cara mengerjakan ielts writing task 2

Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Pada dasarnya, tes IELTS dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah tes IELTS writing task 2. Di sesi tes ini, kamu akan mememecahkan pertanyaan yang diberikan dengan format essai sebagai jawaban. Persiapkan dirimu, salah satunya dengan mengetahui bagaimana cara mengerjakan IELTS writing task 2 secara efektif dan efisien.

Menjawab pertanyaan yang membutuhkan analisis dan argumen tentu tidaklah mudah. Waktu yang diberikan cukup terbatas, yaitu tidak lebih dari 40 menit. Kamu harus menjawab pertanyaan yang diberikan dengan bahasa inggris formal. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana cara efektif untuk mengerjakan IELTS writing task 2 ini.

4 Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 2 Agar Efektif

Kamu tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan begitu saja tanpa mempersiapkan apa-apa. Sebagai sebuah tes yang dinilai, akan sangat bagus bila jawaban yang diberikan sesuai dengan keinginan penilai tes. Persiapkan diri dengan baik sebelum meacngikuti tes, sehingga dapat menjawab pertanyaan dengan efektif dan skor yang diraih dapat memuaskan.

1. Pahami Bobot Penilaian

Ada empat poin yang akan dinilai dari essaimu, yaitu task archievement yang menilai seberapa relevan jawaban kamu terhadap topik permasalahan. Penilaian kedua adalah coherence & cohesion yang menilai kesinambungan dan kerunutan stuktur kalimat.

Kemudian ada penilaian lexical resource yang berhubungan dengan gaya tulisan dan variasi kata. Terakhir ada penilaian grammatical range and accuracy yang menilai penggunaan grammar dalam essaimu. Setiap poin penilaian berbobot 25%, sehingga kamu harus memperhatikan keempat hal ini saat menulis essai

2. Pahami Pertanyaan yang Diajukan

Sebagaimana tes-tes lainnya, hal pertama yang harus kamu pahami sebelum menganalisis jawaban adalah memahami pertanyaan yang diajukan. Analisis terlebih dahulu tipe pertanyaan yang diberikan. Kemudian, temukan kata kunci dari pertanyaan tersebut. Barulah kamu pahami instruksi dari pertanyaan ini.

3. Analisis Jawaban Agar Terstruktur

Setelah kamu memahami pertanyaan yang diberikan, mulailah untuk menganalisis jawaban. Analisis jawaban ini sangat dibutuhkan agar kamu dapat menyusun jawaban yang ingin kamu berikan menjadi lebih rapi serta terstruktur. Ingat, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menuliskan jawabanmu bila masih ragu pada jawaban yang akan kamu tulis.

Baca Juga:
Tips Memilih Kursus IELTS Murah

4. Tulis Jawaban Dengan Terstruktur dan Rapi

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah menuliskan jawaban. Jawaban ini merupakan jawaban yang telah kamu analisis sebelumnya dalam paragraf rapi dan terstuktur. Ingatlah untuk menggunakan format pembukaan, isi, dan penutup pada essay yang kamu tulis. Agar penilai dapat langsung memahami jawaban tersebut.

Pastikan kamu telah mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi tes yang satu ini. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar bisa mendapatkan skor terbaik. Nantinya, skor ini akan berguna untuk banyak hal, mulai dari imigrasi, persyaratan universitas dan lainnya.

Penutup

Itulah beberapa cara mengerjakan IELTS writing task 2 yang harus kamu perhatikan. Agar dapat mengerjakan essai dengan efektif. Tentu, kamu pun perlu untuk berlatih secara rutin sebelum melaksanakan tes ini. Teruslah mencoba mengerjakan Latihan atau simulasi tes. Sehingga hasil yang kamu peroleh dapat memuaskan. Selamat mencoba! jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English atau datang langsung ke kantor cabang ICAN English terdekat di kota anda.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi