cara lancar speaking english

Cara Lancar Speaking English

Cara lancar speaking english sebenarnya mudah. Speaking adalah salah satu keterampilan yang  diidamkan banyak orang sedang belajar bahasa Inggris. Kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik dan benar membuat seseorang benar-benar terlihat menguasai bahasa asing tersebut. Bahkan beberapa orang tertarik untuk bergabung dengan kursus bahasa Inggris agar meningkatkan kemampuan berbicara. 

Apabila kamu merasa tertarik untuk bergabung dengan kursus bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuanĀ  speaking, kamu dapat bergabung dengan ICAN English. Kursus bahasa Inggris tersebut menggunakan berbagai macam metode menyenangkan untuk meningkatkan skill dalam penggunaan bahasa Inggris.

Setelah mengikuti kursus bahasa Inggris selama beberapa bulan, kemampuan kamu dalam berbicara pasti ada peningkatan. Namun, kamu juga harus mempelajari sendiri dirumah sehingga kemampuan tersebut semakin terasah dengan baik.

Tips Menguasai Speaking dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa tips yang kamu gunakan untuk belajar sendiri dirumah sehingga bisa meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris, seperti berikut. 

Pahami Frase atau Kalimat Sederhana

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami frasa atau kalimat sederhana yang akan digunakan dalam percakapan bahasa Inggris. Sebaiknya memahami frase atau kalimat sederhana terlebih dahulu daripada menghafal kata-kata dalam bahasa Inggris. Menghafal kosakata memang penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, namun untuk meningkatkan kemampuan speaking hal tersebut cukup lambat.

Sebaiknya kamu mempelajari fase dan kalimat sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalnya, frase atau kalimat dalam dialog sehari-hari di sekolah, dirumah, di tempat kerja, dan lain sebagainya. 

Ada beberapa orang yang sudah memahami dan mengerti arti dari banyak kosakata, tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara merangkai yang tepat untuk kalimat. Hal tersebut dikarenakan mereka  kurang tahu bagaimana cara menyusun kalimat sederhana. Jadi upayakan untuk menguasai kalimat berdialog yang mudah ya.

Baca Juga:
Cara Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Rutin Praktek Bicara Bahasa Inggris

Salah Satu kelancaran untuk meningkatkan kemampuan berdialog bahasa Inggris adalah rutin praktek. Bagaimana jika kita belum menghafal grammar dengan baik? Tidak masalah, kamu tetap bisa belajar speaking, jadi tidak perlu menguasai grammar ya. Sembari belajar dan praktik kemampuan speaking, kamu juga dapat meningkatkan grammar.

Jika kamu bergabung dengan kursus bahasa Inggris, maka akan menemukan banyak teman untuk diajak berbicara bahasa Inggris dan mempraktekkan. Tetapi jika kamu belum menemukan teman yang tepat untuk belajar bahasa Inggris, cobalah belajar sendiri dengan meniru sebuah adegan film yang menggunakan bahasa Inggris di depan cermin.

Belajar speaking tanpa adanya praktek, rasanya seperti sayur tanpa garam ya. Jadi belajar speaking dan praktek ini tidak akan bisa dipisahkan. Cobalah praktek terus dalam satu hari, misalnya memberikan waktu sekitar 1 – 2 jam untuk berbicara bahasa Inggris. Lakukan secara rutin ya.

Gabung Komunitas Bahasa Inggris

Agar mendukung proses pembelajaran speaking English, sebaiknya kamu bergabung dengan komunitas bahasa Inggris. Biasanya di tiap daerah ada komunitas bahasa Inggris nih, nah, kamu bisa bergabung sehingga mendapatkan banyak teman dan bisa belajar tentang bahasa Inggris lebih luas.

Apabila di daerah kamu tidak ada komunitas bahasa Inggris cobalah bergabung dengan kursus bahasa Inggris terbaik. Hal tersebut akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan cepat. 

Tanpa disadari cara lancar speaking English ini bisa dirasakan setelah bergabung dengan komunitas atau kursus bahasa Inggris loh.

Baca Juga:
Materi Dasar Speaking English

Bagaimana Penilaian Speaking dalam Tes Bahasa Inggris?

Jika salah satu alasan kamu belajar speaking bahasa Inggris karena akan menghadapi tes, maka ketahui terlebih dahulu aspek penilaian. Dengan mengetahui aspek penilaian speaking English akan membantu kamu untuk mempermudah persiapan dan pembelajaran. Berikut ini beberapa aspek penilaian speaking dalam teks bahasa Inggris. 

  • Pertama ada tata bahasa atau Grammar dalam bahasa Inggris. Jika akan mengikuti tes speaking, kamu harus mengetahui bagaimana tata cara penggunaan bahasa yang terstruktur, sehingga membuat kalimat yang tepat. Biasanya penggunaan tenses adalah bagian paling penting.
  • Selanjutnya ada kelancaran yang merupakan salah satu aspek untuk dinilai dan menunjang bagaimana kamu bisa bertutur kata dengan baik. Pada public speaking dapat dilihat kelancarannya.
  • Pronunciation atau pengucapan juga menjadi bagian penting yang harus diucapkan. Bagian pertama yang akan dinilai adalah word stress atau penekanan pada suku kata tertentu di kalimat. Kemudian ada sentence stress yang merupakan tekanan pada kata tertentu agar kalimat mudah dimengerti. 
  • Kosa kata juga aspek penting untuk dinilai dalam speaking. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai maka semakin bagus nilainya. Penguasaan sebuah kata tidak hanya dilihat dari cara pengucapan, tetapi juga pemahaman makna dari kosakata tersebut. 

Speaking adalah salah satu skill dalam bahasa Inggris yang harus dipelajari dengan baik. Cara lancar speaking English bisa kamu dapatkan melalui  latihan rutin. Untuk mendukung kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa  bergabung dengan kursus bahasa Inggris berkualitas.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi