cara cepat belajar bahasa inggris di rumah

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Di Rumah

Belajar bahasa Inggris dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan. Beberapa orang lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris di rumah  melalui pembelajaran otodidak. Cara cepat belajar bahasa Inggris  di rumah harus konsisten dan disiplin.

Belajar bahasa Inggris di rumah membuat kamu harus lebih mandiri untuk mencari segala materi pembelajaran mulai materi dasar sampai tingkatan di atasnya. Keuntungan belajar Bahasa Inggris sendiri memang tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, tetapi ada berbagai macam tantangan yang harus kamu lewati tanpa bantuan seorang tutor atau guru bahasa Inggris.

Cara Untuk Belajar Bahasa Inggris di Rumah Yang Mudah

Apabila kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris di rumah, cobalah lakukan beberapa kebiasaan berikut sehingga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. 

Baca Juga:
Short Movie Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

Sering Mendengarkan Musik dan Tulis Kosakata Baru

Langkah pertama kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik berbahasa Inggris dan tulis setiap kosakata baru yang ditemukan. Kegiatan tersebut memang sederhana tetapi bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan melatih kecakapan bahasa Inggris. 

Pilih dan dengarkan lagu favorit, cobalah untuk menulis liriknya apalagi jika kamu menemukan kosakata baru. Coba hafalkan kosakata baru tersebut dan gunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk dipraktekkan. 

Nonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Selanjutnya kamu bisa menonton film dengan menggunakan bahasa Inggris tanpa bantuan subtitle. Bagi para pemula mungkin akan kesulitan untuk mengikuti semua kosa kata yang diucapkan oleh pemeran dalam film. Tetapi kamu bisa menggunakan bantuan subtitle berbahasa Inggris.

Masih sama, pastikan kamu menulis semua kosakata baru dalam bahasa Inggris. Kamu juga dapat mengikuti bagaimana pemeran dalam film tersebut melafalkan tiap kosakata dengan baik. Cara ini terbukti efektif loh untuk membantu belajar bahasa Inggris di rumah.

Rajin Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan writing, kamu harus menyisakan waktu agar dapat menulis dalam menggunakan bahasa Inggris. Sederhananya, kamu bisa mencoba untuk menulis buku harian tetapi menggunakan bahasa Inggris. Perlahan-lahan kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris termasuk memperhatikan berbagai macam aturan seperti grammar.

Kamu juga bisa menulis dengan menggunakan berbagai macam kosakata baru yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Dengan begitu daya ingat setiap kosakata dalam penggunaan bahasa Inggris akan semakin kuat. 

Siapkan Kamus Bahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa Inggris di rumah juga harus dibantu dengan adanya kamus. Setiap orang yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris harus memiliki kamus di rumah. Kamus tersebut sangat membantu ketika kamu belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan arti dari kosakata baru yang ditemui. 

Misalnya, kamu menemukan beberapa kosakata baru dari menonton film. Segera catat kosakata tersebut dan temukan arti menggunakan kamus bahasa Inggris. Biasanya di kamus bahasa Inggris ini ada beberapa contoh penggunaan kata tersebut dalam sebuah kalimat. Kamu juga bisa menulis kalimat tersebut agar lebih mudah mengaplikasikan.

Baca Juga:
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Online

Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Saat ini jaman Serba canggih, proses pembelajaran bahasa Inggris juga dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa Inggris dari smartphone. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa belajar bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja.

Ada banyak aplikasi gratis yang akan membantu kamu belajar bahasa Inggris, bahkan belajar tentang grammar. Jadi kemampuan kamu akan semakin meningkat.

Latihan Bicara Di Depan Cermin

Tips selanjutnya bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Inggris di rumah adalah berbicara didepan cermin. Kamu sudah mendapatkan beberapa kosakata dari mendengarkan musik atau menonton film dalam bahasa Inggris. Kini saatnya mengaplikasikan semua kosakata tersebut untuk dipraktekkan dalam kata-kata.

Sebaiknya ajak teman, keluarga, atau orang terdekat untuk berbicara bahasa Inggris. Sehingga kemampuan kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris semakin meningkat. Namun, jika kamu tidak memiliki teman untuk berbicara, maka dapat mempraktekkan menggunakan cermin ya. Bicara sendiri di depan cermin juga bisa meningkatkan rasa percaya diri loh dalam menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga:
Cara Cepat Hafal Bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah

Apabila beberapa tips belajar bahasa Inggris di rumah ternyata sulit untuk diaplikasikan, maka kamu bisa belajar menggunakan bantuan kursus bahasa Inggris. Saat ini banyak kursus bahasa Inggris berkualitas yang bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Sebaiknya pilih tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan metode pembelajaran menyenangkan, sehingga proses pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa mencoba bergabung dengan ICAN English. Tempat kursus tersebut memiliki kualitas terbaik dengan metode belajar yang nyaman.

Melalui lembaga kursus bahasa Inggris tersebut, kamu dapat meningkatkan kemampuan speaking, listening, writing, memahami grammar dengan baik, dan masih banyak yang lainnya. Ada banyak kelas yang tersedia, mulai dari pemula sampai tingkatan diatasnya. Tertarik untuk bergabung?

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi