tips memperoleh skor tinggi dalam written expression toefl

Tips Memperoleh Skor Tinggi dalam Written Expression TOEFL

Jika kamu berharap dapat memperoleh skor tinggi dalam TOEFL ITP, penting untuk mempelajari semua dalam sesi soal yang diujikan, termasuk written expression test. Dalam tes TOEFL, bagian ini disebut sebagai Structure and Written Expression. Kamu akan menjawab soal-soal pilihan ganda. Sedangkan jumlah soal, durasi waktu, dan scoring range bergantung pada pilihan level ujian yang diambil.

Tujuan adanya tes TOEFL Structure and Written Expression adalah untuk menguji pemahaman structural dan grammatical points. Dalam setiap soal, kamu harus memilih A, B, C, atau D sebagai jawaban yang tepat, pilih secara hati-hati dan tandai jawaban tersebut di lembar jawaban. Terdapat hingga 40 pertanyaan yang diujikan dengan durasi waktu 25 menit.

3 Tips Persiapan Ujian TOEFL Written Expression:

TOEFL Structure and Written Expression adalah salah satu sesi paling menantang untuk para pelajar dalam menghadapi ujian tersebut. Kendala yang paling sering dihadapi yaitu aturan tata bahasa Inggris yang bervariasi. Agar kamu dapat mempelajari written expression test lebih optimal, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Belajar Aturan Tata Bahasa

Agar kamu dapat memperoleh skor yang bagus ketika mengikuti ujian written expression, maka kamu harus tahu apa saja aturan tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Contohnya, kamu harus menguasai materi subject and verb agreement, irregular verbs, singular and plural verb forms, phrase and clause, dan banyak lainnya.

2. Kembangkan Perbendaharaan Kata

Tidak hanya aturan tata bahasa, kamu juga akan mendapatkan nilai tinggi saat ujian writing jika mempunyai kosakata atau vocabulary yang banyak. Sering belajar meningkatkan perbendaharaan juga akan membantu memilih kata yang tepat ketika menulis bahasa Inggris.

Baca Juga:
Strategi Dasar Menyelesaikan Soal Written Expression TOEFL

3. Sering Latihan Menulis

Aturan tata bahasa dan juga kosakata baru yang telah kamu pelajari bisa kamu terapkan dengan cara belajar menulis langsung. Ini adalah strategi paling efektif karena kamu langsung latihan menulis untuk menerapkan semua pengetahuan yang sudah kamu pelajari sehingga ketika menghadapi soal pilihan ganda dengan tata bahasa yang kurang tepat, kamu bisa mengeliminasi mana jawaban yang salah.

ICAN English bisa menjadi tempat terbaik kalau kamu butuh bimbingan untuk persiapan tes TOEFL. Kamu akan belajar secara intensif dengan pilihan durasi yang ditawarkan. Selain belajar dengan metode menyenangkan, kamu juga akan bertemu para tutor profesional untuk menjelaskan secara detail terkait materi-materi yang paling sering muncul di soal-soal TOEFL.

Baca Juga:
Tempat Rekomendasi TOEFL preparation course Jakarta

Metode Menjawab Soal Structure and Written Expression

Terdapat tiga langkah dasar agar kamu bisa menjawab soal structure dan written expression test dengan lebih mudah. Pertama, jawab soal tersebut dengan menentukan jumlah klausa.

Kalimat dalam bahasa Inggris bisa mempunyai satu klausa atau banyak klausa. Kalimat dengan satu klausa pasti mempunyai satu subject dan satu kata kerja, ditambah elemen lain termasuk object dan komplemen. Sedangkan kalimat dengan banyak klausa akan mempunyai kombinasi subjek dan kata kerja yang disertai kata sambung.

Kedua, dalam kalimat dengan satu klausa, semua elemen tersebut harus lengkap. Jadi, kamu harus mengidentifikasi setiap elemen pada kalimat tersebut. Tebak mana elemen yang hilang untuk mendapatkan pilihan jawaban yang tepat. Tentukan pula elemen dengan bentuk tidak akurat pada kalimat. Kemampuan kosakata yang kamu miliki akan membantu menentukan apakah bentuk kata sudah tepat atau salah.

Terakhir, perhatikan penggunaan kata sambung untuk kalimat dengan banyak klausa. Kalimat ini mempunyai satu elemen tambahan, yaitu kata sambung atau konektor. Fungsinya untuk menghubungkan semua klausa dengan elemen-elemen lainnya dalam kalimat. Terkait soal structure, pastikan masing-masing klausa mempunyai subject dan kata kerja lengkap, dan terhubung dengan kata sambung yang benar.

Soal yang menampilkan kalimat dengan banyak klausa akan menguji kemampuan kamu untuk menentukan bentuk subject, kata kerja, dan kata sambung tidak akurat. Kalimat yang mempunyai banyak klausa juga menguji kemampuan kamu dalam mendeteksi struktur tidak paralel ketika dihubungkan oleh sebuah kata sambung.

Baca Juga:
Panduan Lengkap Sebelum Daftar TOEFL Preparation Courses

Dengan mengetahui apa saja cara mengerjakan soal-soal written expression, kamu bisa menjawab soal TOEFL ini dengan lebih mudah. Fokus mempelajari struktur kalimat, mulai dari elemen-elemen dasar (subject, kata kerja, object), klausa dalam kalimat, hingga kata sambung dalam kalimat, akan mengoptimalkan skor TOEFL.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web