Cara Mengerjakan TOEFL Dengan Mudah

Cara Mengerjakan TOEFL Dengan Mudah

Mengetahui cara mengerjakan TOEFL dengan mudah sangat penting bagi pelajar internasional yang ingin kuliah di universitas berbahasa Inggris. Tapi apa sebenarnya arti “lulus TOEFL”? Apakah ada nilai kelulusan TOEFL tertentu yang harus diperoleh setiap orang?

Sebenarnya, mengerjakan TOEFL dengan mudah harusnya membuat kamu bisa mencapai skor terbaik. Hanya skor ideal yang akan mengantarkan kamu ke universitas pilihan. Oleh karena itu, skor yang kamu perlukan untuk mengerjakan TOEFL akan bervariasi tergantung di mana kamu melamar.

5 Tips Mengerjakan TOEFL dengan Mudah

Berikut adalah beberapa cara mengerjakan TOEFL dengan mudah:

1. Pelajari Format TOEFL

Mengetahui format TOEFL adalah kunci untuk mengerjakan TOEFL dengan penuh kesuksesan. Luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar struktur tes dan apa yang diuji serta bagaimana penilaiannya, berikut gambaran struktur tes TOEFL:

SesiUrutan TesDurasi WaktuJumlah PertanyaanPenilaian
Reading160-80 menit36-56 soal0-30
Listening260-90 menit34-51 soal0-30
Speaking320 menit6 latihan0-30
Writing450 menit2 latihan0-30

Pada sesi Reading dan Listening, kamu mungkin menemukan pertanyaan eksperimental tambahan, menambah waktu dan jumlah pertanyaan untuk bagian tersebut.

Kamu juga harus mengenal setiap bagian TOEFL secara detail. Pelajari apa yang diuji pada bagian Reading, Listening, Speaking, dan Writing untuk melihat jenis konten apa yang perlu kamu ketahui untuk ujian.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris Bagus dan Murah di Tangerang untuk Kuliah Luar Negeri

2. Tips Mengerjakan Reading

Kamu harus mempraktikkan strategi persiapan ujian dan pengambilan ujian. Strategi mengajarkan kamu dalam menghadapi tantangan, mengatur waktu, dan tetap percaya diri. Ada beberapa tip dan strategi TOEFL terbaik yang digunakan untuk setiap bagian.

Pada sesi Reading, pastikan menghafalkan kosakata umum TOEFL. Selanjutnya, pilih strategi membaca yang tepat, seperti scanning atau skimming. Gunakan petunjuk konteks dalam suatu bagian untuk mencari tahu arti kata-kata asing.

Kamu juga bisa membuat banyak catatan pada klip audio. Penting juga untuk meluangkan waktu sekitar 20 menit pada tiap bagian dan rangkaian pertanyaan. Lewati pertanyaan sulit, karena kamu bisa mengerjakannya nanti. Gunakan proses eliminasi untuk mempersempit jawaban.

3. Mengerjakan Listening

Untuk sesi mendengarkan, sering mendengarkan berbagai aksen bahasa Inggris, termasuk Amerika Utara, Inggris, dan Australia. Kamu bisa membuat banyak catatan pada klip audio. Gunakan proses eliminasi untuk mempersempit jawaban. Selain itu, kamu bisa memperhatikan baik-baik klip audio yang diputar ulang.

4. Mengerjakan Speaking

Berlatih berbicara Bahasa Inggris dengan penutur asli Bahasa Inggris. Asah pengucapan dan rekam diri sendiri ketika berbicara. Selanjutnya, kamu bisa menghadapi ujian dengan berbicara penuh percaya diri.

5. Mengerjakan Writing

Latih latihan menulis sesuai dengan durasi ujian. Hafalkan juga transisi umum. Buat banyak catatan pada klip audio untuk mengerjakan tugas yang terintegrasi. Buatlah garis besar esai untuk kerangka terlebih dahulu.

Jawab setiap pertanyaan karena tidak ada penalti untuk jawaban yang salah. Baca pertanyaan dan pilihan jawaban dengan cermat. Pastikan juga agar kertas coretan tetap rapi. Gunakan waktu istirahat 10 menit untuk bangun, berjalan-jalan, dan melakukan peregangan.

Baca Juga:
Ini Syarat Nilai TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri Studi Pascasarjana

Manfaatkan Persiapan Kelas TOEFL ICAN English!

Agar kamu bisa menggunakan hasil TOEFL di universitas pilihan, cari tahu terlebih dahulu tentang syarat skor TOEFL yang mereka tetapkan sesuai jurusan yang kamu pilih. Hal ini penting sehingga kamu bisa segera mengirimkan aplikasi jika memenuhi syarat bahasa.

Ingat bahwa cara mengerjakan TOEFL dengan mudah hanya bisa dilakukan oleh para pelajar yang sudah melakukan perencaan matang. Manfaatkan adanya kursus Bahasa Inggris TOEFL Preparation Class yag akan membantu untuk memberikan banyak sumber daya terbaik yang tersedia untuk mendapatkan hasil maksimal dari persiapan.

Tidak hanya latihan soal-soal secara intensif, kamu juga akan mendapatkan kelas yang nyaman, tutor profesional, dan dukungan penuh selama belajar di kelas persiapan TOEFL di ICAN English. Kami selalu menggunakan sumber daya TOEFL resmi, yaitu sumber daya yang dibuat oleh ETS. Sumber daya tersebut adalah pilihan terbaik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi