cara dapatkan score 79+ di pte writing

Cara Dapatkan Score 79+ di PTE Writing

The Pearson Test of English (PTE) dan PTE-Academic merupakan tes untuk mengetahui kecakapan bahasa Inggris dengan basis komputer untuk para kandidat yang ingin menetap atau belajar di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

Bagi yang belum tahu, PTE  merupakan pelopor tes bahasa Inggris dengan basis komputer untuk keperluan studi di luar negeri dan menyelesaikan persyaratan imigrasi. Tes yang satu ini bisa memberikan hasil yang cepat,  akurat,  serta objektif dalam 5 hari kerja saja.

Ada beberapa sesi yang digunakan dalam tes PTE, mulai dari speaking, listening, writing, dan reading. Writing dalam PTE menjadi salah satu sesi yang cukup sulit sebab peserta akan diuji dengan menggunakan kemampuan ini dalam berkomunikasi. 

Cara Mendapatkan Skor 79+ di PTE Writing Score

Sesi writing dalam tes PTE,  biasanya kamu akan diminta untuk membuat modul dan banyak pelajar yang merasa bahwa sesi ini cukup menantang. Jadi untuk bagian writing akan melibatkan kemampuan kamu dalam menggunakan struktur kalimat  bahasa Inggris yang dibangun dengan baik, kohesif, dan koheren. 

Ada dua bagian dalam penulisan ujian PTE  untuk kamu dalam memahami tugas yang diberikan. Jika ingin mendapatkan skor 79+ dalam sesi writing, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan beberapa hal berikut;

Terus Pertahankan Kesederhanaan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mempertahankan kesederhanaan dengan memperhatikan poin pada topik. Untuk kedua kasus di sesi writing, pastikan kamu tetap pada topik. Ada berbagai macam poin-poin penting dari teks yang biasanya akan diulang, jadi kamu harus memperhatikan teks tersebut.

Jika tidak ingin meringkas arti maupun tujuannya, Kamu tidak akan menerima poin. 

Luangkan Waktu untuk Memperhatikan Poin

Setelah menemukan berbagai macam poin dalam teks sesi writing,  kamu akan diberikan waktu sekitar 10 menit untuk meringkas teks tersebut. Ada waktu 20 menit yang digunakan untuk penulisan essay, sehingga gunakan semaksimal waktu tersebut dan luangkan untuk memperhatikan berbagai macam poin dalam penulisan.

Baca Juga:
Tips Menyelesaikan PTE Writing Section dengan Baik

Gunakan Format yang Benar

Langkah selanjutnya adalah, pastikan kamu menggunakan format yang benar dalam sesi penulisan. Menggunakan format yang benar sangat penting dalam sesi ini. Kamu bisa mencoba untuk berlatih mengetik membuat kalimat sebelum ujian PTE dimulai.

Coba Ringkas Teks Tertulis PTE

Tips selanjutnya bisa digunakan adalah meringkas teks tertulis, di mana ada beberapa paragraf panjang yang akan diberikan kepada kamu dan harus bisa meringkas dalam satu kalimat dengan menggunakan satu titik saja.

Cara yang bisa dilakukan sangat sederhana cobalah untuk memperhatikan bentuk penggunaan kalimat yang benar dan sudah berlatih format penulisan. Tanggapan yang ditulis harus Terdiri dari 5 hingga 75 kata, tetapi cobalah menulis 40 sampai 50 kata agar lebih baik. Jangan menggunakan banyak informasi ke dalam satu kalimat.

Selain itu,  cobalah untuk memilih poin kunci saja yang akan dimasukkan dalam urutan untuk membuatnya menjadi frasa yang bermakna. Kamu juga bisa mencoba berlatih menggunakan kalimat majemuk dan kompleks yang bisa diterapkan dalam sesi writing. 

Tulis Paragraf dengan Jelas dan Ringkas

Selanjutnya , pastikan kamu tidak terlalu berbelit-belit, sehingga bisa menulis paragraf dengan jelas secara ringkas. Cobalah terus berlatih menulis dengan menggunakan deskripsi dengan penulisan jelas dan ringkas, anda juga harus mempertimbangkan kesalahan dalam tata bahasa.

Mulai Perhatikan Kelemahan Kamu dalam Sesi Writing

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kelemahan kamu ketika masuk sesi writing. Jika kamu sering melakukan latihan, tentu mengetahui Apa kelemahan kamu dalam sesi penulisan tes PTE bahasa Inggris. Kelemahan tersebut tentu harus diperbaiki dengan sering  berlatih.

Hindari Menggunakan Bahasa Gaul

Sekalipun kemampuan bahasa Inggris kamu sudah baik, tetapi dalam sesi writing  sebaiknya kamu menghindari penulisan menggunakan bahasa gaul. Tes ini merupakan ujian akademik yang memerlukan  penggunaan kalimat secara formal.

Jika memungkinkan untuk menambah kosakata, pastikan tetap bergantung pada kata-kata yang digunakan secara formal dan tidak menggunakan kata-kata dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajari Tips Menulis Essay

Sebelum memulai tes PTE,  sebaiknya sering melakukan latihan dengan membuat essay. Penulisan essay dalam tes ini termasuk nilai Grammar, Spelling, Vocabulary, dan Writing Skills. 

Selain memperhatikan hal-hal penting dalam penulisan, kamu juga wajib memperhitungkan waktu dengan baik. Manajemen waktu sangat dibutuhkan dalam proses merencanakan, menulis, serta membaca ulang essay dalam waktu 20 menit saja.

Pastikan juga penulisan menggunakan konten formal dan persyaratan pertanyaan, bersama dengan tata bahasa yang baik, rentang bahasa umum yang digunakan, rentang kosakata yang digunakan, serta ejaan.

Ada beberapa tips yang digunakan untuk membuat essay dalam tes PTE Academic, seperti berikut;

  • Mulai belajar Mengidentifikasi jenis essay
  • Jangan langsung mulai menulis,  pastikan mengatur esai dengan tepat agar  mendapatkan.
  • Pastikan di dalam esai tersebut memiliki struktur yang bagus, mulai dari pengantar, paragraf isi,  dan kesimpulan.
  • Jangan mencoba memaksimalkan batas kata. Cobalah untuk menulis essay kamu dengan 230-250 kata  dengan menggunakan struktur yang tepat.
  • Variasikan bahasa yang digunakan, jadi pastikan menguji tingkat kosa kata.
  • Terus berlatih latihan menulis
  • Susun esai dengan cara yang benar

Dengan beberapa tips tersebut akan membantu kamu lebih mudah menulis essay.

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Skor PTE Reading Section

Coba Tingkatkan Kosakata

Ketika menulis tes PTE academic, kosakata yang baik sangat diperhatikan dan penting. Untuk itu kamu perlu menguasai kosakata dengan baik jika ingin mendapatkan skor lebih tinggi di PTE. Cara terbaik untuk meningkatkan kosakata adalah membaca artikel atau postingan berita. Tetapi jika kamu berminat pada novel, komik, koran, atau yang lainnya juga boleh, asalkan menggunakan bahasa Inggris ya.

Gunakan Urutan Ide yang Logis

Tips selanjutnya yang bisa  dilakukan adalah menggunakan urutan ide yang logis. Ketika kamu menulis bagian esai atau melakukan ringkasan cobalah untuk mempertahankan topik yang disajikan dengan urutan yang logis. 

Jika kamu sudah mulai menulis tentang sesuatu, maka berikan penjelasan kesimpulan yang logis. Jangan biarkan satu topik terambang tidak jelas, kemudian  kamu berpindah pada topik selanjutnya.

Mengenal Sesi Writing dalam PTE

Dalam  tes PTE,  kamu akan mendapatkan sesi writing. Sesi ini akan membuat kamu mendapatkan dua tugas, pertama meringkas teks tertulis dan yang kedua tulis essay. Untuk membuat ringkasan teks tertulis, Kamu akan mendapatkan durasi waktu 10 menit dan Untuk penulisan essay mendapatkan waktu 20 menit.

Dalam writing section keterampilan keseluruhan struktur dan kohesi tertulis dievaluasi. Struktur esai yang baik akan digambarkan ketika kamu menulis format PTE  yang telah direkomendasikan.

Ada beberapa faktor lain yang berkontribusi pada skor dalam  writing section  di test ini, misalnya tata bahasa, ejaan, dan kosakata. 

Writing section dalam tes PTE  sangat penting untuk diperhatikan, ada berbagai macam cara agar kamu bisa mendapatkan skor tinggi dalam tes Ini mulai dari memperhatikan poin dan topik, menggunakan format yang benar, menggunakan urutan ide yang logis, memiliki banyak kosakata, dan lain sebagainya. Mempersiapkan diri dalam kelas persiapan PTE akan membantu kamu mempersiapkan diri.

Tidak ingin lebih mudah mempersiapkan tes PTE dalam writing section,  kamu bisa meminta bantuan lembaga kursus bahasa Inggris terbaik, seperti ICAN English.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi