cara menghitung skor ielts listening

Cara Menghitung Skor IELTS Listening

Jul 25, 2022 | IELTS

Saat ini, tes IELTS banyak digunakan beberapa instansi di Indonesia. Walaupun tidak semasif TOEFL, tetapi banyak instansi yang mewajibkan untuk melampirkan sertifikat IELTS. Salah satu strategi mendapatkan skor tinggi adalah membuat target skor IELTS. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya ketahui cara menghitung skor IELTS listening dan bagian lainnya.

Karena penilaian dalam soal IELTS pun terbilang cukup sulit. Sehingga sebaiknya memang memperhitungkannya terlebih dahulu sebelum membuat target berapa soal yang akan dikerjakan. Karena setiap soal pun memiliki poinnya masing-masing. Biasanya, skor dalam IELTS disebut pula dengan band yang memiliki skala mulai dari 6 sampai dengan 9.

Baca Juga: 3 PERTIMBANGAN MEMILIH TEMPAT KURSUS PERSIAPAN IELTS

Cara Menghitung Skor IELTS Listening dengan Mudah

Hampir keseluruhan soal IELTS, biasanya akan diawali dengan bagian listening. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menghitung skor pada bagian pertama ini. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan perkiraan skor dari soal listening. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

1. Menghitung Sesuai Tabel Konvensi Band IELTS Listening

Cara pertama adalah dengan menghitung skor sesuai dengan tabel konvensi. Tabel ini bersifat universal, sehingga kemungkinan besar semua pihak penyelenggara IELTS menggunakan tabel ini. Rinciannya adalah sebagai berikut. Jumlah 4-5 jawaban benar skornya 2.5. 6-7 jawaban benar skornya 3. 8-10 jawaban benar skornya 3.5. 11-12 jawaban benar skornya 3.5.

13-15 jawaban benar skornya 4.5. 16-17 jawaban yang benar skornya 5. Lalu, 18-22 jawaban benar skornya 5.5. 23-25 jawaban benar skornya 6. 26-29 jawaban benar skornya 6.5. 30-31 jawaban benar skornya 7. 32-34 jawaban benar skornya 7.5. 35-36 jawaban benar skornya 8. 37-38 jawaban benar skornya 8.5. Terakhir, yang tertinggi skor 9 untuk 39-40 jawaban benar.

2. Cara Menghitung Skor Keseluruhan IELTS

Untuk mendapatkan skor keseluruhan, maka setiap band pada semua skill IELTS perlu diakumulasikan. Misalnya, kamu mendapatkan skor listening 6.5. Lalu, untuk skor lainnya adalah reading 6.5, speaking 7, writing 5. Apabila dijumlah semuanya, maka skor akumulasi yang didapatkan adalah 25. Setelah itu, skor tersebut dapat dibagi 4.

Hasil dari dibagi 4 adalah 6.25. Dalam IELTS, berlaku pula pembulatan pada angka di belakang koma. Apabila koma di bawah .25 maka dibulatkan menjadi 0. Apabila di atas .25 maka dibulatkan menjadi .50. Sedangkan jika di atas .75, maka dibulatkan menjadi 1. Oleh sebab itu, skor akan menjadi 6.5, karena sudah dibulatkan, Itulah perkiraan skor yang akan didapatkan.

Cara menghitung skor IELTS listening menjadi hal penting yang perlu diketahui. Karena dengan mengetahui cara menghitung skor. Maka kamu dapat menargetkan pula berapa banyak soal yang perlu dikerjakan. Agar mendapatkan skor maksimal, atau setidaknya di atas rata-rata. Perlu dipersiapkan, terdapat beberapa instansi yang perhitungan skornya berbeda 0,5-1 poin.

Baca Juga: TIPS LATIHAN READING IELTS

Belajar IELTS dalam Kursus

Jika kamu akan menghadapi tes IELTS, penting untuk melakukan persiapan yang maksimal. ICAN English menyediakan kelas persiapan IELTS di mana kamu akan belajar dari para ahli yang berpengalaman. Tim pengajar kami akan memberikan pembelajaran yang maksimal agar kamu bisa mendapatkan skor tinggi.

Kami telah hadir di berbagai kota, termasuk Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Samarinda, Balikpapan, Batam dan lainnya. Sebelum masuk ke kelas, kamu akan diharuskan untuk mengambil placement test untuk mengetahui kemampuan sebelum kamu mulai belajar.

Kamu bisa mengambil kelas offline atau online di mana ini akan memudahkan kamu dan dapat disesuaikan dengan gaya belajar yang kamu miliki. Kelas offline kami dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan lengkap agar proses belajar berjalan maksimal.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

IELTS atau The Internasional English Language Testing System merupakan tes bahasa inggris yang banyak digunakan secara internasional. Tes ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendaftar kuliah, kelengkapan syarat kuliah, melamar pekerjaan hingga untuk syarat...

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Berapa Kisaran Biaya Tes IELTS?

Persiapan IELTS melibatkan pemahaman format tes, bagaimana itu ditandai dan kemudian membuat rencana untuk mencapai skor yang diinginkan. Selain mempersiapkan diri, kamu juga perlu mempersiapkan biaya tes IELTS. Persiapan IELTS sendiri biasanya meliputi latihan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH