Tenses dan kegunaannya

Mengenal Tenses dan Kegunaannya

Jan 26, 2022 | Bahasa Inggris

Materi seputar tenses dan kegunaannya akan kamu temukan jika berencana untuk belajar bahasa Inggris. Tenses berguna karena akan digunakan baik untuk percakapan maupun menulis. Kunci grammar yang baik tentu saja berawal dari pemahaman tenses yang baik pula.

Dengan menguasai tenses bahasa Inggris, kamu bisa menerapkan bahasa Inggris dengan benar. Kamu juga akan mengerti semua tata bahasa ataupun grammar. Sebab, semua tata bahasa yang kamu pelajari di dalam bahasa Inggris tidak akan terlepas dari susunan kata yang ada dalam 16 tenses ini.

Baca Juga: CONTOH PERCAKAPAN SIMPLE PRESENT TENSE

3 Bentuk Tenses dan Kegunaannya

Tenses dengan ketentuan susunan kalimatnya akan membantu kamu untuk menggunakan bahasa Inggris dengan tepat. Karenanya, pemahaman tenses menjadi pelajaran dasar yang sangat penting dan berguna dalam komunikasi sehari-hari.

1. Simple Present Tense

Tenses yang satu ini merupakan salah satu tense bahasa Inggris yang paling sering digunakan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris. Rumus yang berlaku untuk simple present tense adalah S + V1/Vs/es + O. Kegunaan tense ini adalah sebagai berikut:

  • Menyatakan kebiasaan atau rutinitas
  • Menyatakan kebenaran umum atau fakta
  • Menunjukkan kejadian yang terjadi saat ini

2. Present Continuous Tense

Present Continuous Tense terkenal juga dengan istilah lain yaitu present progressive tense. Tense yang satu ini memiliki rumus S + to be (is/am/are) + Ving + O. Fungsi tense ini adalah sebagai berikut:

  • Menjelaskan tentang hal yang sedang terjadi di waktu kini
  • Menyatakan rencana yang sudah pasti
  • Menjelaskan realita yang sedang terjadi saat ini
  • Menunjukkan sebuah tindakan atau kejadian yang sedang terjadi pada saat pembicaraan sedang berlangsung atau yang sifatnya sementara

3. Simple Past Tense

Simple past tense juga menjadi salah satu tense yang paling populer. Tense yang satu ini menjelaskan kejadian di masa lalu. Karakteristik dari simple past tense adalah penggunaan kata kerja kedua untuk menunjukkan kejadian di masa lampau.

Rumus dari tenses ini adalah S + V2 + O dengan fungsi utama untuk:

  • Menyatakan suatu kejadian yang terjadi di masa lalu dan tidak berkaitan dengan kejadian di masa kini
  • Memiliki waktu kejadian yang jelas dan waktu yang umum
  • Menunjukkan kejadian berurut yang terjadi di masa lalu

Mengetahui tenses dan kegunaannya harus kamu lakukan agar bisa menggunakan bahasa Inggris yang benar. Ini juga dilakukan untuk meminimalisir kesalahan atau komunikasi yang dilakukan. Ketika kamu belajar bahasa Inggris, hal ini harus kamu lakukan agar dapat memahaminya secara maksimal.

Baca Juga: CONTOH KALIMAT CONTINUOUS TENSE

Pentingnya Menggunakan Tenses

Dalam bahasa Inggris, tenses memainkan peran penting dalam membangun kalimat yang bermakna bagi pembaca. Tenses terutama dikategorikan menjadi past tense, present tense dan future tense. Tenses adalah bagian penting dari tata bahasa Inggris.

Ini menunjukkan waktu suatu tindakan atau keadaan yang biasanya ditunjukkan oleh kata kerja. Akhiran kata kerja diubah untuk menunjukkan waktu sekarang, masa lalu atau masa depan. Oleh karena itu, tense bertindak sebagai kata kerja, untuk menunjukkan apa yang terjadi ketika waktu tersebut berlangsung.

Penting untuk mengenal tenses dalam bahasa Inggris. Ketika menulis atau berkomunikasi secara langsung, kamu harus mengetahui kapan harus menggunakan present tense, past tense atau future tense.

Kegunaan tenses yang paling utama adalah menjelaskan suatu Tindakan atau peristiwa yang dijelaskan oleh kata kerja dan waktu. Kamu perlu memahami tenses yang berbeda yang menggambarkan suatu Tindakan atau peristiwa dengan mengubah bentuknya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH