trik sukses belajar ielts mandiri

Trik Sukses Belajar IELTS Mandiri

Ketika kamu berencana untuk kuliah di luar negeri, beberapa institusi pendidikan tinggi membutuhkan skor IELTS sebagai syarat masuk universitas. Sebelum mengambil tes, kamu harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Belajar IELTS mandiri juga bisa kamu lakukan dengan menerapkan beberapa tips di bawah ini.

3 Tips Belajar IELTS di Rumah

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tips terbaik untuk belajar IELTS secara mandiri di rumah dan apa yang perlu kamu persiapkan untuk ujian. Jadi, jika ingin mendapatkan nilai IELTS yang maksimal, kamu harus menerapkan beberapa trik berikut ini.

1. Pahami Struktur Soal IELTS

Ketika kamu belum familiar dengan IELTS, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meneliti dan mempelajarinya. Cambridge IELTS Students Books adalah referensi yang bagus untuk kamu yang ingin belajar di rumah. Buku ini menghadirkan pertanyaan ujian IELTS sebelumnya dan bisa jadi rekomendasi yang sangat bagus untuk kamu pelajari.

Di sini, kamu hanya dapat membaca sekilas pertanyaan dan membiasakan diri dengan tes IELTS. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada dalam soal IELTS.

Baca Juga : Bisakah Belajar IELTS Sendiri?

2. Kenali Aksen yang Berbeda dalam Sesi Listening

Menurut British Council, peserta akan mendengar berbagai aksen dalam tes Listening. Artinya, kamu perlu menyesuaikan diri dengan aksen khas Inggris seperti Inggris, Amerika, Kanada, atau Australia.

Kamu cukup mendengarkan rekaman audio IELTS selama sebulan. Dengan begitu, kamu dapat familiar atau cukup mengenal semua aksen yang ada dalam soal IELTS. Semua aksen mudah dipahami jika kamu sudah mengenalnya terlebih dahulu.

3. Perhatikan Keterampilan Menulis Anda

Memiliki banyak ide tidak cukup dalam tes menulis IELTS, tetapi kamu perlu memperhatikan strukturnya. Berikut adalah struktur yang perlu kamu ikuti:

  • Pengantar
  • Paragraf Pertama – Ide pokok, alasan, contoh.
  • Paragraf Kedua- Gagasan utama, alasan, contoh.
  • Kesimpulan.

Kamu harus berlatih menulis dengan menulis setidaknya 20 – 30 esai untuk memahami format ini. Strukturnya memiliki kesamaan dengan struktur esai.

Baca Juga : Kisaran Biaya Tes IELTS Yang Murah

Daftar Buku untuk Belajar IELTS

Selain bergabung dalam kursus persiapan IELTS, kamu juga bisa membaca beberapa buku ini di rumah.

  • The Official Cambridge Guide to IELTS: Buku ini memberikan berbagai petunjuk, saran, dan petunjuk untuk mengerjakan ujian dengan baik.
  • Road to IELTS: Ini adalah kursus interaktif 100% yang tersedia online (dengan makalah latihan, video tutorial, dan banyak lagi).
  • IELTS Trainer: Buku ini memiliki enam modul tes dan saran langkah demi langkah pada dua makalah pertama. Buku ini cukup lengkap untuk dipelajari, terutama untuk kamu yang pemula.

Pada akhirnya, kamu harus memulai persiapannya sedini mungkin dan lakukan dengan percaya diri. Untuk itu merujuk pada buku-buku bagus adalah suatu keharusan, dan pada kenyataannya, buku-buku ini tidak pernah ketinggalan zaman bahkan di hadapan teknologi saat ini.

Membaca buku juga bisa menjadi cara yang menyenangkan ketika kamu belajar bahasa Inggris. Bahasa yang sederhana dan materi yang dapat dimengerti menjadi poin penting mengapa kamu perlu memilihnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi