Cara cepat hafal bahasa Inggris

Cara Cepat Hafal Bahasa Inggris

Jan 21, 2022 | Bahasa Inggris

Cara cepat hafal bahasa Inggris menjadi tantangan terbesar bagi para pemula. Belajar kosakata atau vocabullery adalah bagian paling wajib. Kamu tidak bisa memulai pelajaran bahasa Inggris jika tidak menghafalkan beberapa kosakata. Dalam satu hari cobalah untuk menghafal 30 kosakata beserta dengan kalimatnya.

Kosakata bahasa Inggris biasanya disebut vocabullery merupakan elemen dasar yang sangat penting untuk dipelajari. Kamu akan mengalami kesulitan ketika menggunakan bahasa tanpa memiliki kemampuan menghafalkan kosakata. 

Baca Juga:

TIPS BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Tips Menghafal Kosakata dalam Bahasa Inggris

Karena kosakata adalah bagian penting yang harus dipelajari, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menghafal kosakata lebih mudah. 

Menggunakan Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi. Saat ini untuk menghafal berbagai macam kosakata dalam bahasa Inggris yang didukung oleh berbagai macam games di handphone loh. Ada games Vocabulary English Card  yang merupakan aplikasi untuk membantu menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Selain itu, masih ada Fluent U, Vocabulary Builder, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menentukan aplikasi mana yang dirasa cocok dan silahkan di unduh di Smartphone. Karena berada di smartphone dan berupa aplikasi, kamu bisa sering menggunakannya untuk menambah hafalan kosakata dalam bahasa Inggris ya.

Menggunakan Cara Mnemonic

Metode mnemonic merupakan cara pembelajaran untuk mengingat kosakata dengan membuat sebuah asosiasi akronim dari kata-kata tersebut. Jadi kamu hanya perlu untuk menggabungkan kata-kata yang memiliki hubungan. Dengan menggunakan metode ini kamu bisa lebih Ih pintar dan menciptakan hal-hal kreatif.

Cobalah untuk melakukan metode mnemonic setiap hari secara rutin dalam proses belajar bahasa Inggris. Dengan asosiasi maupun akronim bisa membantu kamu untuk memudahkan mengingat kata-kata yang muncul. Kemudian kamu bisa membuat akronim, seperti STORE untuk mewakili kata strawberry, olives, rice, dan lain sebagainya.

Membuat Gambar atau Visual

Langkah selanjutnya kamu bisa membuat sebuah gambar visual. Teknik atau metode tersebut sangat membantu untuk menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memulai mencatat berbagai macam kosakata persamaan dengan pengertian dan definisi dalam sebuah buku catatan.

Setelah itu, cobalah untuk menambahkan gambaran yang menyimbolkan arti dari kosakata tersebut. Jika kamu mampu mengekspresikan diri secara artistik, cobalah untuk membuat Storyboard dengan Visual yang bisa dijadikan solusi untuk menghafal kosakata. 

Dari semua catatan yang sudah dibuat kamu akan lebih mudah untuk mempelajari materi tersebut, sehingga tertanam dalam memori otak. Kamu juga bisa membuat sebuah cerita dengan bentuk narasi yang menggabungkan dari beberapa kosakata baru maupun lama.

Membuat Flash Cards

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghafal materi kosakata dalam bahasa Inggris dengan membuat Flash Cards. Flash Card adalah cara paling populer untuk dipraktekkan. Dalam proses pembuatannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengambil secarik kertas dengan ukuran kartu nama, kemudian buatlah Flash Card sendiri.

Kamu juga bisa menuliskan arti dari masing-masing kosakata di balik kartu tersebut. Jika tidak ingin membuat Flash Card, kamu bisa mengunduh melalui berbagai macam website secara gratis atau membelinya di toko online.

Baca Juga:

KOSAKATA BAHASA INGGRIS YANG WAJIB DIHAFAL

Membuat Catatan Kecil

Acara selanjutnya kamu bisa juga membuat catatan kecil yang sering digunakan untuk mempelajari kosakata. Dengan membuat catatan kecil bisa menjadi cara tradisional yang tergolong sederhana. Namun cara tersebut juga efektif bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha kata bahasa Inggris lebih cepat.

Caranya sangat sederhana, telah menonton film bahasa Inggris atau mendengarkan lagu bahasa Inggris cobalah untuk membuat daftar kosakata baru yang ditemui. Setelah itu Carilah definisi dari kosakata tersebut. Dengan begitu akan semakin mudah untuk menghafal semua kosakata dalam bahasa Inggris.

Tips menghafal kosakata bahasa Inggris bisa dilakukan oleh semua orang. Melalui cara cepat hafal bahasa Inggris tersebut bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan. Tanpa menghafal kosakata, proses belajar bahasa Inggris kamu pasti  tidak akan lancar sebab hal tersebut adalah materi paling dasar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH