Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak tips cepat belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan kamu. Bahasa Inggris menjadi bahasa universal, memiliki peran yang signifikan dalam perluasan wawasan dan kemajuan karir di era saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang Indonesia mulai tertarik untuk mempelajarinya.

Saat memulai perjalanan belajar bahasa, banyak yang merasa putus asa sebelum mencoba. Belajar bahasa memang tidaklah mudah, terutama dalam menghafal kosakata yang terasa asing.

Kamu memang tidak perlu menguasai semua kosakata dalam satu kamus. Hanya sekitar 300 kata dalam bahasa Inggris yang mencakup sekitar 65% bacaan dan penulisan sehari-hari. Hal ini berarti, belajar bahasa Inggris tidaklah sesulit yang mungkin kamu bayangkan.

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak tips cepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan bisa dicoba, misalnya seperti berikut:

Belajar Kata Dasar Bahasa Inggris

Untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, tips pertama adalah mempelajari berbagai kata sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini termasuk kata-kata seperti “aku”, “kamu”, “dia”, dan kata-kata umum lainnya yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari.

Pastikan untuk menulis semua kosakata sederhana dalam bahasa Inggris yang kamu temui hari ini. Dengan begitu, tabungan kosakata bahasa Inggris kamu pasti akan bertambah. Kemampuan kamu untuk meningkatkan bahasa Inggris juga semakin baik.

Baca juga:
Cara Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat

Rutin Baca Kamus Bahasa Inggris

Nah, kamu mungkin sudah punya banyak tabungan kosakata dalam bahasa Inggris. Tidak hanya mengumpulkan dalam bahasa Inggris saja ya, tetapi kamu harus memahami artinya juga. Maka dari itu, disarankan agar kamu rutin baca kamus bahasa Inggris.

Kamu tidak harus memiliki kamus tebal dan dibawa kemana-mana, sebab saat ini sudah ada kamus yang lebih praktis yaitu menggunakan aplikasi. Jadi kamu bisa memanfaatkan aplikasi kamus bahasa Inggris bahasa Indonesia, sehingga proses penerimaan bisa dilakukan dengan mudah dan kamu bisa memahami arti dari kosakata yang telah dikumpulkan.

Manfaatkan YouTube dan Internet untuk Belajar Bahasa Inggris

Jika kamu enggan ikut kursus berbayar, maka ada alternatif menarik lainnya untuk belajar bahasa Inggris, yaitu melalui menonton video di YouTube. Terdapat banyak channel yang sangat membantu dalam memahami bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan kemampuan secara efektif, disarankan memilih channel yang dipandu oleh penutur asli, misalnya saja seperti EnglishClass101. Di kanal tersebut, terdapat video yang membahas kata demi kata, serta tutorial untuk membentuk kalimat dalam bentuk past tense, present tense, dan masih banyak lagi.

Sering Membuat Tantangan untuk Diri Sendiri

Kemahiran berbahasa Inggris sering kali bergantung pada pemahaman dan penghafalan kosakata. Semakin banyak kosakata yang dihafal, semakin baik penguasaan bahasa Inggris. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghafal kosakata dengan efektif, misalnya dengan memberikan tantangan untuk diri sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kosakata dalam bahasa Inggris bertambah, misalnya seperti berikut:

  • Hafalkan 5 kosakata bahasa Inggris setiap hari, kamu bisa memperoleh dari membaca buku, artikel, atau berita dalam bahasa Inggris.
  • Tuliskan kata-kata tersebut di kertas, catatan, smartphone, atau media lainnya.
  • Ulangi penghafalan setelah 1 minggu, agar tidak terlupakan.

Jika sudah bisa dilakukan, maka lakukan tantangan berikut. Misalnya seperti  membaca satu artikel dalam bahasa Inggris setiap hari. Atau kamu juga dapat membuat tantangan lain sesuai dengan kreativitas dan kemampuanmu sendiri.

Baca Juga:
Cara Mengatur Jadwal Belajar Bahasa Inggris

Coba Berteman dengan Penutur Asli Bahasa Inggris

Salah satu tips mudah untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan berteman dengan orang asing. Namun, tidak harus benar-benar berteman dengan orang asing secara spesifik. Nah, kamu bisa memanfaatkan banyak aplikasi video call dengan beberapa orang luar negeri. Jadi, kesempatan untuk berteman dengan penutur asli bahasa Inggris semakin besar.

Membangun pertemanan dengan beberapa orang yang mahir berbahasa asing tentu lebih efektif. Dengan begitu, kamu bisa mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Keuntungan lainnya adalah, saat berkomunikasi dan mengalami kekurangan dalam bahasa, kamu bisa meminta masukan dan diajarkan kalimat yang benar.

Kelebihan lain dari belajar berkomunikasi dengan teman menggunakan bahasa asing adalah kamu tidak terlalu malu jika melakukan kesalahan. Karena kamu sedang berkomunikasi dengan teman sendiri, jadi kesalahanmu akan lebih dimaklumi. Hal ini berbeda jika kamu berbicara di depan umum dan membuat kesalahan, pastinya kamu akan merasa sangat malu.

Selalu Praktekkan Bahasa Inggris yang Sudah Dipelajari

Selain melatih kemampuan menulis, kamu bisa mencoba meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Meskipun mungkin masih merasa malu atau kurang percaya diri, tetaplah berlatih berbicara dengan bahasa Inggris.

Salah satu cara sederhana yang bisa dicoba adalah berbicara di depan cermin. Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa melatih pengucapan dan intonasi bahasa Inggris dengan lebih baik.

Baca juga:
Tips Belajar Dari Berita Dalam Bahasa Inggris

Penutup

Tips cepat belajar bahasa Inggris agar lebih mudah dan disesuaikan dengan kemampuan kamu, maka salah satu yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan kursus bahasa Inggris. Lembaga Kursus bahasa Inggris terbaik seperti ICAN English akan membantu kamu untuk mendapatkan metode pembelajaran yang tepat.

Selain itu kamu akan menemukan kelas yang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris. Jadi kamu bisa meningkatkan  kemampuan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi