Cara Cepat Membaca Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Cepat Membaca Bahasa Inggris untuk Pemula

Pelajar universitas seringkali sibuk dan memiliki waktu singkat. Saat harus membaca teks yang panjang, kamu mungkin sudah merasa enggan untuk membacanya hingga paragraf akhir. Padahal, ada beberapa cara cepat membaca Bahasa Inggris untuk pemula tanpa kesulitan memahaminya.

Apalagi saat ini, teknologi membuat segalanya terasa lebih mudah. Internet bisa membuat kamu lebih mudah menguasai Bahasa Inggris dari berbagai sumber, mulai dari: eBook, aplikasi game, video-video pembelajaran di YouTube, dan masih banyak lainnya.

Tips Belajar Membaca Bahasa Inggris Cepat

Berikut adalah beberapa cara cepat membaca Bahasa Inggris untuk pemula:

Belajar kosakata akademik yang sering digunakan

Semakin banyak kosakata yang kamu ketahui, semakin mudah untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mendownload aplikasi flashcard, belajar preposisi, dan mempelajari maknanya. Cara ini membantu supaya kamu bisa mempercepat waktu dalam memahami bacaan.

Baca lantang di awal

Cara yang satu ini tergolong aneh, karena banyak yang merasa membaca lantang hanya akan memperlambat bacaan. Cara ini juga kurang praktis terutama jika kamu berada di kelas atau di perpustakaan. Ketika kamu membaca lantang di awal,  jadikan teknik ini sebagai awal untuk mengembangkan keterampilan reading level pendidikan di perguruan tinggi.

Akan lebih mudah memahami kosakata tertulis jika kamu bisa “mendengar” di dalam kepala. Hal ini akan memberikan pemahaman lebih dalam tentang kosakata bahasa Inggris baru, dan belajar mendengarkan suara sendiri, sambil latihan mengucapkannya.

Dengan melakukan teknik ini, kamu akan lebih lancar membaca tulisan bahasa Inggris. Jika kamu sudah mampu menggunakan teknik ini untuk meningkatkan kecepatan membaca, maka kamu bisa kembali ke teknik membaca hening (silent reading).

Latihan membaca aktif

Ketika belajar active reading, kamu harus mencari makna bacaan. Cobalah untuk mengidentifikasi keyword atau kata kunci yang paling penting dalam bacaan. Selanjutnya, cari tahu apa topik kalimat dan poin penting yang ditambahkan pada setiap paragraf.

Perhatikan signal words yang menunjukkan adanya peralihan topik atau pengenalan ide baru. Signal language yaitu kata atau frasa seperti “on the other hand”, “this is because”, dan masih banyak lainnya.

Kamu bisa bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan penting tentang bacaan tersebut. Misalnya, tanyakan mengapa teks ini bisa ditulis, apa tujuan teks tersebut, apa tujuan penulis, dan bagaimana penulis mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Active reading adalah sesuatu yang mungkin kamu lakukan dalam bahasa Ibu tanpa berpikir. Ketika kamu melakukan active reading dalam bahasa Inggris, seringnya justru menjadi passive reading.

Kamu hanya melihat teks, satu-per-satu kata atau satu-per-satu kalimat. Pendekatan ini dianggap kurang aktif dan membuat kamu membuang waktu untuk kata yang tidak penting. Sehingga, kamu jadi tidak mempelajari makna bacaan sebenarnya.

Teknik skimming

Mempelajari teknik skimming sangat berguna ketika kamu harus membaca bacaan pada saat diskusi kelas. Teknik ini juga berguna untuk mencari ide pokok saat kamu hanya mempunyai waktu sedikit untuk memahami sebuah bacaan.

Untuk melakukan teknik skimming, lihat topik kalimat dalam setiap paragraf dan detail yang mendukung kalimat tersebut. Identifikasi detail tersebut dengan fokus pada “content words”, kata benda, kata kerja, kata sifat, dan keterangan dalam bacaan. Ketika membaca dengan teknik skimming, kamu bisa melewati beberapa grammar seperti pronouns, determiner, dan prepositions.

Teknik Scanning

Jika skimming adalah versi active reading yang lebih cepat, maka scanning adalah versi skimming lebih cepat. Ketika menggunakan teknik scanning, kamu dapat mencari informasi yang lebih spesifik saja. Metode membaca cepat ini sangat berguna ketika kamu harus menjawab pertanyaan reading yang komprehensif.

Baca Juga: Tips Latihan Membaca Bahasa Inggris

Pentingnya Belajar Speed Reading untuk Pemula

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara cepat membaca Bahasa Inggris untuk pemula. Dengan kemampuan membaca cepat, akan membantu menghemat waktu, dan meningkatkan keterampilan mengatur waktu.

Benefit lainnya dari kemampuan membaca dengan cepat adalah meningkatkan daya ingat dan berpikir logis. Otak kamu akan terbiasa memproses informasi lebih cepat.

Ingin meningkatkan keterampilan membaca cepat dalam Bahasa Inggris? Biasakan berlatih bahasa Inggris khususnya reading di ICAN English! Kami menawarkan kursus Bahasa Inggris yang membuat kamu menguasai Bahasa asing ini dengan lebih percaya diri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web