cara menghitung skor ielts listening

Cara Menghitung Skor IELTS Listening

Saat ini, tes IELTS banyak digunakan beberapa instansi di Indonesia. Walaupun tidak semasif TOEFL, tetapi banyak instansi yang mewajibkan untuk melampirkan sertifikat IELTS. Salah satu strategi mendapatkan skor tinggi adalah membuat target skor IELTS. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya ketahui cara menghitung skor IELTS listening dan bagian lainnya.

Karena penilaian dalam soal IELTS pun terbilang cukup sulit. Sehingga sebaiknya memang memperhitungkannya terlebih dahulu sebelum membuat target berapa soal yang akan dikerjakan. Karena setiap soal pun memiliki poinnya masing-masing. Biasanya, skor dalam IELTS disebut pula dengan band yang memiliki skala mulai dari 6 sampai dengan 9.

Mengenal TOEFL dan Bagian Tesnya

Jika kamu berencana untuk belajar di universitas di negara berbahasa Inggris, kamu mungkin perlu mengikuti tes TOEFL. TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan nama resmi dari tes tersebut. Ini akan menilai kemampuan dalam hal membaca, berbicara, mendengarkan dan menulis.

Dalam tes TOEFL iBT, berikut format tes yang wajib kamu tahu:

  • Bagian membaca antara 54-72 menit yang melibatkan bacaan, dengan 30-40 pertanyaan untuk dijawab
  • Bagian mendengarkan antara 51-57 menit yang melibatkan menjawab 28-39 pertanyaan tentang kuliah singkat atau diskusi kelas
  • Bagian berbicara yang berlangsung 17 menit dan melibatkan 4 tugas lisan
  • Bagian menulis yang berlangsung 50 menit dan melibatkan 2 tugas

Hasil tes TOEFL yang kamu terima hanya akan berlaku selama dua tahun, setelah waktu tersebut maka tidak akan berlaku lagi, jadi jika ingin mendaftar belajar di luar negeri setelah waktu tersebut, kamu harus mengikuti tes lagi.

Cara Menghitung Skor IELTS Listening dengan Mudah

Hampir keseluruhan soal IELTS, biasanya akan diawali dengan bagian listening. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menghitung skor pada bagian pertama ini. Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan perkiraan skor dari soal listening. Untuk lebih jelasnya, simak penjabarannya di bawah ini!

Menghitung Sesuai Tabel Konvensi Band IELTS Listening

Cara pertama adalah dengan menghitung skor sesuai dengan tabel konvensi. Tabel ini bersifat universal, sehingga kemungkinan besar semua pihak penyelenggara IELTS menggunakan tabel ini. Rinciannya adalah sebagai berikut. Jumlah 4-5 jawaban benar skornya 2.5. 6-7 jawaban benar skornya 3. 8-10 jawaban benar skornya 3.5. 11-12 jawaban benar skornya 3.5.

13-15 jawaban benar skornya 4.5. 16-17 jawaban yang benar skornya 5. Lalu, 18-22 jawaban benar skornya 5.5. 23-25 jawaban benar skornya 6. 26-29 jawaban benar skornya 6.5. 30-31 jawaban benar skornya 7. 32-34 jawaban benar skornya 7.5. 35-36 jawaban benar skornya 8. 37-38 jawaban benar skornya 8.5. Terakhir, yang tertinggi skor 9 untuk 39-40 jawaban benar.

Baca Juga:
Kursus Persiapan IELTS di Samarinda

Cara Menghitung Skor Keseluruhan IELTS

Untuk mendapatkan skor keseluruhan, maka setiap band pada semua skill IELTS perlu diakumulasikan. Misalnya, kamu mendapatkan skor listening 6.5. Lalu, untuk skor lainnya adalah reading 6.5, speaking 7, writing 5. Apabila dijumlah semuanya, maka skor akumulasi yang didapatkan adalah 25. Setelah itu, skor tersebut dapat dibagi 4.

Hasil dari dibagi 4 adalah 6.25. Dalam IELTS, berlaku pula pembulatan pada angka di belakang koma. Apabila koma di bawah .25 maka dibulatkan menjadi 0. Apabila di atas .25 maka dibulatkan menjadi .50. Sedangkan jika di atas .75, maka dibulatkan menjadi 1. Oleh sebab itu, skor akan menjadi 6.5, karena sudah dibulatkan, Itulah perkiraan skor yang akan didapatkan.

Cara menghitung skor IELTS listening menjadi hal penting yang perlu diketahui. Karena dengan mengetahui cara menghitung skor. Maka kamu dapat menargetkan pula berapa banyak soal yang perlu dikerjakan. Agar mendapatkan skor maksimal, atau setidaknya di atas rata-rata. Perlu dipersiapkan, terdapat beberapa instansi yang perhitungan skornya berbeda 0,5-1 poin.

Baca Juga:
Tips Latihan Membaca Bahasa Inggris

Belajar IELTS dalam Kursus

Jika kamu akan menghadapi tes IELTS, penting untuk melakukan persiapan yang maksimal. ICAN English menyediakan kelas persiapan IELTS di mana kamu akan belajar dari para ahli yang berpengalaman. Tim pengajar kami akan memberikan pembelajaran yang maksimal agar kamu bisa mendapatkan skor tinggi.

Kami telah hadir di berbagai kota, termasuk Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Samarinda, Balikpapan, Batam dan lainnya. Sebelum masuk ke kelas, kamu akan diharuskan untuk mengambil placement test untuk mengetahui kemampuan sebelum kamu mulai belajar.

Kamu bisa mengambil kelas offline atau online di mana ini akan memudahkan kamu dan dapat disesuaikan dengan gaya belajar yang kamu miliki. Kelas offline kami dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan lengkap agar proses belajar berjalan maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi