Salah satu cara mengetahui level bahasa Inggris adalah mengidentifikasi setiap level

Cara Mengetahui Level Bahasa Inggris

Des 13, 2021 | Bahasa Inggris

Ada berbagai cara mengetahui level bahasa Inggris. Kamu dapat mengikuti tes level bahasa Inggris atau juga menentukannya lewat kemampuan yang telah kamu miliki. Level bahasa Inggris sendiri biasanya mengikuti CEFR yang merupakan pedoman internasional untuk mengukur kemampuan bahasa, menggunakan skala dari A1 (pemula) hingga C2 (master bahasa).

Ada banyak tes online gratis yang bisa kamu ikuti untuk memeriksa level bahasa Inggris. Kamu juga bisa mengikuti tes kemampuan bahasa resmi seperti IELTS yang bisa memberikan sertifikat tentang tingkat bahasa Inggris kamu. Kursus persiapan IELTS juga perlu kamu lakukan jika membutuhkan skor yang cukup tinggi dalam tes ini.

Baca Juga: TIPS MENCAPAI LEVEL BAHASA INGGRIS B1

Bagaimana Mengetahui Level Bahasa Inggris?

Selain mengikuti tes kemampuan sebagai cara mengetahui level bahasa Inggris, panduan ini juga akan membantu kamu membandingkan keterampilan dengan setiap tingkat kemahiran bahasa Inggris. Ini juga akan memperkirakan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai setiap tingkat.

1. Beginner: Level A1

Pada level ini, kamu mengetahui pengetahuan bahasa yang sangat terbatas. Namun, kamu masih bisa mengelola situasi sehari-hari dengan ekspresi dan kosakata yang umum digunakan. Kosakata yang kamu kuasai pada level ini kira-kira sebanyak 700 kata.

Pada level A1, pelajar bahasa Inggris dapat:

  • Memperkenalkan diri mereka secara sederhana, menggunakan salam dasar dan pembuka percakapan
  • Memahami petunjuk yang sangat mendasar dari penutur asli
  • Dapat membaca tanda, poster, dan pemberitahuan sederhana
  • Dapat menulis deskripsi yang sangat sederhana tentang hobi dan minat

2. Pre-Intermediate: Level A2

Pada level ini, kamu bisa mengambil bagian dalam obrolan ringan sehari-hari dan mengemukakan pendapat, namun tetap dengan cara yang sederhana dan hanya pada topik yang sudah familiar. Pada tahap ini, kamu akan mulai benar-benar mengeksplorasi tenses masa lalu dan masa depan.

Ketika mencapai level ini, kamu setidaknya memiliki kosakata kerja sekitar 1500 kata dan pemahaman grammar yang solid.

Pada tingkat kemahiran A2, pelajar bahasa Inggris dapat:

  • Berbicara dengan penutur bahasa Inggris, dan membahas topik yang sudah kamu kenal
  • Memahami ekspresi lambat yang sering digunakan di area seperti belanja, keluarga, dan pekerjaan
  • Menulis tentang hal-hal dalam istilah yang sederhana, dan deskripsi dasar tentang keluarga dan teman
  • Membaca teks pendek dan sederhana yang berisi kosakata frekuensi tinggi dan ekspresi internasional

3. Intermediate: Level B1

Ada perkembangan yang sangat besar antara A1 dan B1. Di sini, kamu telah mencapai tingkat kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris. Ketika mencapai B1, kamu harus memiliki kosakata kerja sekitar 2500 kata, dan kamu dapat mengingat sekitar setengahnya dengan kecepatan tertentu.

Pada tingkat kemahiran B1, kamu dapat:

  • Menggambarkan pengalaman dan keinginan
  • Mendengarkan dan memahami acara TV berbahasa Inggris, tetapi tetap memerlukan teks bahasa Inggris.
  • Mengikuti alur dalam cerita bahasa Inggris yang cukup sederhana dan memahami apa yang terjadi di berita
  • Menulis teks sederhana tentang topik yang akrab atau minat pribadi

4. Upper-Intermediate: Level B2

Di tingkat B2 Bahasa Inggris, kamu telah membangun kepercayaan diri dan kontrol saat berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca dalam bahasa Inggris. Tingkat bahasa Inggris ini cukup baik untuk berfungsi di tempat kerja, sekolah, dan perguruan tinggi berbahasa Inggris. Kamu juga dapat menghasilkan kalimat yang kompleks dan terdengar alami dalam percakapan normal.

Pada tingkat kemahiran B2, kamu akan dapat:

  • Mengambil bagian aktif dalam diskusi dalam konteks yang sudah kamu kenal, dan memberikan penjelasan dan argumen yang relevan
  • Memahami ucapan standar yang diucapkan dengan kecepatan normal, asalkan topiknya cukup familiar
  • Memahami gagasan utama ketika membaca teks kompleks, serta prosa, artikel, dan laporan sastra kontemporer
  • Tulis teks yang jelas dan terperinci tentang mata pelajaran yang terkait dengan minat atau bidang keahlian mereka

Dengan mengenal level-level ini, kamu bisa mengidentifikasi di level mana kamu sudah memahami bahasa Inggris. Selain empat level di atas, masih ada dua level lainnya di mana seseorang yang sudah berada di dua level ini umumnya sudah fasih atau menguasai bahasa Inggris sepenuhnya.

Baca Juga: Cara mudah belajar idiom bahasa inggris

Level Bahasa Inggris Lanjutan

Tak berhenti di empat level di atas, masih ada dua level lanjutan lainnya. Jika kamu sudah berada di dua level ini, maka kamu sudah dapat percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di lingkungan sehari-hari.

Advanced: Level C1

C1 adalah tingkat bahasa Inggris lanjutan. Pengguna C1 dapat berbicara bahasa Inggris dengan mudah, dan memahami bahasa dalam hampir semua kerumitannya. Pada titik ini, kamu akan dapat melakukan percakapan lebih lama, bahkan tentang topik yang tidak dikenal. Kamu juga akan memahami teks bahasa Inggris yang lebih panjang.

Cara terbaik untuk berada di level ini adalah dengan mempelajari keterampilan baru. Misalnya, kamu bisa mengambil kursus dan peningkatan keterampilan untuk karir dan tujuan pribadi, sambil meningkatkan keterampilan bahasa Inggris pada saat yang sama.

Dengan begitu, kamu tidak hanya akan mempelajari keterampilan baru, tetapi juga akan belajar banyak kosakata khusus untuk topik tersebut.

Mastery: Level C2

Level C2 adalah tingkat bahasa Inggris tertinggi yang pernah ada, dan karenanya sering juga disebut sebagai “mastery”. Ini dimaksudkan bahwa pengguna bahasa Inggris berada pada tingkat yang sama dengan penutur asli.

Pengguna bahasa Inggris tingkat C2 merasa nyaman menulis atau berbicara tentang semua jenis subjek, dengan ekspresi yang beragam dan penyampaian yang sangat baik.

Kunci untuk berada di level ini adalah dengan sepenuhnya mengintegrasikan bahasa ke dalam hidup. Menggunakannya setiap hari dan berbicara dengan penutur asli akan mempercepat proses untuk menuju C2 lebih cepat. Keluar dari zona nyaman kamu dan masuk ke dalam situasi di mana kamu harus menggunakan bahasa secara spontan, seperti debat, acara, atau bahkan kencan juga menjadi cara yang baik untuk berada di tingkat master ini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH