persiapan penting sebelum tes toefl

Persiapan Penting Sebelum Tes TOEFL

Kesuksesan mendapatkan skor maksimal dalam TOEFL membutuhkan persiapan yang matang. Kamu bisa bergabung dalam kelas persiapan TOEFL atau juga belajar secara otodidak di rumah. Persiapan sebelum tes TOEFL bisa kamu lakukan sedini mungkin.

Apapun persiapan yang kamu lakukan, penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar kamu. Jangan lupa untuk mengatur waktu belajar agar persiapan kamu bisa berjalan dengan baik.

Sebelum Tes TOEFL, Lakukan 3 Persiapan Ini

Kamu perlu memilih waktu di mana kamu dapat fokus untuk mengerjakan berbagai soal tes ini. Dengan begitu, kemu bisa mendapatkan hasil TOELF yang memuaskan dan sesuai keinginan kamu.

Berikut beberapa persiapan sebelum tes TOEFL yang perlu kamu lakukan!

Baca Juga:
Persiapan Penting Sebelum Tes TOEFL

Mengenal TOEFL Lebih Jauh

Jangan mengambil tes TOEFL jika kamu belum mengenal segala informasi tentang tes yang satu ini. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari segala informasi yang berhubungan dengan TOEFL sebanyak mungkin.

Kamu perlu mengetahui seputar gambaran mengenai TOEFL dan materi apa saja yang akan diujikan. Mengenal TOEFL akan membuat kamu terbiasa dengan soal-soal yang diberikan dan bagaimana cara menjawabnya.

Hindari Menghafal Soal dan Jawaban

Trik ini tidak bisa kamu terapkan ketika mempersiapakn diri untuk TOEFL. Jika hal ini dilakukan, kamu bisa saja terjebak dengan soal-soal TOEFL tersebut. Perlu diketahui bahwa setiap tahun soal TOEFL akan terus berubah, jadi kamu tidak bisa menghafal soal secara terus menerus.

Manajemen Waktu

Tes TOEFL memiliki durasi selama 4 jam. Setiap sesi memiliki durasi yang berbeda. Alokasi waktu biasanya 60-100 menit untuk reading, 60-90 untuk listening, 20 menit untuk speaking, 50 menit untuk writing dan 10 menit untuk istirahat.

Nah, biasakan diri untuk mengatur waktu belajar kamu agar terbiasa dengan durasi TOEFL yang ditetapkan. Jangan sampai kamu terjebak pada beberapa soal yang membuat kamu berpikir terlalu lama. Hal ini hanya akan membuang waktu kamu.

Baca Juga:
Pilihan Tempat Les TOEFL di Jakarta Barat

Trik Persiapan TOEFL dalam Tujuh Hari

Nah, jika TOEFL semakin dekat, maka kamu perlu mempersiapkan diri dengan maksimal, namun tetap jangan tegang, ya.

Seminggu sebelum ujian, cobalah untuk belajar satu sampai satu setengah jam setiap hari. Jangan pernah belajar satu hari penuh atau semalam sebelum tes berlangsung. Karena hasilnya tentu tidak akan memuaskan.

Jangan tidur terlalu larut di malam sebelum ujian, karena bisa membuat kamu mengantuk dan tidak bisa berkonsentrasi saat menjawab soal ujian. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup agar bisa menjawab soal dengan benar.

Kamu juga perlu mengetahui petunjuk pengisian tes TOEFL, agar di hari tes nanti kamu tidak perlu lagi membuang waktu dengan membaca petunjuk pengisian dalam buku tes, karena kamu sudah mengetahui dan familiar dengan petunjuk tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.