cara menambah kosakata bahasa inggris

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris

Sebagai bahasa universal, Bahasa inggris sangat mempengaruhi pendidikan dan karir seseorang, sehingga mencari cara menambah kosakata bahasa inggris adalah langkah awal untuk menguasainya. Tanpa menguasai banyak vocabulary atau kosakata, maka kamu bisa kesulitan dalam mengungkapkan suatu hal baik secara lisan atau tulisan menggunakan Bahasa Inggris.

Kosakata sebagai elemen paling dasar membantu supaya kamu bisa lancar berbicara, menulis, dan membaca. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, maka semakin berhasil dalam menguasai bahasa inggris.

3 Cara Tingkatkan Kosakata Bahasa Inggris Secara Cepat

Apabila kamu tidak tahu darimana harus memulai supaya bisa meningkatkan jumlah kosakata Bahasa Inggris, maka kamu bisa menggunakan tips dari ICAN English berikut:

Baca Juga:
Jenis-Jenis Kosakata Bahasa Inggris

1. Biasakan Membaca

Cara menambah kosakata bahasa inggris ini wajib untuk kamu terapkan sebagai pemula. Cobalah membeli buku Bahasa Inggris supaya kamu keluar dari zona nyaman, yaitu Bahasa Indonesia.

Apabila menemukan kosakata yang kamu tidak tahu artinya, maka garis bawahi kata tersebut. Kemudian, gunakan kamus untuk mencari tahu dan mempelajari apa arti dari kosakata tersebut. Dengan cara ini, maka kamu jadi tahu kosakata baru, mulai dari kosakata paling mudah sampai paling rumit sekalipun. Tetapi, kamu harus menggunakan kosakata baru tersebut dalam latihan, entah dengan mengucapkannya atau dengan membuat kalimat sendiri.

2. Nonton Film dan Dengarkan Lagu

Membaca buku terdengar sangat membosankan buat kamu? Atau, justru ketika membaca kamu jadi merasa mengantuk? Salah satu kegiatan yang tidak membosankan tetapi bisa membuat kamu belajar Bahasa Inggris yaitu menonton film.

Cara menambah kosakata dalam Bahasa Inggris dengan cara nonton film adalah dengan menyimak dialog pada film tersebut. Tulis setiap kosakata pada dialog yang tidak kamu pahami apa maksudnya. Kemudian, cari tahu kosakata tersebut dengan mengaktifkan subtitle Bahasa Indonesia, atau dengan buka kamus.

Lagu bahasa inggris juga bisa kamu jadikan sebagai alternatif menambah kosakata. Tugas kamu adalah menyerap informasi yang ditangkap oleh telingamu. Saat mendengarkan sebuah lagu, kamu mungkin akan menemukan satu bahkan lebih kosakata dalam lirik yang tidak kamu mengerti artinya.

3. Satu Kosakata Satu Hari

Agar kamu bisa menambah kosakata dalam Bahasa Inggris, maka kamu harus membiasakannya setiap hari. Misalnya, cobalah belajar satu kosakata Bahasa Inggris yang baru dan artinya setiap hari.

Jadi, dalam waktu 30 hari, kamu punya 30 kosakata baru yang sudah kamu pahami maknanya. Bagaimana dengan setahun? Kamu bisa menguasai hingga 365 kosakata Bahasa Inggris!

Baca Juga:
Macam Kata Ganti Orang Bahasa Inggris

Kesalahan Dalam Menggunakan Kosakata Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara menambah kosakata bahasa inggris. Selama berlatih, kamu mungkin akan menemukan beberapa kesalahan dalam penggunaan kosakata yang sering terjadi.

Kesalahan pertama yaitu penggunaan antara they’re dan their. Keduanya terdengar mirip, membingungkan, tapi sering digunakan dalam pengucapan atau dialog. They’re adalah singkatan dari They are adalah pronoun. Sedangkan penggunaan their adalah untuk kata ganti kepemilikan yang disebut sebagai possessive pronoun, seperti contoh Their book.

Compliment atau Complement juga berbeda makna, dan seringkali terbalik dalam penggunaannya. Keduanya terdengar mirip dalam hal pelafalan. Compliment adalah pujian, sedangkan complement adalah melengkapi. Jadi, jangan sampai terbalik dalam menggunakan dua kosakata tersebut.

Dari kesalahan-kesalahan penggunaan kosakata Bahasa Inggris, maka bisa kamu jadikan sebagai pengalaman atau pembelajaran. Agar kamu bisa mendapatkan pemahaman lengkap untuk belajar secara efektif, sebaiknya ambil kursus Bahasa Inggris. Keputusan ini penting jika kamu ingin serius meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk kebutuhan karir maupun pendidikan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web