cara jawab soal reading section toefl

Cara Jawab Soal Reading Section TOEFL

Setiap reading section dalam tes TOEFL formatnya tidak sama, tergantung pada jenis TOEFL yang kamu ambil. Contoh, ketika kamu memilih TOEFL IBT, maka kamu akan menghadapi Reading section sebanyak 35-56 butir soal dengan durasi waktu tes 60-80 menit. Tetapi, kalau tes yang kamu ambil adalah paper-based TOEFL, terdapat 50 pertanyaan dengan durasi waktu 55 menit.

Dalam kedua bentuk TOEFL tersebut, Reading section bertujuan untuk menilai keterampilan yang sama.Ujian ini akan menguji kemampuan teks Bahasa Inggris non-teknis, untuk mengidentifikasi ide utama dan memahami persamaan kata sesuai kosakata Bahasa Inggris.

3 Cara Mengerjakan Soal TOEFL Reading Section

Reading section dalam TOEFL IBT menguji penguasaan Bahasa Inggris kamu, secara tertulis. Kamu juga akan menghadapi ujian tersebut dengan adanya tiga atau empat teks akademik, masing-masing sekitar 750 kata. Kamu akan diminta untuk merespon beberapa pertanyaan tentang masing-masing teks. Terdapat 35-56 soal dengan tingkat kesulitan berbeda.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Sebelum Daftar TOEFL Preparation Courses

Konten teks tersebut bervariasi, tetapi kamu tidak harus mempunyai pengetahuan secara spesifik tentang subject dalam teks tersebut untuk menjawab pertanyaan dengan tepat. Persiapan terbaik untuk menghadapi tes TOEFL adalah mengembangkan strategi membaca, sebagaimana langkah-langkah berikut:

1. Kenali Aturan Soal

Sangat penting untuk lebih familiar dengan aturan mengerjakan soal Reading sebelum tes TOEFL resmi. Sehingga, kamu tidak terkejut atau panik ketika membuka soal-soal tersebut.

Dalam tes TOEFL IBT dan paper-based TOEFL, kamu akan menghadapi berbagai tipe soal yang mirip. Akan tetapi, sesi Reading mengharuskan kamu untuk membaca dan memahami teks dengan subject maupun ide lebih dari satu. Kamu juga harus mampu membandingkan ide, menigdentifikasi sebab dan akibat dalam teks tersebut.

2. Pahami Jenis Soalnya

Ada beberapa jenis soal yang akan kamu temui ketika mengerjakan Reading section yaitu membaca informasi faktual, memahami teknik inferensi dan retorika, kosakata, melengkapi kalimat, dan menarik kesimpulan.

Terkadang, ada beberapa pertanyaan tambahan yang tidak terhitung dalam penilaian akhir, tetapi digunakan oleh administrator TOEFL untuk mencari tahu bagaimana cara setiap siswa menginterpretasikan soal tersebut.

Baca Juga:
Strategi Dasar Menyelesaikan Soal Written Expression TOEFL

3. Tahu Cara Merespon Semua Jenis Pertanyaan

Bagian dari semua jenis tes adalah membaca instruksi dan menginterpretasikan secara tepat apa maksud dari soal yang diujikan. Sebelum ujian tes TOEFL dimulai, kenali berbagai jenis instruksi yang berbeda dan sering muncul di tes tersebut.

Salah satu jenis tes Reading section TOEFL adalah pilihan ganda. Kamu akan ditanya sebuah pertanyaan dengan empat pilihan jawaban dari a-d. Untuk menjawabnya, baca seluruh pilihan jawaban dan pilih mana yang paling tepat karena sesuai dengan teks bacaan.

Contoh lainnya adalah jenis soal melengkapi teks dengan sebuah kalimat. Kamu akan diberikan sebuah kalimat dan diminta untuk meletakkan kalimat tersebut di bagian yang tepat, sehingga teks tersebut menjadi utuh. Untuk menjawabnya, kamu harus meletakkan kalimat tersebut di tempat yang tepat, sehingga teks dapat dimaknai secara jelas.

Baca Juga:
Tips Memperoleh Skor Tinggi dalam Written Expression TOEFL

Persiapan Sebelum Menghadapi tes TOEFL Reading

Jika kamu sudah mendapatkan gambaran seperti apa Reading section TOEFL itu, maka kamu bisa membuat persiapan agar lebih mudah menghadapi tes tersebut. Melakukan persiapan secara matang adalah kunci utama agar kamu bisa berhasil menyelesaikan soal-soal TOEFL dengan skor memuaskan, khususnya untuk sesi Reading.

Karena kamu akan menghadapi TOEFL reading, artinya kamu harus banyak membaca. Luangkan waktu khusus untuk membaca beberapa bacaan yang sering muncul dalam soal Reading di tes TOEFL. Lakukan latihan ini setiap hari. Sambil membaca, gunakan catatan untuk menulis kosakata dan ungkapan yang asing ditelinga. Pastikan kamu memahami apa makna utama dalam teks tersebut.

Selanjutnya, mengatur waktu untuk menghadapi ujian juga terbilang penting. Luangkan waktu sektiar 5 menit di setiap bagian soal, dan kerjakan setiap soal dengan durasi 1 menit saja. Agar kamu bisa mengatur waktu, atur jadwal untuk sering latihan membaca dan mengerjakan soal-soal TOEFL.

ICAN English menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk berbagai macam tes, termasuk TOEFL. Tersedia kelas dengan fasilitas lengkap termasuk bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar dapat meningkatkan skor TOEFL dan memenuhi persyaratan akademik. Tes ini juga dapat kamu gunakan ketika ingin mendaftar kuliah ke luar negeri.

Demikian informasi lengkap tentang apa itu Reading section dalam tes TOEFL dan bagaimana kiat-kiat mengerjakan soal tersebut agar memperoleh skor memuaskan. Pelajari seperti apa format, jenis soal, dan instruksi tiap soal akan membantu kamu agar lebih mudah mengerjakan ujian. Gunakan juga soal-soal TOEFL yang ada di internet atau ikut kursus intensif supaya kamu bisa terbiasa mengerjakan soal-soal dalam ujian tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi