Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Cara Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Cara cepat menguasai bahasa Inggris untuk beberapa orang terkadang susah dilakukan. Hal ini mengingat kemampuan setiap orang sangat berbeda-beda. Apalagi ketika kamu harus mempelajari struktur bahasa (grammar). Terdapat banyak aturan dalam grammar, termasuk pengecualian pada konteks yang ditentukan. Ada banyak cara belajar bahasa dengan cepat, yaitu memastikan sesuai dengan gaya belajar. 

Pintar bahasa Inggris akan memberikan manfaat sangat banyak untuk kamu. Ketika memilih berkuliah di luar negeri, akan mudah berkomunikasi dengan orang asing.

10 Cara Menguasai Bahasa Inggris dengan Cepat

Jika kamu belum menguasai bahasa Inggris, ada banyak cara yang bisa kamu pilih. Cara cepat menguasai bahasa Inggris, yaitu:

1. Tidak takut melakukan kesalahan

Takut melakukan kesalahan pada saat proses belajar bahasa Inggris akan menghambat langkah keberhasilan. Pada saat belajar bahasa Inggris, kamu akan praktek pelafalan. Namun, terkadang karena takut salah, kamu tidak berani mencobanya. Inilah yang membuat kamu tidak akan pernah bisa bahasa Inggris. Bahasa Inggris harus lebih banyak praktek daripada teori. 

Jika kamu terus takut dalam belajar bahasa Inggris, kamu akan kehilangan banyak kesempatan, termasuk memperoleh beasiswa kuliah di luar negeri. Kesempatan kerja di luar negeri menjadi sangat tidak mungkin buat kamu, karena tidak mempunyai keahlian bahasa Inggris. 

Belajar bahasa Inggris dengan memilih metode yang tepat dan mengurangi rasa takut akan membuat kamu lebih cepat menguasai bahasa asing. Wajar jika kamu mengalami kesalahan, karena kamu sedang proses belajar. Kesalahan juga harus dilakukan, supaya kamu paham penggunaan Bahasa Inggris yang tepat.

2. Menggunakan alat bantu visual

Belajar bahasa Inggris dengan metode membaca buku saja akan membuat kamu merasa bosan. Cara cepat menguasai bahasa Inggris agar lebih efektif adalah menggunakan alat bantu visual contohnya poster ataupun flashcard. 

Flashcard yaitu sebuah kartu yang berisi kosakata dengan kategori tertentu. Misalnya, flashcard mengenai warna, binatang, makanan dan masih banyak lainnya. Belajar bahasa Inggris menjadi lebih menyenangkan dan cepat menghafal kosakata. Kamu bisa membuat flashcard versi kamu maupun membelinya di toko.

3. Belajar dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris yang tidak membuat kamu bosan adalah mendengarkan lagu favorit kamu. Dengan cara ini, kamu bisa belajar mendengarkan dan melafalkan bahasa Inggris sekaligus. Kamu akan banyak menemukan vocabulary, sehingga lebih cepat mahir bahasa Inggris.

4. Menonton film Hollywood

Siapa yang tidak suka menonton film? Pasti banyak orang yang suka menonton film hingga berjam-jam. Ternyata cara ini bisa kamu pilih sebagai metode belajar bahasa Inggris yang sangat menyenangkan. Kamu akan membaca kosakata, lalu mendengarkan pelafalan dari pemeran film. Selanjutnya, kamu dapat menirukan pelafalannya. 

5. Membaca buku yang berbahasa Inggris

Pilih bacaan yang kamu suka agar kegiatan belajar bahasa Inggris tidak membosankan. Pada saat membaca, kamu akan banyak menemukan vocabulary baru dan belajar penerapan grammar pada kalimat. Otak jadi lebih banyak mengingat kosakata, dan mulut akan melafalkan. Selain itu, kamu dapat menggunakan daya ingat dari membaca dirubah dengan latihan menulis kosakata.

6. Mendengarkan podcast berbahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, kamu bisa mencoba sering menonton podcast. Kamu bisa mencontoh pelafalan dan bagaimana menggunakan grammar yang baik. Fasih berbahasa Inggris dapat dilakukan dengan metode yang menyenangkan.

7. Sering berbicara menggunakan bahasa Inggris

Jika metode di atas sudah kamu pelajari, maka selanjutnya kamu bisa mempraktekkannya. Cobalah latihan berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar kamu lebih fasih dalam pelafalannya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi perekam suara pada saat berlatih. Putar rekaman untuk menilai apakah kamu sudah benar dalam berbicara bahasa Inggris. Lakukan secara terus menerus sampai kamu lancar berbicara bahasa Inggris.

8. Berpikir dalam bahasa Inggris 

Cara agar kamu dapat terbiasa berpikir menggunakan bahasa Inggris yaitu sering mengucapkan sesuatu menggunakan bahasa Inggris. Ketika melihat benda di sekitar, sebut menggunakan bahasa Inggris, contohnya dompet “wallet”, dompetku “my wallet”. Lakukan secara spontan meskipun belum begitu fasih dan masih belum tepat grammarnya. 

9. Belajar bersama orang lain

Belajar bahasa Inggris sendiri membuat kamu bosan, carilah teman yang pandai bahasa Inggris agar dapat membantu kamu. Kamu juga bisa menggunakan platform yang menyediakan aplikasi percakapan. Sehingga, kamu dapat berkomunikasi dengan penutur asli dalam bahasa Inggris.

10. Pakai kalimat sederhana terlebih dulu

Untuk pemula, cara cepat menguasai bahasa Inggris adalah menggunakan kalimat sederhana pada saat belajar menulis dan berbicara. Jika sudah lancar dengan kalimat yang sederhana, maka dapat dilanjutkan dengan memilih kalimat rumit. 

Baca Juga:
Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Pelajar

Belajar Bahasa Inggris Cepat di ICAN English!

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara cepat menguasai Bahasa Inggris. Jika kamu kebingungan untuk memulai belajar darimana, dan butuh fasih berbahasa Inggris dalam waktu dekat, cobalah ikut kursus Bahasa Inggris ICAN English!

ICAN English sebagai platform pendidikan banyak menyediakan program persiapan untuk siswa dan profesional yang ingin kuliah di luar negeri. Kami sudah membantu ribuan siswa Indonesia agar bisa Bahasa Inggris dengan fasih untuk kuliah maupun kerja di luar negeri.

Buat pengalaman belajar kamu terasa lebih menyenangkan. Jangan pernah memaksakan diri untuk belajar secara otodidak, kalau kamu punya seabrek kesibukan. Bantuan tutor di kelas kami akan membuat perjalanan kamu dalam belajar Bahasa Inggris terasa lebih mudah karena mendapatkan dukungan penuh!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web