Cara Membiasakan Berbicara Bahasa Inggris

Cara Membiasakan Berbicara Bahasa Inggris

Cara terbaik untuk lancar berbicara Inggris adalah membiasakan diri untuk menggunakan bahasa ini. Karena faktanya, masih banyak orang yang merasa ragu berbicara bahasa Inggris. Mayoritas alasannya karena malu dan takut. Itulah mengapa, sebaiknya mulailah mempelajari cara membiasakan berbicara bahasa Inggris. Agar mampu berkomunikasi dengan baik.

Seperti kata pepatah, bisa karena terbiasa. Oleh sebab itu, langkah pertama dan paling utama untuk lancar berbicara bahasa Inggris adalah membiasakan diri. Prosesnya mungkin tidak akan cepat. Karena melakukan sesuatu untuk membiasakan diri adalah perjalanan yang panjang. Sehingga, kamu perlu sabar, tekun, dan rajin agar bisa lancar berkomunikasi bahasa Inggris.

Cara Membiasakan Berbicara Bahasa Inggris yang Dapat Kamu Coba

Untuk terbiasa berbicara Inggris, kunci utamanya adalah konsisten. Karena tentunya, bahasa Inggris sangat berbeda dengan Indonesia. Sehingga, kamu akan menemukan berbagai macam kesulitan saat mencoba belajar dan mempraktikan bahasa Inggris. Namun, kamu harus tetap konsisten agar hasilnya maksimal. Simak deretan lengkap cara-caranya di bawah ini!

Baca Juga:
Alasan Sulit Berbicara Bahasa Inggris

Memulai dari Langkah Kecil

Cara membiasakan berbicara bahasa Inggris pertama adalah mulailah dari langkah atau hal kecil. Sebaiknya, jangan langsung memaksakan diri untuk berbicara bahasa Inggris yang kompleks. Saat ini, aksen british tengah populer dan banyak yang ingin menggunakan aksen tersebut. Terkadang, orang-orang memaksakan diri untuk menguasai penggunaan aksen itu.

Sebaiknya, cobalah dari langkah kecil, jangan langsung belajar aksen. Misalnya, dengan membaca dan mengetahui kosakata sederhana. Mulai dari kosakata tentang keluarga, rumah, sekolah, dan sebagainya. Lalu, cobalah berbicara bahasa Inggris dengan topik yang sederhana. Diantaranya adalah topik tentang liburan, hobi, pekerjaan, tempat tinggal, dan semacamnya.

Membuat Agenda untuk Kegiatan Sehari-hari

Cara berikutnya adalah membuat sebuah agenda atau jurnal tentang kegiatan sehari-hari. Namun, gunakanlah bahasa Inggris untuk membuat agendanya. Kamu hanya perlu menceritakan apa saja yang dilakukan dan terjadi di hari ini. Dengan kata lain, kamu hanya perlu menulis curhatan atau semacam diary. Namun, harus menggunakan bahasa Inggris.

Apabila ada istilah atau kosakata yang belum kamu ketahui. Maka, kamu dapat mencoba mencarinya di internet. Setelah itu, tuliskan kalimatnya sesuai dengan apa yang terjadi atau kegiatan hari ini. Dengan begitu, kamu akan terbiasa mengungkapkan sesuatu menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, kosakata yang kamu miliki pun akan semakin bertambah banyak.

Berbicara dengan Diri Sendiri Menggunakan Bahasa Inggris

Ketika baru pertama kali mencoba praktik berbicara bahasa Inggris, mungkin kamu akan merasa malu dan takut. Tidak perlu khawatir, karena hal itu wajar terjadi. Oleh sebab itu, cara membiasakan berbicara bahasa Inggris berikutnya adalah mencoba berbicara dengan diri sendiri. Tentunya, kamu harus menggunakan bahasa Inggris ketika melakukan monolog ini.

Kamu juga bisa mencoba berdialog di depan kaca. Anggap saja sedang berbicara dengan orang lain. Sehingga, kamu mengutarakan sebuah pertanyaan dan jawaban. Meskipun bukan berbicara dengan orang lain secara langsung. Namun, cara ini cukup efektif untuk diterapkan. Karena secara tidak langsung, kamu akan terbiasa berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Lakukan Secara Rutin atau Setiap Hari

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kunci utama dalam belajar bahasa Inggris adalah konsisten. Oleh sebab itu, kamu harus rutin berbicara dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Tentunya, diseimbangkan juga dengan membaca teori atau materi bahasa Inggris. Dengan belajar secara rutin, pengetahuan kamu dalam bahasa Inggris semakin tinggi dan luas.

Banyak orang yang berhenti di tengah jalan ketika belajar bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan belum ada sikap konsisten yang diterapkan. Oleh sebab itu, pastikan telah menanamkan sikap konsisten sebelum belajar bahasa Inggris.

Baca Juga:
Ketahui Teknik Menulis Bahasa Inggris

Berbicara dengan Orang Lain

Jika sudah cukup percaya diri, kamu dapat langsung mempraktikan berkomunikasi bahasa Inggris dengan orang lain. Carilah orang yang memang sedang belajar bahasa Inggris pula. Agar bisa sama-sama berlatih bahasa Inggris.

Cara membiasakan berbicara bahasa Inggris akan semakin mudah diterapkan jika kamu mengikuti kursus bahasa Inggris. Carilah tempat kursus yang menyediakan kelas speaking. Misalnya adalah ICAN English.

Di lembaga kursus ini, terdapat materi speaking dan conversation. Sehingga, akan membantu kamu untuk membiasakan diri berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Pentingnya Latihan Berbicara dalam Bahasa Inggris

Seringkali orang menghabiskan seluruh waktunya mempelajari tata bahasa dan menghafal daftar kata daripada benar-benar terjun langsung dan mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari. Meskipun mempelajari bahasa tertulis masih sangat penting, terutama untuk meningkatkan tata bahasa dan membangun kosakata, pembelajaran yang paling efektif masih dilakukan secara tatap muka.

Berbicara bahasa Inggris dengan lantang membantu mengungkap kesenjangan dalam kosakata dan tata bahasa. Kamu dapat belajar dari kesalahan, dan sering kali berbicara dengan penutur asli bahasa Inggris adalah cara tercepat untuk memperbaikinya, mereka dapat menunjukkan kesalahan dan membantu meningkatkannya lebih cepat.

Saat Anda belajar di rumah sendirian, akan sangat sulit untuk benar-benar menciptakan kembali sisi komunikatif dalam belajar bahasa. Berbicara dan mendengarkan dalam bahasa asing akan meningkatkan keterampilan komunikasi praktis dengan cara yang tidak akan pernah bisa dilakukan oleh pembelajaran buku teks, itulah sebabnya ICAN English memiliki tutor profesional untuk memberikan feedback dan melatih keterampilan berbicara kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web