cara mencapai skor reading ielts tertinggi

Cara Mencapai Skor Reading IELTS Tertinggi

Selama kamu mau belajar seoptimal mungkin, maka nilai IELTS kamu pasti sesuai harapan. Mendapatkan  skor reading IELTS tidak sesulit mendapatkan nilai tinggi dalam tes menulis.

Bagian membaca tes IELTS adalah salah satu bagian yang paling berbahaya. Apalagi untuk mendapatkan skor yang saat ini diinginkan. Sama halnya dengan bagian listening, maka bagian ini juga perlu terus menerus diwaspadai dan diasah untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus.

5 Tips Mendapatkan Skor Reading IELTS

Sekarang, mari kita lihat beberapa tips untuk mendapatkan skorempurna dalam tes membaca IELTS!

Baca Juga:
Tips Mendapatkan Score IELTS yang Bagus

1. Tingkatkan kosakata bahasa Inggris

Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang dimiliki, maka akan semakin banyak konten yang akan dipahami secara otomatis. Hal ini tentunya akan membantumu menjawab pertanyaan tes membaca.

Selain itu, jika temanmu juga memahami kamus/sinonim kosakata bahasa Inggris, maka juga akan lebih mudah menjawab pertanyaan dan mendapatkan skor tinggi dalam bacaan IELTS.

2. Perbanyak membaca artikel dalam bahasa Inggris

Waktu yang singkat untuk bisa langsung menjawab soal tes  skor reading IELTS seringkali menjadi kendala bagi para kandidat. Namun, tidak bagi peserta yang saat ini rutin membaca artikel berbahasa Inggris.

Metode latihan ini tentunya akan membantumu berlatih membaca lebih cepat dan memahami isi bacaan dalam waktu yang lebih singkat. Tentunya, latihan ini juga akan sangat membantumu saat menyelesaikan soal-soal yang ada di dalam tes membaca IELTS.

3. Berlatih mencari tahu arti kalimat dalam bacaan

Biasanya dalam soal  skor reading IELTS, nantinya kamu akan langsung menanyakan poin-poin utama yang berasal dari kalimat dalam sebuah bacaan. Menjawab pertanyaan ini dengan cepat, tentunya akan membutuhkan latihan.

Salah satunya adalah membaca banyak sekali buku/novel/artikel/cerita pendek dalam bahasa Inggris. Kemudian, nantinya kamu akan menarik kesimpulan dari bacaan yang dibaca.

Baca Juga:
Ini IELTS Reading Score yang Harus Diketahui

4. Buat Study Plan

Membuat study plan ini nantinya akan membantumu untuk bisa langsung berkomitmen pada proses belajar persiapan IELTS. Contohnya saja, hari ini ingin menguasai listening part 1, maka dalam satu hari ini kamu juga harus berusaha keras.

Hal ini tentunya untuk bisa merealisasikannya. Pada hari berikutnya kamu juga bisa merencanakan untuk menguasai listening part 2, begitu seterusnya. Study plan ini juga nantinya akan langsung membantu proses belajar. Hal ini agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien, sehingga tidak membuang-buang waktu.

5. Gunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari

Ubah kebiasaan sehari-hari hanya dengan melibatkan bahasa Inggris yang ada didalamnya. Gunakanlah bahasa Inggris hanya dalam membaca, mendengarkan, menulis, serta berbicara.

Tambahkan juga durasi atau intensitas yang berada dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Contohnya saja, jika biasanya kamu membaca 1 artikel dalam 1 hari, maka tambahlah jumlah artikel dan sumber yang dibaca. Dengan begitu, vocabulary yang nantinya akan didapat tiap harinya akan selalu bertambah.

Baca Juga:
Cara Menghitung Skor IELTS Listening

Perbanyak Mengerjakan Soal Latihan Membaca IELTS

Berikut adalah tips yang paling penting dan tidak boleh diabaikan ketika akan menghadapi tes IELTS. Kerjakanlah soal latihan sebanyak mungkin, bila perlu bergabung dalam kelas persiapan IELTS di mana kamu bisa meningkatkan kemampuan sebagai persiapan menghadapi tes ini.

ICAN English hadir dengan kelas-kelas bahasa Inggris yang bisa dipilih dan membantu kamu dengan berbagai materi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Materi-materi ini akan keluar di tes IELTS yang akan kamu hadapi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web