Cara Menguasai Bahasa Inggris dengan Tepat

Cara Menguasai Bahasa Inggris dengan Tepat

Cara menguasai bahasa Inggris dengan tepat akan membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa asing tersebut, sehingga bisa bermanfaat bagi pekerjaan maupun  dalam hal akademik. Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, tidak hanya penting untuk menguasai Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi, tetapi juga Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, menjadi sangat penting dalam berbagai situasi, seperti pertemuan dengan klien, presentasi, atau bahkan wawancara kerja. Meskipun banyak orang menganggap bahwa belajar Bahasa Inggris sulit, sebenarnya hal itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Trik Menguasai Bahasa Inggris agar Mudah Paham

Dengan menerapkan beberapa tips belajar Bahasa Inggris dengan mudah, tentu kamu dapat meningkatkan kemampuan kita secara signifikan. Dengan demikian, kamu sudah tidak merasa canggung atau takut saat harus berbicara dalam Bahasa Inggris dengan orang lain. Nah, berikut ini beberapa cara menguasai bahasa Inggris dengan tepat.

Tingkatkan Pengetahuan Kosakata Bahasa Inggris dengan Flashcard

Pernahkah kamu mendengar tentang metode Flashcard untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris? Flashcard adalah kartu khusus yang berisi kata-kata atau informasi tertentu, seperti nama kota, warna, binatang, atau makanan.

Meskipun terkadang dianggap membosankan, Flashcard sebenarnya merupakan salah satu metode yang efektif untuk memperkuat penghafalan karena kata-kata tersebut sering kali diulang secara berulang.

Kamu dapat membuat Flashcard dengan mudah sendiri. Selain itu, di pasaran juga banyak tersedia Flashcard dalam Bahasa Inggris yang sudah jadi. Biasanya, Flashcard ini dilengkapi dengan gambar sehingga lebih menarik.

Baca juga:
Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Dengarkan Musik Bahasa Inggris dan Tuliskan Liriknya

Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sedang belajar bahasa Inggris saat mendengarkan lirik lagu berbahasa Inggris. Mendengarkan musik adalah metode yang umum digunakan untuk mengajari bahasa kepada anak-anak, tetapi hal ini juga bisa bermanfaat bagi orang dewasa.

Pilihlah lagu favorit kamu agar lebih nyaman. Selain itu, pelajari juga arti dari lirik lagu tersebut untuk memperluas kosakata Bahasa Inggris.

Perbanyak Baca Buku Bahasa Inggris

Perbanyak membaca buku-buku dengan menggunakan bahasa Inggris adalah salah satu cara yang ampuh dan dapat dimanfaatkan.  Bagi pemula, cara menguasai bahasa Inggris dapat dimulai dengan membaca buku anak berbahasa Inggris.

Buku anak seringkali dilengkapi dengan gambar menarik dan menggunakan tata bahasa serta kosakata dasar yang umum digunakan sehari-hari. Setelah mulai terbiasa, secara perlahan kamu dapat beralih ke bacaan yang lebih menantang, seperti novel fiksi atau buku pengembangan diri dalam bahasa Inggris.

Baca Berita dan Artikel dalam Bahasa Inggris

Apakah kamu sudah terbiasa membaca berita dan artikel dalam Bahasa Indonesia? Coba mulailah membiasakan diri untuk mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris, baik itu berita tentang selebriti, bisnis, atau kesehatan.

Beberapa situs populer seperti Dailymail, CNN, dan Yahoo News bisa menjadi pilihan. Tentu saja, masih banyak lagi sumber berita yang tersedia di internet yang bisa kamu eksplorasi. Bahasa yang digunakan dalam pembuatan berita dan artikel biasanya memiliki kosakata yang jauh disebut juga dibandingkan dengan buku cerita anak-anak dalam bahasa Inggris.

Maka dari itu, mulai  biasakan diri untuk membaca berita ataupun artikel dalam bahasa Inggris sehingga kosakata yang kamu miliki menjadi lebih luas.

Nonton Film tanpa Subtitle

Langkah berikut mungkin sudah tidak asing lagi. Menonton secara rutin dapat membantu kita berbicara lebih alami. Kamu dapat melakukannya dengan mudah melalui platform seperti YouTube atau Netflix.

Saat menonton, aktifkan subtitle dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika menemukan kalimat yang membingungkan, jeda video dan tulis serta terjemahkan kalimat tersebut. Lakukan ini setiap hari, dan proses ini telah terbukti cukup efektif.

Sering Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Di zaman yang kian maju seperti sekarang, podcast semakin populer di kalangan generasi muda Indonesia. Dari topik olahraga, hingga cerita komedi dan isu sosial budaya, podcast bisa dinikmati sambil melakukan berbagai aktivitas.

Terkadang, cobalah mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris juga. Podcast dalam bahasa Inggris bisa diakses dengan mudah melalui platform seperti Spotify atau Apple Podcasts. Mulailah dengan mendengarkan podcast berita singkat atau tentang topik yang kamu minati.

Baca Juga:
Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Rutin Menulis dalam Bahasa Inggris

Pastikan kamu selalu membawa buku catatan kemana pun pergi. Berusahalah aktif mencari kosakata baru setiap hari yang menarik dan catatlah di dalam buku catatanmu.

Salah satu cara efektif untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menulis satu paragraf setiap hari. Temanya bisa apa saja. Jangan khawatir tentang kesalahan, kamu bisa meminta bantuan teman, guru, atau internet untuk memeriksa tulisanmu.

Manfaatkan Kecanggihan Aplikasi

Belajar Bahasa Inggris tidak harus menghabiskan banyak uang. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa membantu kita meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris. Salah satunya adalah Grammarly, aplikasi menulis gratis yang membantu dalam memeriksa tata bahasa dan kosakata Bahasa Inggris kamu.

Bagi pengguna ponsel pintar, DuoLingo adalah pilihan yang baik. Aplikasi ini populer untuk mempelajari berbagai bahasa, mulai dari Bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, hingga bahasa Indonesia.

Kamus Wajib Punya Ya!

Kamus adalah salah satu hal  yang wajib dimiliki jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan baik. Pada era teknologi yang canggih seperti sekarang, kamu sudah tidak perlu repot membawa kamus tebal kemana-mana. Cukup dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menerjemahkan kata-kata bahasa Inggris yang kita temui sehari-hari.

Kebiasaan tersebut sangat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Untuk itu, kamu dapat mengunduh aplikasi kamus Indonesia-Inggris atau menggunakan Google Translate.

Latihan Bicara Di Depan Cermin

Jika ingin pintar bahasa Inggris, salah satu hal yang perlu kamu kuasai adalah aspek speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris. Caranya mudah, ajak diri kamu berbicara di depan cermin, meskipun terasa sedikit aneh. Metode ini direkomendasikan oleh para ahli untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Lakukan latihan ini minimal 3 kali seminggu selama 15 menit. Dengan tidak disadari, kemampuan berbahasa Inggris kamu akan terbiasa dan semakin lancar!

Baca juga:
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Aktif

Penutup

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan tepat. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik dan terstruktur, ada baiknya jika bergabung dengan kursus  bahasa Inggris profesional.

ICAN English adalah salah satu kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia yang bisa membantu kamu mendapatkan berbagai macam cara menguasai bahasa Inggris dengan tepat dan cepat. Ada berbagai macam metode pembelajaran yang menyenangkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.