Cara belajar TOEFL untuk pemula

Cara Belajar TOEFL untuk Pemula

Mar 21, 2022 | TOEFL

Istilah TOEFL sudah banyak diketahui khalayak, khususnya bagi orang-orang yang akan melamar pekerjaan atau pendidikan. Karena saat ini beberapa macam pendaftaran akan membutuhkan sertifikat TOEFL. Bagi pemula, TOEFL mungkin akan terdengar mengerikan. Itulah mengapa terdapat cara belajar TOEFL untuk pemula yang tepat.

Tes TOEFL memang akan cukup berbeda dengan tes bahasa Inggris pada umumnya. Karena pengetahuan bahasa Inggris pada TOEFL ini akan lebih dalam dan detail. Walau begitu, tes TOEFL menjadi sangat penting saat ini. Terlebih bagi kamu yang berniat melakukan studi atau bekerja di luar negeri.

Baca Juga: TIPS BELAJAR TOEFL DARI DASAR

Cara Belajar TOEFL untuk Pemula

Belajar TOEFL dapat dilakukan secara otodidak. Karena saat ini telah banyak media yang dapat digunakan dengan gratis. Misalnya, belajar melalui situs online, video YouTube, dan sebagainya. Aspek terpenting yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan diri sendiri.

Namun, kamu juga bisa bergabung dalam kelas persiapan TOEFL agar mendapatkan bimbingan intensif untuk mempersiapkan diri. Selain itu, terdapat beberapa cara efektif lainnya. Simak penjabarannya di bawah ini!

1. Mulai Mencari Tahu Tentang TOEFL

Sebelum belajar lebih jauh terkait TOEFL, tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu TOEFL, tujuannya, tipe soalnya, dan sebagainya. Apabila tidak mengetahui tujuan dan fungsi TOEFL, maka akan sulit untuk belajar lebih jauh. Karena tidak mengetahui hal-hal yang paling dasarnya terlebih dahulu.

Kamu dapat mencoba untuk mencari tahu informasi TOEFL melalui mesin pencarian Google. Secara umum, TOEFL memiliki 3 tipe tes. Diantaranya adalah listening, structure and written expression, serta reading. Hal yang dibutuhkan dari TOEFL adalah sertifikatnya. Karena sertifikat TOEFL menjadi bukti bahwa kamu sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris.

2. Mencari Perangkat atau Alat Penunjang

Setelah mengetahui informasi TOEFL, cara belajar TOEFL untuk pemula berikutnya adalah dengan mencari alat penunjang. Alat penunjang yang dimaksud misalnya adalah materi-materi TOEFL, alat tulis, dan sebagainya. Buku TOEFL banyak dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Namun, tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya besar. Karena saat ini materi TOEFL sudah dapat diakses di internet. Telah banyak situs dan video YouTube yang menyediakan materi TOEFL secara lengkap.

3. Melatih Semua Skill

Skill yang akan diujikan pada TOEFL adalah listening, structure atau grammar, serta reading. Oleh karena itu, mulailah untuk mengembangkan setiap skill tersebut. Luangkan waktu 2-3 jam dalam satu hari untuk mempelajari masing-masing skill TOEFL tersebut. Misalnya, dalam satu minggu aka nada 6 hari untuk belajar selama 2 jam.

Maka 2 hari pertama diisi dengan latihan listening, 2 hari berikutnya dengan structure, dan 2 hari terakhir dengan reading. Dengan begitu, skill yang ada pada TOEFL dapat dikuasai. Karena semuanya dipelajari secara mendalam dan detail.

4. Latihan Soal

Cara untuk belajar TOEFL yang terakhir adalah dengan melatih diri dengan soal-soal TOEFL. Sama halnya dengan materi TOEFL, soal-soalnya pun dapat diakses secara gratis di beberapa website. Lakukanlah beberapa tes prediksi atau latihan TOEFL.

Karena hal tersebut dapat memperlihatkan sudah di tahap mana kemampuan kamu dalam TOEFL. Karena teori tanpa praktik tentunya tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Maka, luangkanlah pula waktu untuk mengerjakan latihan soal.

Baca Juga: CARA BELAJAR TOEFL YANG EFEKTIF

Hal yang Perlu Dihindari Saat Melakukan Cara Belajar TOEFL untuk Pemula

Dalam proses belajar TOEFL, terdapat beberapa hal yang perlu dihindari. Karena beberapa hal ini akan menyebabkan sulitnya kemampuan otak untuk berkembang. Khususnya dalam mengembangkan skill TOEFL. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Mempelajari Semua Skill dalam Satu Hari

Hal pertama yang perlu dihindari adalah mempelajari skill secara keseluruhan dalam satu hari. Karena hal tersebut dapat menyebabkan otak tidak fokus. Sehingga tidak ada satupun skill yang akan dikuasai dengan baik dan maksimal.

2. Hanya Fokus Pada Materi

Hal berikutnya adalah hanya memokuskan diri pada materi. Hal ini perlu dihindari, karena belajar TOEFL tidak hanya tentang materi. Terdapat beberapa tipe soal yang perlu dipelajari pula. Selain itu, jangan lupa untuk mengisi latihan TOEFL secara rutin.

TOEFL seringkali dianggap menyeramkan oleh beberapa orang. Padahal, terdapat beberapa cara belajar TOEFL untuk pemula yang dapat dilakukan oleh para pemula. Agar lebih siap dalam menghadapi TOEFL dan mendapatkan hasil yang diharapkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

Grammar yang Sering Keluar di TOEFL

TOEFL (test Of English as a Foreign Language) merupakan salah satu bentuk tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Salah satu bentuk soal yang akan muncul dalam TOEFL yakni mengenai grammar. Terdapat berbagai jenis grammar yang sering keluar di TOEFL....

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

Tips dan Trik Agar Lulus Tes TOEFL

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu jenis tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris seseorang. Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Sehingga, penting untuk mencari tahu tips dan trik lulus TOEFL yang bisa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH