Cara Mengikuti Tes TOEFL Online

Cara Mengikuti Tes TOEFL Online

Kecanggihan zaman saat ini dimanfaatkan dengan baik melalui tes TOEFL online. Melalui tes TOEFL secara online ada berbagai macam kemudahan yang bisa kamu rasakan. Sekalipun kecanggihan zaman sudah berjalan dengan cepat kau masih banyak yang merasa bingung bagaimana cara mengikuti TOEFL online.

Sebelum mengetahui bagaimana cara melakukan cover secara online, sebaiknya kamu memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan tes TOEFL dan bagaimana cara mendapatkan nilai yang sesuai dalam tes TOEFL sehingga tidak perlu mengulang lagi.

Apa itu Tes TOEFL IBT?

Jadi tes TOEFL online atau yang sering disebut sebagai tes TOEFL IBT adalah tes dengan basis komputer yang diawasi oleh ETS atau Educational Testing Service. ETS Merupakan badan organisasi non profit yang melakukan pengujian dan asesmen sejak 1947 di Amerika dan merupakan penyelenggara standarisasi kemampuan berbahasa Inggris secara internasional seperti TOEFL dan TOEIC. 

TOEFL ITB merupakan upgrade dari TOEFL CBT dimana keduanya sama-sama menggunakan komputer dalam proses pengujiannya. Bedanya IBT lebih memanfaatkan internet untuk mendapatkan hasil tes yang lebih akurat dan efektif. 

Struktur tes TOEFL online ini menjadi dibagi menjadi empat sesi pengujian dengan masa waktu tiga sampai empat jam. Sesi tersebut seperti reading, listening, writing, and speaking dengan skor maksimum yang didapatkan 120 poin. 

Biaya tes TOEFL ini berkisar sekitar 205 dolar, memang cukup mahal jika dibandingkan dengan TOEFL ITP yang sering diadakan di universitas universitas negeri di Indonesia. Sertifikat tes TOEFL online dapat digunakan tidak hanya untuk keperluan mendaftar universitas di luar negeri tetapi juga untuk mendapatkan program beasiswa yang diberikan oleh instansi pendidikan di luar negeri loh. 

Cara Mengikuti Tes TOEFL secara Online

Jika kamu tertarik untuk mengikuti tes TOEFL secara online, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan seperti berikut;

  • Pertama kamu harus melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu pada situs penyedia tes TOEFL bahasa Inggris online yang diselenggarakan oleh ETS.
  • Setelah itu kamu harus memiliki akun ETS Terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun tersebut maka bisa membuat website ETS. Nanti kamu harus mengisi informasi, seperti nama, alamat, asal negara, dan lain sebagainya. 
  • Setelah itu kamu akan diberikan tiga opsi untuk melakukan proses pembayaran. Opsi pertama bisa menggunakan kartu kredit atau debit, Kedua bisa menggunakan Paypal dan yang terakhir menggunakan voucher. Kamu bisa mengetahui biaya TOEFL online dan kalikan dalam kurs rupiah ketika akan melakukan pembayaran ya.

Dengan melakukan tiga langkah tersebut kamu sudah bisa mengetahui bagaimana cara untuk melakukan tes TOEFL secara online. Tentunya, dalam mempersiapkan diri kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL agar bisa mendapatkan skor maksimal.

Keunggulan Mengikuti Tes TOEFL secara Online

Mengikuti tes TOEFL cara online sebenarnya memberikan banyak keuntungan. Sekalipun harganya relatif lebih mahal, tetapi keunggulan tersebut bisa kamu dapatkan ketika melakukan tes TOEFL online. Keuntungannya seperti berikut.

Tes TOEFL Online Lebih Diminati Universitas Luar Negeri

Pertama, tes TOEFL online ini banyak diminati oleh kampus di luar negeri loh. Kamu dapat menggunakan sertifikat TOEFL online untuk daftar di kampus luar negeri. Hal ini dikarenakan sertifikat tersebut lebih mudah diverifikasi oleh bagian admisi universitas.

Database peserta TOEFL online dapat tersimpan secara digital sehingga proses verifikasi menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, tetapi penyaringan menjadi lebih efektif jika dibandingkan melakukan verifikasi dokumen berbentuk kertas. 

Fair Scoring

Keuntungan mengikuti TOEFL online adalah proses scoring benar-benar adil dan tidak memihak. Tes TOEFL online memang lebih singkat tetapi lebih akurat dalam mengukur kemampuan bahasa. Proses scoring yang dilakukan secara akurat dan adil sebab sangat penting bagi para peserta untuk mendapatkan skor yang sesuai. 

Mungkin saja skor tersebut akan digunakan untuk melanjutkan program studi lanjutan.

Baca Juga:
Persiapan Penting Sebelum Tes TOEFL

Waiting Period Lebih Singkat

Tes TOEFL online memiliki waiting period yang lebih singkat. Jika kamu merasa kurang puas terhadap suara yang dihasilkan pada tahap sebelumnya, maka kamu belum memenuhi kualifikasi dan bisa melakukan tes ulang dalam selang waktu tiga hari. Pendeknya waiting period TOEFL IBT sebenarnya sangat membantu bagi kamu yang belum meraih skor secara optimal.

Tidak jarang selang waktu kelulusan kamu dan datang Penataran hanya beberapa bulan, sehingga mengharuskan kamu harus bergerak ekstra untuk bisa melengkapi semua Persyaratan yang telah ditentukan untuk menjadi mahasiswa baru di kampus favorit. 

Dengan banyaknya keuntungan, kamu bisa mencoba bagaimana cara mengikuti TOEFL online. Pastikan mengikuti di EST agar mendapatkan skor yang adil. Keuntungan mengikuti TOEFL online bisa merasakan dengan mudah, biayanya juga tidak terlalu mahal loh.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web