materi dasar speaking english

Materi Dasar Speaking English

Skill dalam bahasa Inggris dibagi menjadi empat, yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Salah satu skill yang banyak dipelajari adalah speaking. Karena skill ini penting untuk dikuasai, jika berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Jika ingin menguasai skill ini. Maka, sebaiknya ketahui dan pahami materi dasar speaking English terlebih dahulu.

Semua skill dalam bahasa Inggris memang krusial. Namun, speaking ini menjadi yang paling harus dipelajari. Terlebih jika akan menggunakan bahasa Inggris sebagai komunikasi. Dalam speaking, yang dibutuhkan bukan hanya materi saja, tetapi praktiknya pula. Karena skill speaking akan sulit berkembang, jika tidak diiringi dengan praktik atau latihan.

Materi Dasar Speaking English

Saat akan mempelajari materi speaking, sebaiknya mulai terlebih dahulu dari yang dasarnya. Misalnya mulai dari perkenalan diri sendiri, bertanya kabar, dan sebagainya. Materi tersebut menjadi ungkapan pembuka yang dapat diucapkan ketika berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Belajar berbicara bahasa Inggris bisa kamu lakukan dengan bergabung dalam kelas bahasa Inggris di ICAN English. Kamu akan dipandu oleh tutor berpengalaman agar kemampuan berbicara kamu semakin meningkat.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa materi dasarnya di bawah ini!

Baca Juga:
Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

1. Materi Perkenalan Diri (Introduce Yourself)

Materi dasar speaking English yang harus dipelajari adalah terkait perkenalan diri atau introduce yourself. Materi ini biasanya yang paling awal dipelajari di sekolah formal. Sama halnya seperti dalam bahasa Indonesia, percakapan biasanya diawali dengan memperkenalkan diri. Khususnya ketika bertemu dengan orang baru atau sedang berkenalan dengan seseorang.

Dalam bahasa Inggris, cara introducing adalah menggunakan kalimat let me to introduce myself (izinkan saya memperkenalkan diri sendiri). Lalu, kamu dapat langsung menyebutkan nama, misalnya adalah my name is Rara (nama saya adalah Rara). Selain itu, kamu dapat menambahkan informasi lain, seperti you can call me Ra (kamu dapat memanggil saya Ra).

2. Materi Greeting (Sapaan)

Apabila percakapan atau komunikasi dilakukan dengan orang yang sudah kenal. Maka, tidak perlu mengenalkan diri lagi. Namun, tetap harus diawali dengan sapaan. Seperti dalam bahasa Indonesia, saat berjumpa dengan orang lain tentunya harus menyapa. Sehingga, materi dasar berikutnya yang dipelajari adalah terkait sapaan atau greeting.

Dalam bahasa Inggris, kata sapaan yang singkat bisa menggunakan hi atau hello. Selain itu, kamu dapat mengucapkan sesuai waktu, misalnya good morning, good afternoon, dan good evening. Jika bertemu dengan orang baru, setelah memperkenalkan diri kamu dapat mengucapkan nice to meet you. Apabila akan berpisah, dapat mengucapkan good bye.

3. Materi Mengungkapkan Perasaan atau Expressing Feelings

Materi dasar speaking English berikutnya adalah mengungkapkan perasaan. Perasaan yang diungkapkan dapat berupa kegembiraan, sedih, dan sebagainya. Selain mengungkapkan perasaan, kamu dapat menanyakannya pula kepada lawan bicara. Untuk mengungkapkan bahwa kamu sedang bergembira, ucapkanlah I am happy (saya gembira).

Kamu dapat pula menambahkan so atau very, untuk mengungkapkan sangat gembira. Misalnya adalah I am very happy (saya sangat gembira). Lalu, kamu dapat pula menanyakan perasaan atau keadaan seseorang. Misalnya dengan menggunakan kalimat how do you feel right now (bagaimana perasaanmu sekarang) atau how are you today? (apa kabar kamu sekarang?).

4. Materi untuk Menggunakan Preposisi in/at/on

Dalam speaking bahasa Inggris, biasanya terdapat pula percakapan yang mengharuskan kamu menyebutkan posisi. Posisi yang dimaksud dapat berupa tempat. Dalam bahasa Inggris, terdapat preposisi in, at, dan on. Preposisi in digunakan untuk memberitahu ketika berada di bangunan, ruangan, atau lokasi fisik. Misalnya I am in a room (saya ada di sebuah ruangan).

Lalu, adapun preposisi at yang digunakan untuk memberitahukan lokasi kamu pada saat ini. At biasanya digunakan untuk memberitahukan lokasi yang lebih umum. Misalnya adalah i am at the school (saya ada di sekolah). Terakhir adalah on, yaitu untuk lokasi non fisik. Misalnya adalah I am on a sit (saya sedang duduk) dan she is on the phone (dia sedang menelpon).

Baca Juga:
Cara Lancar Speaking English

5. Materi untuk Penggunaan Subjek + Kata Kerja dan To Be

Untuk mengungkapkan sesuatu, biasanya harus diucapkan melalui subjek + kata kerja atau verb. Sehingga, materi dasar speaking English berikutnya adalah untuk penggunaan subjek + kata kerja. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa Inggris, kalimat akan kurang tepat tanpa adanya subjek dan kata kerja. Begitupun dalam ungkapan di skill speaking.

Selain itu, adapun to be yang harus ada dalam ungkapan bahasa Inggris. Untuk subjek I, biasanya akan didampingi to be am. Misalnya adalah I am drink too much (saya minum terlalu banyak. Lalu, untuk subjek you, they, dan we, to be yang digunakan adalah are. Sedangkan untuk subjek she, is, atau it, to be yang digunakan adalah is.

Materi dasar speaking English merupakan hal utama yang harus dipelajari. Khususnya ketika kamu akan mempelajari speaking dalam bahasa Inggris. Dengan mengetahui dasarnya, kamu tidak akan kesulitan untuk mempelajari materinya lebih jauh. Sehingga, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pun akan semakin baik dan meningkat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web