Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Metode belajar bahasa inggris untuk pemula tersedia dalam banyak pilihan. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing, akan tetapi sudah banyak orang Indonesia yang menggunakan kata atau kalimat Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Siapa saja dapat menonton film barat yang telah lama masuk ke Indonesia dengan budaya bahasa asingnya. Selain itu, musik dan film Indonesia bahkan telah mengadopsi bahasa asing ke dalam lirik lagu dan naskah.

Daftar Metode Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Ada empat metode belajar Bahasa Inggris bagi pemula sudah dikenal banyak orang. Selain itu, metode-metode ini juga terbilang efektif ketika digunakan dalam belajar bahasa Inggris, sebagaimana berikut:

Grammar Translation Method (GTM)

Pada metode yang satu ini, lebih fokus dalam membahas grammar dan tata bahasa. Biasanya, metode ini disebut sebagai metode klasik. Siswa akan belajar menerjemahkan kalimat Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia, atau sebaliknya. Selain untuk meningkatkan keterampilan menulis, GTM juga berguna untuk meningkatkan keterampilan membaca.

Audio Lingual Method

Pada proses belajar bahasa Inggris, Audio Lingual Method merupakan metode yang sering digunakan untuk praktik berbahasa Inggris. Pengajar akan mengucapkan dialog pendek yang belum kamu pahami artinya.

Setelah itu, kamu diajak untuk bisa mengetahui maksud dari dialog.  Kamu diminta mengamati mimik, pose, dan lainnya yang dilakukan oleh pengajar agar bisa menebak arti dialog.

Baca juga : Cara Menguasai Bahasa Inggris Dengan Tepat

Silent Way

Metode ketiga adalah Silent Way yang memilih rods untuk media saat mengajarkan banyak materi. Beberapa yang dipelajari adalah berbicara dan tata bahasa menggunakan bahasa Inggris. 

Pada metode ketiga, mengajak kamu untuk menciptakan sense atau inner criteria. Dari sinilah, kamu mempunyai kemampuan membaca dan memperbaiki diri bila ada kesalahan dalam pemakaian bahasa Inggris.

Total Physical Response

Metode belajar bahasa Inggris untuk pemula yang keempat adalah Total Physical Response. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk beberapa aktivitas yaitu berjalan, duduk, memegang benda, serta menulis.

Cara yang dipakai pengajar untuk mempraktekkan metode adalah memerintah diri sendiri. Pengajar akan memberikan instruksi dalam bahasa Inggris kepada diri sendiri. Selanjutnya, pengajar akan melakukan isi dari instruksi tersebut.

Hal di atas adalah contoh yang bisa kamu tiru. Pengajar tidak hanya memberikan teori, akan tetapi langsung mencontohkannya. Pada metode ini kamu diberikan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak sempat belajar karena terlalu banyak materi dapat menggunakan metode Total Physical Response.

Baca Juga : Tahapan Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Kursus Bahasa Inggris untuk Pemula

Metode belajar Bahasa Inggris untuk pemula digunakan oleh banyak lembaga kursus. Biasanya, metode pengajaran akan dirancang secara khusus, sesuai permasalahan yang ingin diselesaikan di kelas. Selain itu, metode yang tepat akan membantu agar siswa mampu mencapai tujuan belajar Bahasa Inggris sesuai kebutuhan individual.

Metode belajar di tempat kursus Bahasa Inggris sangat disarankan untuk pemula, mengapa? Pemula perlu mendapatkan bimbingan dari tutor yang sudah berpengalaman dalam menyampaikan materi. Pemula juga perlu mendapatkan bantuan yang mampu menjawab kesulitan-kesulitan selama proses belajar.

Keunggulan ICAN English adalah mampu menyediakan banyak program belajar Bahasa Inggris dengan metode yang menyenangkan. Seluruh materi pembelajaran di lembaga kursus ini dirancang agar tutor yang berpengalaman mampu menawarkan pengalaman kelas secara interaktif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.