tips menyelesaikan pte writing section dengan baik

Tips Menyelesaikan PTE Writing Section dengan Baik

PTE writing section akan kamu dapatkan bersama dengan sesi speaking. Kedua sesi tersebut merupakan bagian paling panjang dalam tes PTE academic  dengan durasi sekitar 77 – 93 menit. Untuk bagian  writing  kamu akan menemukan dua jenis pertanyaan, seperti meringkas teks tertulis dan essay.

Sekalipun Dua pertanyaan tersebut cukup mudah dilakukan, tetapi beberapa pelajar masih kesulitan karena tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris  dalam pengolahan kata, serta tidak memiliki rasa suka pada kegiatan menulis.

Biasanya kesulitan para pelajar ini dari manajemen waktu yang kurang. Penulisan essay dianggap menghabiskan waktu yang berharga karena mereka tidak memiliki strategi yang tepat dalam menyelesaikan writing section PTE. Maka dari itu kamu membutuhkan persiapan yang matang untuk bisa menyelesaikan sesi menulis dalam tes ini.

Pahami Format Writing Section PTE Lebih Dulu

Sebelum belajar bagaimana cara mendapatkan skor tinggi dan melakukan manajemen waktu  yang baik dalam  writing section PTE,  ada baiknya jika kamu memahami format dan persyaratan dari sesi menulis dalam tes ini.

Jadi dalam tugas ringkas teks menulis di PTE  kamu akan disajikan dengan paragraf yang menyampaikan informasi dengan topik tertentu. Setelah membaca semua teks, tugas kamu adalah menulis ringkasan satu kalimat dan memiliki waktu 10 menit untuk menilai menyelesaikan tugas yang satu ini.

Tidak hanya itu,  tetapi kamu juga akan menulis essay mengenai pendapat kamu pada topik tertentu.

Baca Juga:
Berapa Biaya Tes PTE Academic?

Tips Mudah Mengerjakan Writing Section PTE

Ada berbagai macam tips yang bisa digunakan untuk mengatasi  sesi menulis bahasa Inggris dalam tes PTE,  seperti berikut:

  • Pastikan jawaban kamu sudah menangkap poin utama dari bacaan dan menggunakan satu kalimat yang tidak lebih dari 75 kata. Caranya sederhana, mulai jawaban dengan menggunakan huruf kapital dan diakhiri dengan titik,  Tujuannya adalah untuk Respon yang lebih efektif meringkas bagian tersebut.
  • Selalu pantau jumlah kata. Tanggapan kamu harus berada di sekitar 5 – 75 kata saja,  jadi manfaatkan penghitung jumlah kata secara total di bawah kotak respon untuk melacak berapa banyaknya jumlah kata yang sudah ditulis secara akurat.
  • Hindari menggunakan ide-ide pribadi sekalipun teks mencakup berbagai macam mata pelajaran cobalah untuk fokus pada informasi yang diberikan pada bagian tersebut, meskipun topiknya tidak dikenal.
  • Mulai terapkan pendekatan membaca dua langkah. Kamu bisa membaca seluruh paragraf dengan hati-hati sekali kemudian pahami artinya.  pada bacaan kedua fokus untuk mencatat kata kunci dan frasa yang muncul berulang-ulang kali, sambil mengabaikan detail pendukung lainnya.
  • Cobalah berlatih menggunakan kalimat majemuk dan kompleks karena Respon yang diungkapkan dalam satu kalimat harus menggunakan kalimat tersebut.
  • Memanfaatkan sinonim dan hindari menjalin seluruh kalimat
  • Hindari penggunaan frasa.
  • Untuk penulisan essay,  Berikan pendapat kamu terkait topik yang ditulis dan jangan sampai melenceng dari pembahasan. Sebaiknya menggunakan tata bahasa Inggris yang tepat.

Baca Juga:
Tips Menghadapi PTE Reading dengan Mudah

Ada berbagai macam tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan skor dalam writing section. Tetapi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, latih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris kamu dengan panduan dari kursus persiapan PTE dari ICAN English.

Dengan menggunakan kursus bahasa Inggris terbaik akan membantu mengetahui bagaimana cara  mengatasi  writing section dalam PTE dan melakukan manajemen waktu.

PTE writing section biasanya akan digabungkan dengan speaking. Durasi waktu sekitar 77 – 93 menit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, cobalah untuk menyertakan poin utama dalam kalimat singkat, pantau jumlah kata, hindari memperkenalkan ide pribadi, terapkan pendekatan membaca dua langkah, dan lain sebagainya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi