Cara mengerjakan TOEFL grammar

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar

Mar 21, 2022 | TOEFL

TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) memang dikenal memiliki tingkat kesulitan soal yang cukup tinggi, terutama di bagian pengerjaan structure yang berisikan grammar. Sehingga, penting untuk mengetahui cara mengerjakan TOEFL grammar agar bisa mendapatkan skor tinggi yang memuaskan.

Skor tinggi dari TOEFL sangat dibutuhkan untuk kamu yang hendak mendaftarkan diri melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Hal tersebut dikarenakan skor TOEFL menunjukan tingkat kemampuan kamu dalam mengusai Bahasa Inggris, Untuk itu, banyak orang yang memutuskan untuk bergabung dalam course preparation TOEFL untuk mendapatkan skor maksimal.

Baca Juga: LATIHAN GRAMMAR UNTUK TES TOEFL

Cara Mengerjakan TOEFL Grammar Dengan Mudah

Hampir sebua bagian soal dalam TOEFL memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, tetapi bagian structure merupakan yang paling tinggi. Soal structure dalam tes TOEFL mengharuskan kamu untuk paham betul terkait grammar yang digunakan. Berikut merupakan cara mengerjakan TOEFL grammar yang bisa diikuti.

1. Pahami instruksi soal dengan baik

Cara pertama ketika kamu mengerjakan TOEFL di bagian structure yakni perlu memahami instruksi soal dengan sangat baik. Hal tersebut dikarenakan, jika kamu keliru dalam memamhami instruksi, maka akan berakibat cukup fatal saat mengisi soal.

Soal tentang grammar dalam TOEFL terbagi menjadi dua bagian structure dan written expression. Untuk mengisi bagian structure kamu harus mencari kata yang  tepat untuk mengisi bagian kosong dalam soal. Sedangkan, untuk bagian written expression kamu harus menemukan kata yang tidak tepat untuk mengisi jawaban.

2. Pelajari konsep dasar dari pembentukan kalimat

Cara mengerjakan TOEFL grammar berikutnya yaitu, kamu harus memahami konsep dasar dari pembentukan sebuah kalimat. Secara umum, dalam pembentukan kalimat berBahasa Inggris, hampir semua kalimat diawali dengan subjek yang kemudian diikuti oleh kata kerja.

Sehingga, saat kamu tenagh mengerjakan soal berbentuk grammar hal pertama yang harus dilakukan yakni perhatikan penggunaan subjek dan kata kerjanya. Setelah itu, tentukan jawaban yang paling tepatnya.

3. Perhatikan penggunaan subject dan verb

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam mengerjakan soal grammar perlu memperhatikan Subjek dan verb (kata kerja) dalam sebuah kalimat. Soal grammar dalam TOEFL kebanyakan tersusun dalm bentuk kalimat yang pembangun utamanya yakni subjek dan verb. Sehingga, penting untuk memahami konsep penggunaan kedua elemen tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lebih dari tiga puluh persen soal grammar dalam TOEFL hanya berkutat pada permasalahan penggunaan subjek dan verb. Meskipun demikian, kamu juga tetap harus mempelajari bentuk grammar yang lainnya.

4. Pahami konsep perubahan verb

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya terkait pentingnya menguasai verb dalam pengerjaan soal TOEFL. Dalam bahsa inggris, verb memiliki perubahan yang dibagi kedalam tiga bagian diantaranya verb 1, verb 2, dan verb 3.

Jenis verb tersebut menunjukan waktu dari sebuah kalimat. Sehingga, sangat penting untuk memahami konsep penggunaan verb karena perubahan dari verb pada dasarnya memberikan keterangan untuk subjek.

Baca Juga: CARA BELAJAR TOEFL UNTUK PEMULA

Lakukan Berbagai Latihan Sebelum Mengikuti Tes

Selain mengetahui tata cara pengerjaan TOEFL grammar, kamu juga harus mempersiapkannya dengan sangat matang. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan kamu dalam bidang grammar untuk TOEFL.

1. Latihan soal dari internet

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengunduh contoh soal TOEFL grammar di internet. Pastikan untuk mengunduh soal yang disertai dengan penjelasan, supaya selain kamu dapat berlatih secara langsung kamu juga akan mendapatkan penjelasan secara terperinci agar lebih paham terkait materi tersebut.

2. Latihan grammar di buku khusus

Cara berikutnya yang bisa dilaukan yakni dengan latihan grammar menggunakan bantuan dari buku khusus. Banyak yang berfikir bahwa, untuk dapat menguasai grammar bahasa inggris cukup dengan menguasai 16 jenis tenses saja. Namun, hal tersebut sangatlah keliru.

Grammar yang akan muncul dalam soal TOEFL sangat beragam. Sehingga, selain harus menguasai tenses kamu juga perlu menguasai hal-hal lain seperti kosa kata, idiom, frasa, hingga struktur kalimat.

Cara mengerjakan TOEFL grammar memang tidaklah mudah, sehingga diperlukan latihan khusus. Cara-cara di atas bisa kamu ikuti dengan cukup mudah ketika mengerjakan TOEFL bagian grammar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Apa Perbedaan TOEFL ITP dan PBT?

Sebagian besar universitas di Amerika membutuhkan skor TOEFL ITP atau PBT dari siswa internasional. Namun, sebenarnya apa perbedaan dari TOEFL ITP dan PBT tersebut? TOEFL ITP adalah ujian yang serupa, tetapi tidak identik, dengan TOEFL iBT. Tes ini sendiri memiliki...

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Persiapan TOEFL

TOEFL adalah salah satu tes penilaian bahasa Inggris yang paling populer dan diterima secara luas di dunia pendidikan asing. Tes ini akan membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan bahasa Inggris yang maksimal. Belajar bahasa Inggris persiapan TOEFL perlu dilakukan...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH