Latihan membaca bahasa Inggris

Tips Latihan Membaca Bahasa Inggris

Jun 14, 2022 | Bahasa Inggris

Latihan membaca bahasa inggris harus dilakukan dengan benar agar hasil belajar jadi maksimal. Sebagai pemula dengan kemampuan Bahasa inggris menengah dan vocabulary yang masih minim, latihan membaca sangat disarankan.

Kalau membaca bukanlah sebuah hobi, maka akan sangat sulit memahami apa maksud dari teks yang kamu baca. Untuk itu, ICAN English sebagai lembaga penyedia kursus Bahasa Inggris memberikan beberapa saran bagaimana supaya kamu bisa berlatih membaca Bahasa inggris dengan efektif.

Baca Juga: TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS DARI BASIC

Cara Belajar Membaca Bahasa Inggris Bagi Pemula

Ada beberapa metode terbaik untuk latihan membaca bahasa inggris bagi pemula, sebagaimana berikut:

1. Luangkan Waktu untuk Membaca

Membaca untuk bersenang-senang tentu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, kamu bisa mulai mengganti bacaan bahasa Indonesia dengan menggunakan bacaan berbahasa Inggris. Tidak harus bacaan yang berat-berat, mulai dari bacaan yang sederhana seperti dongeng anak-anak atau novel berbahasa Inggris. 

Kamu bisa membaca buku yang menyenangkan dimana saja dan kapan saja loh. Jadi kamu bisa meluangkan waktu setiap hari untuk membaca sehingga bisa meningkatkan pemahaman terhadap bahasa Inggris. Jadi perlu waktu khusus untuk latihan membaca dalam bahasa Inggris. 

Meluangkan waktu untuk membaca akan memberikan kamu fokus dan dan bisa membantu menghindari risiko gangguan. Kamu bisa mencoba menghabiskan waktu 30 menit setiap hari untuk membaca dalam bahasa Inggris.

2. Belajar Dari Bacaan yang Kamu Suka

Banyak pelajar mengurungkan diri untuk membiasakan membaca Bahasa inggris karena bingung menentukan apa yang ingin mereka baca. Padahal, kamu bisa memulai dari apa yang kamu suka.

Contoh, kalau kamu suka membaca cerita, maka carilah cerita atau mini story dalam Bahasa inggris yang menggunakan kalimat sederhana. Atau, kalau kamu suka mendengarkan lagu, maka cobalah mencari lirik lagu Bahasa inggris untuk kegiatan membaca. Cara lainnya yaitu dengan membaca komik, membaca puisi, membaca dialog, atau tulisan dengan banyak gambar lainnya.

Sehingga, apa yang kamu lakukan adalah terbiasa membaca dari hal-hal yang menyenangkan. Belajar tanpa adanya paksaan akan membuat kamu jadi lebih mudah menerapkannya secara konsisten setiap hari. Jika kamu tidak yakin mulai dari mana, maka bisa dengan cara mencari rekomendasi buku bahasa Inggris yang cocok bagi para pemula. Jika kamu suka kata-kata yang sederhana dan tidak terlalu berat, kamu juga bisa memilih dongeng anak-anak yang tidak terlalu panjang dan penggunaan kata bahasa Inggris juga sederhana.

3. Baca Topik Beragam

Jika kamu sudah menemukan apa topik bacaan yang kamu sukai, cobalah untuk menelusuri lebih banyak tulisan juga artikel terkait topik-topik tersebut. Jangan hanya fokus untuk satu topik saja. Semakin banyak topik yang kamu eksplor, maka semakin banyak pula bacaan dan pengetahuan Bahasa inggris yang kamu terima.

Kosakata yang kamu temukan juga lebih beragam. Misalnya, kamu suka membaca novel, maka akan menemukan berbagai kosakata yang berhubungan dengan percakapan sehari-hari. Jika kamu membiasakan diri membaca berita atau artikel, maka kamu bisa mempelajari kosakata yang sering muncul pada hal-hal faktual.

Baca Juga: TIPS DASAR BELAJAR BAHASA INGGRIS

Mengapa Harus Membaca Bahasa Inggris

Persentase minat baca masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah. Padahal kebiasaan membaca membawa banyak manfaat, terlebih dalam Bahasa inggris.

Membaca adalah sebuah kegiatan personal, yaitu melibatkan kemauan diri sendiri. Banyak orang beranggapan bahwa membaca adalah hal yang membosankan, mahal, tidak ada waktu, atau bahkan mereka tidak ingin melihat huruf banyak-banyak.

Ada beberapa manfaat dari latihan membaca bahasa inggris. Selain untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, kamu juga dapat mengurangi rasa stress, dan membaca adalah relaksasi, seperti contoh kamu bisa membaca buku motivasi jika ingin menenangkan suasana hati.

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan membaca melalui latihan intensif, ICAN English menawarkan kursus Bahasa Inggris secara intensif. Tidak hanya skill membaca Bahasa inggris saja yang dapat kamu tingkatkan, tetapi juga kemampuan Bahasa inggris lainnya. Pemula juga dapat belajar dari nol di kelas kami, bersama para tutor profesional.

Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin tinggi kosakata yang kamu miliki. Dari kegiatan membaca, kamu bisa berbicara di depan umum untuk kepentingan apapun secara fasih, dan dapat memilih kata dalam kalimat yang enak didengar. Kebiasaan membaca juga akan meningkatkan rasa percaya diri, karena terbukanya wawasan yang lebih luas dari informasi yang kamu terima saat membaca bacaan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH