keefektifan kursus yang telah diikuti. Seperti namanya, kurusus ini dilakukan secara online dengan bantuan koneksi internet.

Materi Pengujian Yang Diterapkan

Berikutnya, TOEFL ITP memiliki materi pengujian yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan es kemampuan bahasa Inggris yang lainnya. dalam TOEFL ITP materi yang diujikan hanya listening, reading, writing, dan structur. Tes ini tidak mengikutsertakan materi speaking atau kemampuan seseorang dalam berbicara bahasa inggris.

Penutup

Cara tes TOEFL online bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam menguasai bahasa Inggris secara akademik. Tes ini cenderung mudah untuk diikuti karena berbasis online yang bisa dilakukan dimanapun tanpa harus mendatangi tempat penyelenggara tes tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi