cara mengerjakan listening ielts dengan mudah

Cara Mengerjakan Listening IELTS dengan Mudah

Salah satu soal atau bagian yang cukup sulit di IELTS adalah listening. Terlebih bagi orang-orang yang belum terbiasa mendengarkan audio Inggris. Oleh sebab itu, sebelum mengerjakan IELTS sebaiknya sudah mengetahui cara mengerjakan listening dengan mudah dalam IELTS. Agar hasil yang didapatkan pun lebih maksimal.

Kesulitan lainnya dalam listening IELTS adalah karena audionya akan menggunakan aksen british. Mengingat bahwa IELTS merupakan tes bahasa Inggris berbasis british atau Britain (United Kingdom). Sehingga, beberapa pengucapan atau pelafalannya mungkin akan terasa asing serta sulit dimengerti. Karena beberapa pelafalan Amerika dan Britain memang berbeda.

3 Cara Mengerjakan Listening dengan Mudah dalam IELTS

Untuk mendapatkan skor tinggi dalam listening IELTS, sebenarnya terdapat beberapa cara serta trik. Sebaiknya, mulailah untuk belajar terkait listening IELTS dari jauh-jauh hari. Karena persiapan yang dilakukan secara mendadak dikhawatirkan menyebabkan skor tidak maksimal. Inilah beberapa cara serta trik untuk mengerjakan listening IELTS!

Baca Juga:
Kursus Persiapan IELTS di Manado

1. Mengenal serta Memahami Tipe, Format, dan Jenis Soal

Cara mengerjakan listening dengan mudah pertama adalah mengenali jenis serta tipe soalnya terlebih dahulu. Kamu akan kesulitan menyelesaikan soal listening, apabila tidak mencoba mencari tahu tipe soalnya terlebih dahulu. Biasanya terdapat 4 section. Pada section 1, biasanya akan terdapat 2 native speaker yang berdialog terkait topik sehari-hari.

Pertanyaan yang diajukan biasanya terkait nama, tempat, tanggal, dan sebagainya. Section 2 berisi satu native speaker yang membacakan monolog terkait keadaan sosial. Section 3 berisi tiga sampai empat native speaker yang berbincang terkait akademis. Section 4 berisi satu native speaker yang bermonolog terkait akademik. Pertanyaannya terkait pengisian tabel kosong.

2. Fokus dan Menyimak Setiap Audio

Dalam listening IELTS, biasanya tidak ada pengulangan untuk audio. Oleh sebab itu, pastikan kamu benar-benar fokus pada audio yang tengah diputar. Jangan alihkan perhatianmu pada apapun, hanya pada audio saja. Karena dikhawatirkan akan terdapat informasi atau kata kunci penting yang terlewat.

Terkadang, beberapa orang tidak fokus karena kurang mengerti aksen dan topik yang diutarakan oleh native speaker. Itulah mengapa, sebaiknya mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Sebelum melakukan tes IELTS, sebaiknya perbanyak mendengarkan audio dengan aksen british. Agar telinga pun semakin terbiasa mendengarkan native speaker beraksen british.

Baca Juga:
Cara Mengerjakan IELTS Writing Task 2

3. Memeriksa Kembali Ejaan yang Ditulis

Dalam listening IELTS, biasanya terdapat beberapa soal esai atau isian. Terkadang, ejaan tulisan yang salah pun menyebabkan pengurangan poin. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengecek kembali ejaan yang ditulis pada lembar jawaban. Pastikan ejaan yang ditulis memang sudah benar dan tepat.

Kesimpulan

Agar kamu dapat mengerjakan ujian ini dengan maksimal, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan IELTS di mana kamu akan dibimbing oleh tutor berpengalaman dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Beberapa cara mengerjakan listening dengan mudah dalam IELTS di atas dapat kamu terapkan ketika mengerjakan tes IELTS. Pastikan pula telah melakukan persiapan sebelum tes IELTS dimulai. Untuk mendapatkan skor maksimal, tentunya harus mengeluarkan usaha yang maksimal pula. Jika ingin mengertahui informasi lebih lanjut anda bisa hubungi ICAN English, atau anda bisa datang langsung ke kantor cabang kami terdekat.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi