Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Selama proses belajar, kadang semua tidak selalu berjalan mulus karena kadang kamu pusing dengan materi bahasa inggris. tidak sedikit juga pelajar yang stuck saat skill berbahasa tidak segera meningkat.

Banyak orang melakukan banyak hal agar bisa menguasai bahasa inggris. Mulai dari belajar otodidak sampai belajar kursus Bahasa Inggris. Tidak sedikit yang sudah memanfaatkan internet untuk berselancar dan memperoleh banyak materi dari media sosial. Atau, bisa dengan memanfaatkan aplikasi bahasa inggris gratis.

4 Tips Mengatasi Kesulitan Studi Bahasa Inggris

Salah satu alasan mengapa kamu kesulitan belajar bahasa inggris adalah tidak belajar materi dari dasar, belum paham level kemampuan Bahasa Inggris sehingga mempelajari materi yang terlalu sulit. Atau, bisa juga karena menggunakan metode belajar yang kurang tepat.

Agar kamu bisa mencapai tujuan belajar, maka ada sejumlah cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris yang bisa kamu terapkan sebagaimana berikut:

1. Ciptakan Lingkungan Belajar Kondusif

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah perbaiki lingkungan belajar. Saat belajar, kondisi lingkungan harus benar-benar nyaman untuk mendukung proses belajar bahasa asing.

Belajar tidak akan efektif kalau kamu belajar di lingkungan yang membuat tertekan, termasuk saat belajar bahasa inggris mandiri atau ikut kursus. Buat lingkungan yang fun sehingga cara belajar terasa lebih menyenangkan. Banyak kursus bahasa Inggris yang menyediakan kelas interaktif sehingga kamu tidak mudah bosan ketika pembelajaran berlangsung.

2. Rajin Hafalan Kosakata Bahasa Inggris

Cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan kosakata secara terus-menerus. Ini merupakan tips penting bagi para pelajar yang merasa minim vocabulary.

Kosakata sangat penting karena mempengaruhi kelancaran dalam berbicara, pemahaman dalam membaca, pemahaman dalam mendengarkan, dan kemampuan menulis. Bahasa inggris kamu tidak akan pernah berkembang kalau kosakata yang kamu kuasai hanya itu-itu saja.

Baca Juga:
Trik Belajar Bahasa Inggris Otodidak

3. Belajar Berkelompok

Para pemula sering mempunyai masalah dengan rasa percaya diri ketika sedang berbicara bahasa inggris. Hal ini karena mereka cenderung merasa malu atau takut melakukan kesalahan ketika mengungkapkan kalimat dalam bahasa inggris. Padahal, para pemula yang belajar Bahasa Inggris pasti melakukan kesalahan karena itu bukan bahasa utama di Indonesia.

Cara mengatasi rasa tidak percaya diri adalah belajar berkelompok atau sering bertemu orang asing. Kalau kamu terbiasa dengan hal-hal tersebut, maka rasa percaya diri pasti akan meningkat dengan sendirinya. Juga menjadi pilihan tepat kalau kamu ikut komunitas bahasa inggris dan membuka diri.

4. Sedikit Waktu, tapi Rutin

Para pemula yang sibuk bekerja sampai tidak punya waktu belajar yang cukup juga pasti akan mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. setelah pulang bekerja, kadang kamu merasa lelah dan ingin istirahat, akan tetapi itu bukanlah kendala agar tetap belajar.

Cara paling efektif belajar bahasa inggris tidak melulu harus berada di sebuah kelas dalam beberapa jam. Cara efektif belajar menguasai bahasa inggris yaitu dengan sedikit waktu tapi sering. Banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar dari mana saja. Contoh, belajar 15 menit setiap hari lebih efektif jika dibandingkan dengan belajar dua jam per minggu saja.

Baca Juga:
Kelebihan Belajar Bahasa Inggris

Metode Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Cara mengatasi kesulitan belajar bahasa inggris bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari para pelajar pada level basic hingga advanced. Akan tetapi, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan kegiatan sederhana seperti mengubah setting bahasa pada ponsel atau medsos dalam bahasa Inggris. ubah juga kebiasaan membaca, mendengarkan musik, mendengarkan podcast, ataupun video dalam bahasa inggris.

Semua cara tersebut akan membantu untuk menciptakan lingkungan bahasa inggris. poin paling penting adalah rajin praktik bahasa inggris setiap hari. Beberapa cara sederhana adalah praktik bahasa inggris di depan cermin, mencari teman di media sosial untuk praktik bahasa inggris, atau lebih enak lagi kalau kamu bergabung di ICAN English, lembaga kursus dengan kelas super fun dan seru.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi