Ketahui apa saja cara cepat belajar TOEFL sendiri

Cara Cepat Belajar TOEFL Sendiri

Des 10, 2021 | TOEFL

Jika kamu berencana untuk kuliah di universitas di negara berbahasa Inggris, kemungkinan besar kamu harus mengikuti tes TOEFL sebagai salah satu syarat pendaftaran. Mengambil tes TOEFL menjadi pengalaman yang menegangkan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara cepat belajar TOEFL sendiri sebagai upaya mempersiapkan diri.

Dalam tes ini, kamu perlu mendapatkan skor tertentu. Bahkan, ada banyak orang yang mengikuti tes berulang kali demi mendapatkan skor yang dibutuhkan. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan diri secara maksimal untuk dapat mengikuti TOEFL dengan lebih lancar.

Cara Belajar TOEFL Secara Mandiri

Mulai mempersiapkan diri untuk TOEFL jauh sebelum tes dimulai adalah cara terbaik untuk mengurangi tingkat stress dan mendapatkan skor yang dibutuhkan. Mengetahui cara cepat belajar TOEFL sendiri akan memudahkan kamu mempersiapkan diri kapan pun dan di manapun. Berikut beberapa panduan yang bisa kamu ikuti:

1. Rajin Mencatat

Selama TOEFL, kamu hanya bisa mendengarkan audio sekali saja. Kamu kemudian harus menjawab pertanyaan, berbciara atau menulis tentang topik yang kamu dengar. Karena kamu tidak bisa memutar ulang audio, maka kamu harus mencatat hal penting dengan cepat dan benar.

Berlatihlah membuat catatan dalam bahasa ibu atau bahasa Inggris. Tujuannya adlaah belajar mencatat secara real time, tanpa melewatkan apapun yang dikatakan pembicara. Coba dengarkan klip audio yang berbeda dengan panjang dan tingkat kerumitan yang berbeda pula. Dengarkan ulang dan lihat seberapa akurat catatan yang kamu buat.

Mampu mencatat semua informasi penting secara real time akan sangat membantu dalam tes TOEFL.

2. Tingkatkan Kosakata dengan Membaca

Banyak orang membangun kosakata mereka dengan membaca. Semakin sering kamu membaca, maka semakin banyak kosakata yang kamu kenali. Baca secara luas dan cermat untuk memperluas jangkauan mata pelajaran yang kamu sukai dalam bahasa Inggris.

Kamu tidak pernah tahu mata pelajaran apa yang akan muncul pada tes TOEFL, jadi cara terbaik adalah belajar dan membaca semua mata pelajaran atau topik yang mungkin akan keluar dalam tes tersebut.

3. Dengarkan Audio Berbahasa Inggris

Ada banyak siaran radio atau bahkan podcast yang disiarkan dalam bahasa Inggris. Mendengarkan penutur asli berbicara dengan kecepatan alami mereka akan mengembangkan keterampilan mendengarkan kamu.

Bahkan, kamu bisa mengembangkan keterampilan berbicara dengan memutar ulang audio tersebut dan mencoba meniru pengucapannya. Memahami rekaman audio akan lebih sulit daripada menonton video akrena tidak ada subtitle yang tampil.

Mendengarkan podcast atau siaran radio akan lebih baik untuk melatih pemahaman mendengarkan daripada menonton film atau acara TV.

Selain cara-cara tersebut, kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan TOEFL di ICAN English untuk memahami berbagai materi dan format tes TOEFL. Dengan tutor berpengalaman, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Baca Juga: Aplikasi Tes TOEFL Terbaik di Android

Tips Penting di Hari Tes TOEFL

Saat berkemas untuk ujian, ingatlah bahwa kamu tidak bisa membaca apapun ke dalam ruang ujian kecuali 2 pensil. Bahkan, tidak diperbolehkan membawa kertas ke dalam ruangan. Begitu juga dengan buku, kalkulatir, ponsel, makanan atau minuman.

Semua yang kamu bawa harus ditinggalkan di ruangan terpisah. Jadi, pastikan kamu tidak membaca barang-barang yang terlalu banyak atau barang penting lainnya, selain dompen dan ponsel. Beberapa orang bahkan memutuskan untuk meninggalkan ponsel mereka di rumah demi meminimalisir kehilangan.

Tips lainnya adalah bangun lebih awal. Beri diri kamu sedikit waktu di pagi hari untuk relaksasi sebelum ujian besar ini berlangsung. Ini akan membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan mental untuk ujian.

Kemudian, kamu harus tiba setidaknya 30 menit lebih awal di lokasi ujian. Hindari datang terlambat agar kamu bisa mempersiapkan diri lebih maksimal. Ada istirahat 10 menit setelah dua bagian tes pertama selesai, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk pergi ke toilet.

Persiapkan diri secara maksimal akan membuat kamu lebih rileks saat menjalani tes TOEFL ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH